10 Things I Learned in High School

SO LAST WEEK I'VE ALREADY GRADUATED FROM HIGH SCHOOL YEAAAAAAY! Tapi karena gue belum soap untuk cerita tentang itu, jadi gue keep dulu ya. Hehehe. Gak tahu kenapa tapi setiap mau mulai nulis tetang "real graduation" rasanya gue kayak jadi lemah gitu... #lebay

Okay, setelah banyak project tentang sekolah yang gue bikin (Back To School with Alice, High School Advice for Freshman & Sophomore, Senior Year Survival Guide & How I Survived My High School), kali ini gue mau menjabarkan 10 hal yang gue pelajari di SMA. Tentu saja bikini masala pelajaran ya HAHA but life lesson. 

Selamat membaca, Alicers! *guling depan* *gue udah bisa ya sekarang!*


***

1. There's no best friend forever things

Gue sering banget bilang sama kalian kalo jangan berharap teman SMP yang deket sama kalian bakal jadi teman SMA kalian. Dari sini gue mengerti bahwa orang akan berpindah dan selalu memulai yang baru. Jadi daripada overthink takut gak punya temen atau sok sokan bikin janji bestfriend forever yang akhirnya cuman bullshit, mending kalian jalanin momen yang ada. Gak ada yang tahu hari esok, kan?

2. Find your interest!

Di masa SMA adalah saat di mana kalian mencari dan mulai menemukan jati diri kalian. Gue sendiri menemukan interest gue ngomong depan publik dan jadi penyiar saat SMA. Coba banyak hal baru dan jangan pernah takut untuk gagal. Dalam hidup ini, kalo lo gak pernah gagal, lo gak akan pernah belajar dari kesalahan. Well, itu bukan sekedar quotes motivasi yang pasaran; it really happened.

3. Spread happiness to others

Yang gue pelajari saat SMA, ketika elo menyebarkan kebahagiaan pada banyak orang, banyak kebahagiaan yang akan datang pada elo juga. Jadi apa gunanya sih kita saling bermusuhan, saling gak suka, saling membenci? Ehm, for some case, emang sih kita ngerasa "gak suka" sama seseorang karena mungkin frekuensi kita gak cocok sama mereka. But hey, kenapa lo gak step back aja daripada bikin lo pusing?

4. Deal with senior-junior

Beruntungnya gue sekolah di tempat yang tepat. Di sekolah gue senioritas gak terlalu dijunjung tinggi, but somehow, kita diorientasikan untuk saling menghormati dan menghargai. Jadi selama kita ada di lingkaran tersebut, gak ada tuh penindasan senior ke junior. Pokoknya, jangan ambil pusing dan jangan buat sensasi! Hahaha.

5. Deal with high school dramas

Bukan SMA namanya kalo gak ada drama; konflik sama temen, rebutan cowok, patah hati, gagal pas ujian. Nikmati setiap detik dan drama drama tersebut akan jadi pelajaran juga sebagai seleksi alam siapa yang patut kamu jadikan teman.

Dalam kehidupan SMA, gue dan Amin mendefinisikan teman sebagai 3 jenis: surviving, must to & truly friend. Jenis orang surviving akan membuat drama semakin banyak karena kite mereka gak memerlukan kita lagi, mereka akan nge-treat kita seenaknya. HAHAHA gue punya temen yang jenisnya surviving, sekarang dia udah sukseslah karena udah dapet kuliah, dulu kalo ada apa apa selalu ke gue, sekarang? Udah punya "temen" yang lebih hits dan kehidupan yang mapan, manalah dia inget?

Yha, gue juga gak minta diinget mwehehehe.

Temen yang must to biasanya kalo satu kelas atau satu organisasi. Karena kita butuh buat berinteraksi, jadi mau gak mau temenan dan dibawa asik aja. Tapi resikonya sedikit kemungkinan masih bertahan berteman ketika masa baktinya selesai. Sedangkan jenis yang truly friend ya akan stay walaupun elo sama dia lagi sibuk sesibuk sibuknya umat.

Gue tahu di detik pertama kalian ngerasain high school dramas pasti sedih banget dan pusing. Tapi tenang aja, itu sebuah pembelajaran kok;)

6. BE YOURSELF

Basi ya? Emang basi. Tapi emang gitu, di SMA lo bakal nemuin orang sesuai dengan keahlian mereka masing masing. Ada yang pinter musik, pelajaran, akting, baris berbaris, masak dan lain lain. Ada juga sih yang bisa beberapa bidang. Tapi, jadilah diri lo sendiri.

Gak ada yang salah kok dari hidup beda dengan yang lain. Kenapa harus sama kalo lo bisa menemukan jati diri lo sendiri? Kata lainnya, gue belajar untuk enggak ngikutin orang lain, jadi sesuai diri gue aja.

Orang yang nge-blog serius dan nge-vlog di sekolah gue cuman gue. Nge-vlog pada awalnya diketawain, tapi lama lama mereka bisa menerima dan ikutan masuk ke clip gue. Pada masanya, orang di sekitar lo akan menerima pribadi elo setelah berbaur lebih lama. Jadi saran gue jangan judge seseorang dari first impression, karena setiap individu punya keunikan masing masing.

Ada yang jago makeup, ada yang kalo gosip mantep banget, ada yang kalo ngomong lucu dan polos, ada yang soksokan gak peka, ada yang galau sampe mampus kayak gak ada harapan buat hidup, ada yang kalo ngomong gak punya rem...

Kita gak bisa merubah orang lain sesuai mau kita seperti orang lain juga gak bisa merubah kita. Jadi satu satunya cara ya kompromi dengan perasaan kita;)

7. Nothing will be permanent

Gue berani jamin dalam 3 tahun gak akan ada yang selalu sama. Freshman, sophomore dan senior year pasti membentuk kita ke pribadi yang jauh lebih baik. Gue saranin jalanin aja, jangan dibawa pusing. Pada saatnya kalian akan dewasa menghadapi perubahan.

Karena di masa SMA kalian dituntut untuk siap pada sebuah perubahan tiba-tiba.

8. Lesson or Bless?

Gue termasuk bukan orang yang "pacaran" saat SMA. Pas awal SMA doang. Sisanya cuman deket atau HTS kayak yang terakhir ini (Cie yang terakhir ini) (HAHAHA). Orang yang lalu lalang di kehidupan elo bukan berarti harus singgah, kan?

Orang yang bisa jadian juga gak tentu bahagia. Jadi sikapi semuanya dengan bijak. Seperti cowok yang gue kenal pas kelas X, gue suka banget sama dia tapi dia gak bisa pacaran sama gue karena satu dan lain hal. Gue benci banget tuh sama dia, anjir sangat PHP. Tapi setelah 2 tahun berlalu, gue baru sadar, dia itu bless karena kita sekarang sahabatan sangat dekat. Gue dan dia sampai di titik dimana kalo gue butuh dia, gue bisa minta dia datang atau telpon kapanpun juga. Kadang perasaan sayang itu gak selalu berakhir jadi pacar, bisa juga jadi sahabat dekat.

Atau Kesatria. Kalian yang baca blog gue dari 2014 pasti tahu cerita tentang dia, cowok yang sangat dingin tapi bikin gue sejuk. Dulu gue kesel banget kenapa kami gak bisa lanjut, tapi setelah 1,5 tahun berlalu, gue baru tau, dia itu lesson. Karena kalo gak pernah ketemu dia, gue gak bisa belajar ngetreat cowok yang bener dan gak put high hopes from the very first step. 

Untuk cowok yang terakhir ini, gue cuman terus berdoa aja untuk kami, supaya baik-baik saja apapun yang terjadi. 

Well, belajar menghargai perasaan orang lain yuk supaya perasaan sakit kita gak akan berlebihan;)

9. FIGHTING

Gue baru ngerti gimana hunger games yang sebenarnya.

Saat lagi sibuk ngurus SNMPTN, gue sebenernya mau masukin Universitas Indonesia atau UNPAD. Tapi ketika gue lihat banyak orang yang saling menikam, membunuh dan berakhir musuhan, gue ngerasa kayak hidup di arena hunger games. Semua orang berusaha menyelamatkan dirinya sendiri.

Jadi gue juga ikutan, gue ambil kesempatan dan fight sesuai yang gue mau. Gue memutuskan masuk swasta saja karena gue juga sudah sangat menyukai kampus itu.

Tapi pas SMA emang banyak orang ambisius nilai, saling bikin aliansi biar selamat lewatin ujian. Serem deh pokoknya tapi seru! Pelajaran hidup;)

10. YOU ONLY LIVE ONCE

Saat senior year hampir habis, gue baru sadar kalo gue sering tidak menikmati momen yang ada. Jadi gue sarankan sama kalian, nikmati selagi waktu sekarang milik kalian. Jangan sampai kalian menyesal di masa depan karena mengingat masa lalu yang berantakan. Ingat! Yang kalian miliki itu detik ini, bukan satu detik yang lalu dan belum tentu satu detik setelah saat ini bisa kalian miliki.

Pokoknya nikmati masa SMA dengan segala up and downnya. Insya Allah, kalian akan punya experience yang luar biasa dan membentuk karakter kalian lebih baik;)

***

Wihi banyak juga yaaaaa ternyata mwehehe. Gue udah lama ya Alicers gak nulis ginian. Sorry, sorry banget atas gue yang sangat egois dan mikirin diri sendiri. Gue akan berusaha lebih baik lagi!

Okay, gue mau packing dulu. Jam 8.20 gue mau naik kereta ke Jakarta karena besok gue ospek. Gue sengaja ospek gelombang pertama supaya 3 bulan full bisa di Cirebon. Gue mau sama keluarga gue, temen temen yang masih ada dan sama kalian, Alicers. Gue mau mencoba merefleksikan diri sebelum pergi......

Sebelum mulai dunia yang baru;)

Well, pesan dari gue, nikmati masa SMA lo ya. Gue sangat ingin start over, tapi gak mungkin kan wahahaha. Banyak yang gue sesali tapi gue ambil sebagai pelajaran aja. Once more, high school won't lasts forever so just do what you love, okay?


Selamat H-4 SBMPTN semuanya.. Semangat!;)




Ps: Gue nyobain naik bisnis class hari ini, nanti gue ceritain. Kita coba jadi backpacker ya HAHAHAHAHAHA.


You may also like

No comments:

Leave me some comment! Thank you, guys:}