Alice Tips&Trick: How To Be Confident ft. Rasyid Ridho a.k.a Edward Cullen

*ngegulung kabel gitarnya Aza* *beres beres* *beres beres*


HAAAAI! Selamat hari Kamis! You know what? Yes, baby. Yes. ALICE'S TIPS & TRICK TIME!!!! *drumroll* *nabuh panci*

Oh well, yeah. I'm here again. *beresin rambut dulu*

Yap, banyak pertanyaan datang ke gue tentang tema hari ini: "Gimana caranya bisa pede sih?" nah nah hari ini gue mau ngebahas tips tips biar kalian bisa pede. Tapi kali ini gue gak nulis sendirian, gue ditemenin sama sahabat gue, Ridho! Hihihi:p


He's my Edward Cullen and for more information, click here^^

Gue ngajak Ridho nulis ini karena gue dan Ridho adalah dua orang yang sama sama awalnya gak pede. Bedanya saat gue masuk SMP gue udah pede sementara Ridho masih jaim banget. 3,5 tahun berlalu.. Kini Ridho sudah bertransformasi menjadi cowok yang super pede, ikut segala lomba & jadi public speaker! Cool, eh?^^



4 tahun yang lalu. Masih inget aja gue "asal maju aja" sementara Ridho masih "gemeteran" :"}

Well bicara tentang topik ini... Gue sering banget ditanyain sama orang tentang tips gimana jadi pede. Setiap gue habis speak up atau tampil, ada aja yang nanya sama gue "kok elo bisa pede banget sih Ti" atau ada aja yang ngomong "enggak ah, gue gak sepede elo..." but I'd like to tell you that...

Actually, literally, honestly.... Jika elo bertemu dengan gue 6 tahun lalu, gue gak seperti ini.

Gue gak pede, gue malu sama diri gue sendiri. Apalagi pas gue masih kelas 3 SD. Dulu gue sangat pemalu yang malu maluin. Gue ngerasa diri gue not even worth it. Gue baru mulai percaya diri ketika gue mengenal dunia menulis dan menyanyi.. Semenjak mulai nulis nulis lucu dan les di PurwaCaraka, gue mulai percaya pada diri gue sendiri..

Menurut gue yang terpenting adalah..

1. Kenali diri lo sendiri

Banyak diantara kita yang bahkan gak tahu apa makanan kesukaan sendiri saking kita lebih sering mikirin orang lain. Think about this.

2. Gali potensi yang ada

Kalo elo suka gambar, lo suka masak, lo suka berenang atau lo suka melakukan sesuatu hal, just do it! Sebelum prove to others, prove to yourself that you can do it. That way, diri lo akan punya sugesti bahwa "you deserve something good", get that?

3. Berhenti membandingkan!

Well.. Kita butuh pembanding buat bangkit. Tapi bukan berarti kita harus selalu membandingkan diri. You're amazing be who you are!

4. Bersyukur

Dengan bersyukur.. Elo akan berani show off, elo akan berani keluar dari zona nyaman lo. Elo akan berani lebih pede dihadapan yang lain:}

5. JUST BE YOU!

Jangan jadi orang lain. Jangan. JANGAAAAN! Jadilah diri lo, trust your self and booms! Be confident:}

Intinya adalah ketika elo tahu dimana titiknya, elo akan bisa bangkit dan lebih percaya pada diri lo. Jangan malu malu terus. Ayo semangat!^^

Awalnya gue juga sempet dijelek jelekin orang, dihina hina,  gak pede gara gara ada yang lebih baik, lebih cantik, lebih oke suaranya daripada gue.. Tapi gue terus terusan berlatih dan percaya pada diri gue sendiri sehingga gue yang dulu malu & malu maluin sekarang sudah berubah gak tahu malu:"}


Well that's all Alice's tips for this episode. 

It's time to read from Edward's side......



***


Hai. Perkenalkan, aku Muhammad Rasyid Ridho. Kalian bisa panggil aku Rasyid atau Ridho. Beberapa hari yang lalu Titi tiba-tiba nge-line sesuatu yang biasa dilakukannya, cerita tentang cowok. Setelah itu, entah kenapa tanpa basa-basi Titi ngajak untuk nulis sesuatu perubahanku yang terjadi di SMA ini, pede. (Dear my readers, now you know how dusun Rasyid to me, kan? IT'S REALLY HIM YANG NULIS!!)

Menurutku memang ini perubahan paling pesat. Kalau kalian tau, waktu aku ikut organisasi, aku pernah jadi orang yang hanya punya ide tapi ga bisa ngungkapin idenya, banyak orang justru ga paham sama ideku, dan itu bikin diri tuh gamau lagi yang namanya nyampein ide dan berbicara di depan, itu jadi sesuatu hal yang kayaknya bikin males dan… ah males.


Untungnya aku merasa bahwa itu bukan hal yang hanya aku yang mengalaminya, aku yakin kalian juga pasti pernah ngerasain hal kaya gitu. Karena semua orang-orang hebat juga pasti mereka ngelewatin masa-masa grogi untuk tampil percaya diri.


Tapi, cuman orang-orang yang mau memberanikan diri yang bakal bener-bener bisa percaya diri. Dengan motivasi besarku dan dendamku ngeliat orang-orang bisa tampil memukau, aku mensugesti diri bahwa percaya diri itu seksi.


Sejak saat itu, di semester 2 akhir, aku meyakinkan diri kalau aku orang yang percaya diri. Aku berpura-pura menjadi orang yang percaya diri sampai benar-benar menjadi percaya diri. Ya, itu cara terbaik untuk jadi percaya diri. Maksudnya gimana sih? I have some tips and tricks Gimana sih Jadi Pede di Bangku SMA.


1. Kalian paham sama makna percaya diri

Percaya diri berarti siap. Siap melakukan apapun dalam perubahan apapun. Kalau kalian udah tau maknanya, ya berarti kalau ada hal baru, meskipun kalian belum pernah latihan, kalian harus siap. Toh, hal baru yang kalian lakukan itu yang kalian bisa sebut latihan. Kalian ga perlu angkat tangan sambil badan kebawah meja. Kalian harus yakin kalau kalian siap. Ini punya efek kesan yang kuat lho, kalian siap kalian bakal jadi percaya diri, dan kalian percaya diri kalian bakal terlihat siap.

2. Kalian harus tau keuntungan jadi percaya diri

Ada 2 hal yang perlu kalian tau kalau jadi orang yang percaya diri. Mudah berimprovisasi dan cepat mengerti. Bayangin deh, di SMA kalian tuh pasti ngerasa orang yang percaya diri itu keren banget sih, udah gampang ngobrolnya, gampang juga belajarnya, gampang juga improvisasinya. Itu fakta kalau kalian jadi orang yang percaya diri. Banyak peluang sukses kalau kalian udah jadi percaya diri.

3. Kalian perlu mendalami makna puzzle

Bentuk puzzle itu ada cekungan ada tonjolan, maknanya itu kita setiap orang punya kelebihan dan punya kekurangan, semua orang juga pasti punya kekurangan dan kelebihan. Nah, caranya kalian kalau ngeliat orang, liat kelebihan sama kekurangannya. Kalau kalian ngeliat kekurangannya aja kalian disebut sombong, tapi kalau kaliat ngeliat kelebihannya aja kalian bakal disebut orang minder. Nah, supaya percaya diri kalian harus ngeliat kelebihan dan kekurangan orang lain dan diri sendiri.

4. Kenali Diri kalian untuk tau potensi kalian

Caranya kalian bisa ikut psikotest, grafologi, baca buku pengembangan diri, dan dan yang paling sederhana kalian bisa ngobrol sama diri sendiri di cermin. Atau kalian bergaul, terus sempatin waktu dan beranikan diri untuk minta 5 hal baik diri kita ke teman. Kalian ga perlu minta kekurangan diri kita, soalnya diri sendiri itu lebih peka sama kekurangan dibanding kelebihan. Lalu kalian catat dan simpan kelebihan itu. Kekurangannya kalian catat sendiri tanpa orang lain tau. Tujuan disimpan itu untuk ngebuat mood kalian tuh good condition.

5. Bikin buku prestasi

Kalian siapin buku tulis yang isinya prestasi-prestasi kalian. Kalian catat prestasi sekecil apapun. Intinya, prestasi itu suatu hal positif yang sebelumnya belum pernah kalian lakukan. Contoh, kalian belum pernah tampil di depan 20 orang, kalian biasa tampil di depan 10 orang. Nah, perubahan positif itu yang kalian bisa sebut prestasi. Contoh lain, kalian dalam 1 minggu biasanya nulis cuman 1 kali, nah di minggu yang lain, kalian nulis 7kali dalam 1 minggu, itu bisa kalian sebut prestasi.

Hal baru = prestasi, itu kuncinya. Ibarat meja adalah diri kita, kaki meja adalah prestasinya. Semakin banyak kaki meja, semakin kokoh meja tersebut. Semakin banyak prestasi yang bisa kalian catat, semakin kuat kalian jadi orang yang percaya diri. Terakhir, hal yang paling kalian butuhin dalam proses menjadi percaya diri ialah body language atau bahasa tubuh. Bahasa tubuh ini sifatnya dua arah. Kalian jadi orang yang percaya diri, kalian punya bahasa tubuh orang yang percaya diri. Kalian rubah bahasa tubuh kalian menjadi orang percaya diri, kalian akan benar-benar menjadi percaya diri. 

Tipsnya, biasakan sebelum berangkat, sisihkan waktu 2 menit untuk bergaya seperti orang kuat. Supaya tidak ditertawakan, kalian bisa coba di kamar mandi atau ruang tertutup. Gaya yang biasa aku lakuin biasanya kedua tangan keatas membentuk huruf V, seperti gaya para pemenang.  

Pesan dariku, supaya percaya diri kalian itu lebih bermanfaat hindari rasa sombong, dan hindari rasa mudah puas. Maksudku, belajarlah semua hal, walaupun tidak harus menjadi ahli dalam semua hal. Ini pengalaman pertamaku menulis untuk blog. Makasih Titi udah ngajak aku nulis, semoga Titi jadi penulis yang terbaik. (
Terima kasih sahabatku calon dokter menantu idaman:"} )


Salam sukses :)
Lampauilah Batasmu dan Naikkan Bendera Tak Terkalahkan.

***

For your information, gue gak setiap saat kok curhatin cowok ke Ridho... Gue ceritain SGV, kelas dan lain lain juga.. *sebel* Anyway... LET ME KNOW IF YOU WANT MORE TIPS &TRICK FROM US! 

I'll see ya soon Alicers, happy Thursday:} *guling guling*


You may also like

No comments:

Leave me some comment! Thank you, guys:}