[FLASH FICTION] Haters Gonna Be Hate

Mengapa manusia saling membenci?

Aku tidak mengerti mengapa mereka menatapku seaneh itu. Apa salahku hidup dengan cara seperti ini? Apa aku pernah merugikan mereka? Apa aku pernah membuat mereka tidak bisa makan seharian?

Ingin aku rasanya meledak dan marah. Ingin aku berkata bahwa mereka tak berhak mencelaku karena mereka tak tahu diriku yang sebenarnya. Tapi Negaraku adalah Negara demokrasi, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Disini setiap warga berhak mengeluarkan pendapat. Akupun juga sama, mereka pun juga sama.

Tapi kenapa kata demi kata yang terucap dari mereka begitu menusuk hatiku?

Mereka menghinaku dengan apa yang aku punya sekarang. Mereka tidak tahu bagaimana kerja kerasku mendapatkan semuanya. Kenapa dengan mudahnya mereka menghina? Apa mereka bisa berbuat lebih baik daripada aku?

Pikiran negatif terus berkeliaran di kepalaku. Aku ingin marah, aku ingin mereka menghentikan semuanya. Mereka menyakiti hatiku. Mereka membuat aku terluka.

Tapi aku baru sadar, selalu ada makna dibalik sebuah perkara.

Kenapa aku selalu melihat sisi negatif dari sebuah masalah? Aku harus berpikir positif. Mereka menghinaku dengan alasan dan pendapat mereka masing masing. Kenapa aku harus marah? Bukannya semua orang bebas berpendapat?


Kenapa aku tidak mempergunakan pendapat mereka untuk introspeksi diriku? Kenapa semuanya aku telan mentah mentah sampai menyayat hati ini?

Aku harus lebih kuat dari biasanya. Aku harus tetap tenang dan tersenyum. Semakin aku beranjak dewasa semakin aku sadar tidak semua orang bisa menyukai apa yang kita lakukan. Dan tentu saja kita tidak bisa memaksakan mereka untuk suka dan menerima apa yang kita lakukan.

Yang kita bisa adalah berterima kasih, menerima pendapat mereka dan introspeksi diri sendiri. Mungkin saja ada benarnya. Kenapa kita harus selalu memasang ego di tempat paling tinggi?

Ketika banyak yang menghina, kenapa harus takut? Justru kita harus bangkit, melakukan yang terbaik dan berhenti untuk takut. Karena semakin kita takut, semakin kosong diri kita. Jangan merendahkan diri kita karena ada yang menghina kita. Jadikan saja mereka semangat dan acuan kita untuk maju.

I'll do my best and keep being fearless, cause everything that I'll do wont change their mind easily. Haters gonna be hate until they see the truth in our self.



Cirebon, 12 September 2013 from 21.54 - 22.05 pm
Thank you for taught me to be patient, work hard and fearless dearest haters out there:}


You may also like

No comments:

Leave me some comment! Thank you, guys:}