The Reason is You chapter 14

Ini untuk Reasonators yang selalu baca cerita Titi sampe selesai, gak cuman baca setengah kayak Greyson dan bilang "udahlah gak kiyeng tulisan semua." :"}

***


BHIMO FADHEL MUSYAFFA’S POV

            Sudah beberapa hari ini Alda terlihat berbeda, lebih pendiam dan tidak fokus selama pelajaran berlangsung. Aku dan Alda memang teman sebangku. Biasanya kami cerita satu sama lain baik ketika aku punya masalah dengan Fita ataupun ketika Alda…….
            Kembali galau karena Ridho.
            Aku menyikut Alda, “Da, kenapa?” Tanyaku. Alda menoleh lalu menggeleng.
            “I’m not in the good mood, Dhel.” Jawabnya lesu.
            “What happened? You can tell me everything.”
            “Thank you, tapi gue sendiri bingung harus cerita dari mana.” Kata Alda sambil menunduk lemas. Okey, aku tahu apa topik dari semua ini, Ridho!
            Aku menoleh ke belakang, “Fita!” Panggilku. Ia menoleh.



            “Apa, Dhel?” Tanyanya singkat. Aku berisyarat meminta tissue padanya.
            “Buat?” Tanyanya lagi sambil mengeluarkan tissue dari tasnya. Aku menunjuk pada Alda. Fita mengantarkannya sambil tertawa, “kamu jangan bikin nangis anak orang.”
            “Haha enggak kok sayang, makasih ya.” Jawabku sambil tersenyum padanya. Ia mengangguk kecil, “sama sama sayang.”
            Aku menatap teman sebangkuku yang sedang menunduk. Aku tahu air mata sudah jatuh di pipinya. Fita dan Nita sudah keluar kelas dan tinggallah aku dan Alda berdua di kelas. Kesempatan bagus, Alda harus menangis supaya ia lega.
            “Menangislah.” Kataku sambil menyodorkan tissue yang tadi Fita berikan.
            Alda terisak. “I’ve tired waiting for him, Dhel.”
            “I know, Da….”
            “And as you know, I’m stuck. Gue gak bisa kemana mana lagi.”
            “Lo bisa Da, move on. Lo bisa.”
            “Gak bisa, Dhel astaga.. Kenapa sih waktu dia ngode ke Alda, Alda malah gak respon? Kenapa waktu dia pergi Alda baru sadar kalo Alda sayang sama dia? Kenapa ya Allah…”
            “Pergi? Maksudnya?” Tanyaku heran.
            “Seminggu lalu Haekal nginep di rumah Alda, dia cerita sama Alda kalo dia suka sama cewek namanya Bani….”
            Aku tersentak, “jadi Haekal juga suka sama Bani?”
            “Iya… Dan….” Tangis Alda pecah.
            “Iya gue tahu kok, Da. Ridho juga udah cerita masalah Bani….”
            Alda menoleh, “Terus lo dukung dia gitu?” Tanya Alda setengah membentakku.
            “Ya.. Mau gimana lagi? Daripada dia sayang sama elo, usaha ke elo, tapi elonya kabur kaburan aja. Masih kebayang sama masa lalu lo, gak mau buka hati buat Ridho.... Padahal Ridho sayang banget tuh sama elo, Da..”
            Tangis Alda kembali pecah. “Fadhel, gue mau move on aja kalo gini ceritanya…”
            “Ya emang harus move on, Da. Mau gimana lagi? Ridho dateng, lo gak respon. Ridho move on, lo baru ngerespon. Lo ngejer Ridho, hati dia juga udah ke Bani. Ya satu satunya jalan cuman move on. Atau gak…”
            “Atau?”
            “Lo mau berjuang buat dia dan minta kepastian sama dia.”
            “Huh? Maksudnya…”
            “Ya.. Gue sih percayanya masih ada beberapa persen perasaan yang tertinggal dari Ridho buat elo, Da. Kalo lo berjuang sebelum dia makin deket sama Bani, mungkin dia bisa balik ke elo. Dengan gitu juga kan elo bisa bantuin Haekal untuk kehilangan saingan.”
            Alda berfikir sebentar lalu menghapus air matanya. “Gue gak berani.”
            “Kecing lo.”
            “Gue akuin gue kecing, Dhel. Tapi gue emang beneran gak berani. Ngobrol sama Ridho aja udah gak pernah…”
            “Lo sayang gak sih sama Ridho, Da?”
            “Sayang…”
            “Yaudah lo perjuangin. Minta kepastian sama dia. Mungkin aja masih ada harapan buat elo. Kalo toh emang dia udah totally move, pasti lebih gampang lo move on karena udah tau kepastiannya.”
            “Ngomong sih gampang, Dhel. Ngelakuinnya susah.”
            Aku mendadak kesal, “apanya sih yang susah?”
            “Ya.. Gini deh. Gimana gue mau ngomong kalo.. Ridho liatin gue, gue liatin dia. Gue mau senyumin, Ridho udah buang muka?”
            Aku tersenyum kecil, “lo.. Menang juara 2 Matematika se-Jawa-Bali kok begini banget sih. Kecing banget. Alda Zerlina Amelia yang pemberani mana?!”
            “Gak tahu, ilang dimakan Ridho.”
            “Astaga, Da….”
            “Gue bisa sih move on, cuman perasaan gue gak tenang Dhel.. Gue pengen tahu, penungguan gue ke Ridho selama ini tuh beneran perasaan atau penasaran aja Ridho masih sayang sama gue apa enggak…”
            “Yaudah, satu satunya jalan…”
            “Minta kepastian dan gue gak berani, Dhel.” Sahut Alda lirih.
            “Gimana mau berani kalo nyoba aja gak mau?”
            “Ini bukan perang, gue bukan pasukan berani mati.”
            “Lo harus berani berkorban untuk dapetin apa yang lo mau, Da.”
            “I know, cuman apa yang gue korbankan untuk Ridho?”
            “Ya rasa gak berani yang lo miliki harus lo korbankan, lo buang, ganti jadi rasa berani.”
            “How?”
            “Lo dan hati lo sendiri yang tahu.”
            “Sok puitis, gak suka gue.”
            “Eh serius.”
            “Hah?”
            “Kalo lo emang sayang sama Ridho dan pengen dapet kepastian, lo pasti maju deh. Kalo enggak, berarti lo cuman penasaran sama Ridho.”
            “Astaga, padahal gue pengen tahu apa ini perasaan atau penasaran setelah tahu kepastian dari Ridho…”
            “Gak, Da. Dari awal juga udah keliatan apa ini perasaan atau penasaran.”
            “Kalo menurut lo?”
            “Ya sejauh ini masih penasaran karena lo gak berani maju.”
            “Gue sayang sama Ridho! Ini perasaan! Tapi gue cewek, Dhel! Astaga ngertiin dikit kek.” Kata Alda dengan berapi api.
            “Yakali udah jaman emansipasi wanita. Lo gak bakal dimakan juga kalo maju duluan.”
            “Malu.. Gak berani…”
            “Yaudah cuman penasaran.”
            “Astaga, ini perasaan! Gue yakin!”
            “Da, pernah baca komik Jepang gak?”
            “Itu bacaan gue kali, Dhel..”
            “Nah, cewek di komik Jepang aja berani maju ke orang yang dia suka karena dia sayang, kenapa elo enggak, Al? Inget, perasaan atau penasaran. Kalo lo maju, lo emang sayang sama Ridho. Kalo enggak lo cuman penasaran. Apa yang terjadi nanti, ya biarin aja itu urusan nanti. Yang penting lo udah berjuang dan Ridho tahu kalo lo sayang sama dia.”
            “Apa gue bisa, Dhel?”
            “Kalo lo sayang sama orang, apapun yang lo lakuin demi dapetin dan bahagiain dia itu terlihat mudah sekalipun lo harus manjat tebing tinggi yang entah puncaknya berada dimana.”

***

LIVIA NUR AFIFAH’S POV



            “Gue kangen Megan, Van.” Sahutku pelan. Alvan yang sedari tadi sibuk dengan MacBook-nya menoleh ke arahku tanpa bersuara. Hari ini aku dan Alvan janjian di J.Co CSB Mall untuk membicarakan tentang persahabatan kami.
            Persahabatan yang entah masih bisa disebut persahabatan atau bukan.
            Alvan terkekeh, “jujur, gue juga. Gue pengen semuanya balik lagi.”
            “Pft, tapi Megan butuh dapet saat saat seperti ini, Van.”
            “Iya Liv, biar dia ngerti apa yang dulu kita rasain.”
            “Kita jahat gak sih, Van?”
            “Justru kalo kita gak kayak gini, kita jahat, Liv.”
            Aku menatap Alvan heran, “maksudnya?”
            “Ini saat saat biar Megan belajar untuk ngehargain waktu sama sahabat sahabatnya. Bagi waktu antara teman satu dengan teman yang lainnya. Biar Megan gak egois lagi.”
            “I get your point.”
            “Good girl.”
            “Hahaha, Van.. Kangen tau di pojokan J.Co gini berempat ngerumpi.”
            “Aih, elo yang kepikiran ngerumpi mulu hahaha.”
            “Hahaha ya habis.. Eh kalo dipikir pikir cuman gue, elo sama Vicky ya yang punya pacar selama SMP ini?”
            “Eum.. Iya, Megan dulu di tembak kan gak nerima.”
            “Sama siapa tuh namanya.. Duh gue lupa…”
            “Itu adik kelas, gue juga lupa namanya. Hahaha.”
            “Ya habis Megan sukanya sama Yoga sih.”
            “Iya. Dia kan tau yang suka sama Yoga banyak.”
            “Iya, ada Rianthy… Terus adik kelas..”
            “Lagian Yoganya juga lagi deketin Valda.”
            “Duh kasian sekali Megan-ku tersayang…”
            Aku tertawa kecil lalu melahap J.Cool-ku. “Van, lo apa kabar sama Silvy?”
            Alvan menelan J.Cool-nya dengan wajah terpaksa lalu terkekeh. “Biasa aja.”
            “Aih, ada masalah kalo gini…”
            “Kayaknya gue mau putus aja deh, Liv.”
            “HAH? SUMPAH LO? Ih, Silvy kan udah suka lama sama elo! Sayang banget dia sama elo! Kenapa di putusin? Kata lo kalo jadian sama orang tuh liat dia sayang dan care sama elo apa enggak.. Ih Alvan! Gak setuju ah gue.”
            Alvan tertawa kecil. “Dia sayang sama gue, dia perhatian sama gue. Gue sayang sama dia, gue perhatian sama dia. Hanya bedanya di sudut pandang. Silvy ke gue sebagai cewek ke cowok. Sementara gue ke dia tetep dan gak berubah selama 4 bulan terakhir ini, hanya sebagai sahabat. Gak lebih.”
            “Ya ampun.. 4 bulan lo pacaran dan.. Perasaan masih sebatas sahabat?”
            “Gue juga gak ngerti, Liv. Tapi gue belajar dari Silvy, kalo cinta itu harus diperjuangkan dan emang bener bener gak bisa dipaksain.”     
            “Lalu Silvynya?”
            “Gue tau kok dia lagi deket sama Lega. Leganya udah suka sama Silvy dan.. Gue juga bisa ngerasa Silvy mulai ngerasa sesuatu yang lain pada Lega. Itu bagus, Silvy harus cepet cepet lupain gue. Gue lebih suka sahabatan sama dia, Liv.”
            “Tapi setelah lo putus, tetep sahabatan atau.. Bubar jalan?”
            Alvan memutarkan bola matanya. “Liv… Gue gak se-childish itu.”
            “Hahaha ya kali, Van… Bagus deh kalo balik sahabatan lagi. Gue sih dukung aja.”
            “Hehehe gue lagi nunggu saat yang tepat buat mutusin dia.”
            “Ciye, akhirnya lo mutusin orang setelah  berkali kali diputusin hahahaha.”
            “Anjir seneng banget ya lo hahahaha.”
            “Iya dong hahahahaha.”
            “By the way, elo sama Mario gimana?”
            “Baik kok, tenang aja. Rukun teruuuuuuus!”
            “Bagus deh hahahaha.”
            Pembicaraanku dan Alvan pun semakin panjang lebar. Aku dan Alvan memang sudah lama tidak menghabiskan waktu bersama. Kami membicarakan banyak hal hari ini dan aku sangat senang sekali. Namun tiba-tiba….
            “Van, gawat.” Kataku panik saat melihat pesan baru masuk ke iPhone-ku.
            Alvan menoleh. “Apa, Liv?”
            “Ugh.. Ini…” kataku sambil menyodorkan iPhone-ku. Alvan membaca pesan tersebut. Ia berpandangan denganku. “Gawat.” Sahut kami bersamaan. Mata Alvan mencari cari ke arah luar J.Co. “Liv.. Arah jarum jam angka 2.”
            Aku menoleh. Kami berdua bertatapan dengannya. Namun beberapa detik kemudian aku baru menyadari matanya sembab dan tiba tiba sosok itu menghilang. Ia berlari meninggalkan J.Co dengan menyibakkan rok coklatnya. Ia sahabatku, Megan Quinka Dwidara Toding.

Sender: Mia-Princessa Megan Quinka

Megan sayang sama kalian. Tapi kalian gak sayang sama Megan. Kita sahabatan atau cuman pura pura sahabatan? Karena Megan gak nemuin pengertian dari persahabatan itu lagi.

***

BHIMO AGENG TRIBUANA’S POV

            “Kampung skill lo semua!” seru Ridwan ketika tim kami bermain Dota dan kalah. Aku hanya tertawa kecil, “ketua tim nya juga kampung.”
            “Hahaha, makan yuk!” Ajak Haekal sambil mematikan MacBook-nya.
            “Aih, yuk laper!” Seru Yoga.
            “Ke belakang aja ya…” kata Adit sambil membereskan mejanya.
            “Duh ya.. Sayang banget Kal lo make MacBook buat main Dota.” Kata Oli.
            “Haha gak punya laptop lain, kampung gue.”
            “Lol, udah ah yuk makan!” ajak Ridwan. Ridwan, Oli, Yoga dan Adit berjalan duluan menuju kantin belakang sekolah sementara aku dan Haekal berjalan lebih lambat diantara mereka. Aku memang sengaja ingin bicara dengan Haekal.

            Haekal adalah salah satu teman dekatku. Kami sama sama suka bermain gitar dan game Dota. Berbagai cerita pasti aku ceritakan pada Haekal, begitu juga sebaliknya. Aku memilih untuk duduk di depan Sanggar Pramuka ketimbang membeli makanan. Haekal ikut denganku, ia duduk di depanku.

            “Heh kampung, mau makan apa?” Tanya Ridwan berteriak padaku.
            Aku nyengir. “Biasa Wan, mie rebus pake telor!”
            “Gue juga ya, Wan! Bayarin hahaha.” Sahut Haekal. Ridwan memutarkan bola matanya lalu berjalan menuju kantin dalam.



            “Duh, ini bukan acara homo kan ditinggal berdua gini?” Tanya Haekal dengan tatapan ngeri. “Sial, enggaklah. Mau nanya gue.”
            “Nanya? Nanya apa?”
            “Lo… Lagi mau deketin Bani ya?” Tanyaku pelan pelan. Haekal membesarkan kedua matanya yang sipit. “Hah?”
            “Udah sipit ya sipit aja gak usah di belo beloin deh!”
            “Elah, gak gak.. Gue cuman heran aja, kok tiba tiba nanya gitu?”
            “Ya.. Jawab aja sih.”
            “Iya.. Cuman masih tahap 1. Masih kampung gue.”
            “Ada niatan mau nembak gak?”
            “Ada sih, cuman deket aja belum terlalu…”
            “Nembak bareng yuk.”
            “HAH? Mau nembak Bani juga lo?!” Tanya Haekal kaget.
            “Enggaklah! Gue mau nembak orang lain!”
            “Aih.. Gue kira….”
            “Hahaha rencananya bulan depan, pas api unggun di CT. Gue mau mainin A Thousand Years, udah belajar nih dari Ninis.”
            “Wow, sok romantis…”
            “Elah bangke lo hahaha.”
            “Nembak siapa sih?”
            “Yang deket sama gue sekarang siapa?”
            Haekal berfikir sebentar lalu tertawa kecil. “Ho.. Dini…”
            Aku nyengir. “Hehehe…”
            “Gak kelamaan tuh, Bhim? Kan udah lama deket.”
            “Nah itu dia, gue juga bingung. Pengen yang special gitu.”
            “Ya.. Terserah sih. Kodein aja kalo lo mau nembak dia, biar dia gak move on.”
            “Kalo gak gue kodein emang kenapa, Kal?”
            “Ntar dikiranya lo PHP, gak baik gantungin cewek lama lama.”
            “Hm… Oke deh. Nembak Dini. Sukses UN! SEMANGAAAAT!”
            “Lo udah yakin nih ceweknya Dini?”
            “Eits, kenapa Kal? Lo juga suka sama Dini?”
            “Kagaaaak!”
            “Hahahaha lo sama Bani gimana?”
            Haekal menundukkan kepalanya. “Gak tau, Ridho juga suka. Guenya kampung gak kayak Ridho. Tadi aja lupa ngeluarin skill.”
            “Lho? Lo sama Ridho kan beda haluan. Lo kan Dota, Ridho kan Lost Saga…”
            “Duh… Nih, Ridho udah duluan deketin Bani.”
            “Ho.. Jadi? Keduluan?”
            “Yap.”
            “Jadi.. Gak mau maju? Kecing dong. Suka gak sama Bani?”
            “Anjir lo, ya suka lah. Udah 2 bulan nih ngedeketin tapi maju mundur mulu.”
            “Kalo suka, diperjuangin dong.” Kataku menggoda Haekal. Yang digoda hanya tertawa.


HUWAAAAA. Makin complicated nih. Kira kira gimana ya kelanjutannya? Tanggal 3 & 4 langsung kesini aja ya, nomer 15 & 16 udah Titi schedule hari itu. Oh ya, di 72k visitors nanti, ada lomba yang berhubungan dengan #TheReasonIsYou berhadiah lho! So... Keep read! To be continued...


You may also like

2 comments:

  1. dedek rizki makin pinter nulisnya, cuman tulisannya jangan terlalu rapat aja kali ya, dikasih dua spasi aja biar enak bacanya dan antar pargraf juga dipisah :D

    ReplyDelete

Leave me some comment! Thank you, guys:}