Alice's Tips&Trick: Sukses UTS Gengs!

Percakapan gue dengan kakak tingkat gue, Henri Putra Jaya, seminggu yang lalu.

"Hen, aku udah dapet jadwal midtest."
"Yaelah UTS doang, emangnya kapan sih?"

Beberapa hari yang lalu.

"Henriii, bentar lagi uts omg omg omg."
"Santai, gak usah belajarrrr."

Dua hari yang lalu.

"Sekarang udah jam berapa?"
"Apa sih Hen gak penting banget. Jam 11."
"Tuh, yuk belajar, udah mau uts."

Hari ini.

"Henri jadi uts gak?"
"Ya jadilah! Masa enggak!"

Makin deket makin galak ya...

YO WHAT'S UP GENGS gue terjebak 8 jam di kereta Cirebon - Jakarta karena ada kendala gitu di perjalanan yang bikin kereta harus lebih-lama-gantian-gantiannya buat lewatin rel kereta jadi gue pun belajar dengan sangat giat untuk kelas Intro to Advertising. Enggak sih, sebenernya bukan itu yang mau gue ceritain hari ini wkwk.

Jadi, menjelang UTS pasti mau dong nilainya gak jelek? Yaiyalah mau, pertanyaan apa sih, Tip! Hehehe maaf dong saya udah agak halu nih, udah jam 12 malam. Nah gue punya beberapa tips supaya kalian bisa lancar mengerjakan UTS-nya;))

Yuk deh, dimulai mariii!


***


1. Pasang jadwal UTS jadi wallpaper / lockscreen kamu


Dalam case gue, gue masang ini sebagai lockscreen. Selain membantu untuk mempermudah kalo mau cari ruangan dan jadwal UTS, ini juga jadi memicu gue untuk mengingat bahwa UTS gue tuh banyak lho:{ Masa gak belajar:{

2. Belajar = Menyenangkan

Coba deh rubah mindset kalian, I knowwww 8 weeks kuliah aja udah banyak banget materinya. Tapi setelah gue mencoba untuk ngomong sama diri sendiri dan bilang "ini menyenangkan kok", gue jadi lebih santai dan menikmati proses belajarnya;)

3. Jangan SKS lembur + Belajar 1 jam sebelum UTS

Menurut gue yang pernah melakukan SKS saat masih SMA, dan SMP, dan SD HEHE, SKS apalagi yang sampe lembur gitu cuman bikin otak lo gak bisa mikir apa apa. Idealnya belajar seminggu sebelum UTS jadi pas malam mau UTS nya lo bisa cuman sekedar baca dan memahami aja. Gue sarankan jangan masih belajar satu jam sebelum UTS. Belajar disini yang gue maksud adalah masukin materi baru ke dalam otak ya, kalo cuman baca baca review lucu sih gakpapa. Soalnya kalo masih lo paksain... Ilang semua... Gak enak banget kan udah usaha terus malah ilang HAHA.

4. "Ah, UTS doang. Belum UAS."

Mindset macam begini deh yang bikin anak bangsa kita sering nilainya jelek apalagi harus enroll kelas. Coba deh ketika mau ujian kita serius dulu, setelah itu ya kita kan bisa main lagi. Prinsip gue adalah di kelas fokus, sehingga kalo di rumah gak sempet belajar paling enggak di otak gue tuh ada gitu yang nempel:"}

5. Grup diskusi

Gue baru tahu rasanya efektivitas punya grup diskusi ya ampun:"} We're not only solving problem gitu, tapi ya sampe bener bener ngerti. Mungkin karena gue itu kuliah yang isinya hapalan dan pengertian kali ya, gak kayak pas SMA isinya belajar Matematika.. Fisika.. Kimia... Hmm;))

6. Metode belajar ala Tipluk 1: Tulis ulang

Temen temen gue suka heran kenapa gue suka bawa HVS dengan tulisan yang hampir sama kayak yang ada di catetan atau ppt gue. I believe in belajar sambil baca dan nulis membuat gue mengingat dan memahami dengan lebih cepat. Konsep mindmapping atau bikin rangkuman bener bener berguna lho gengs untuk mempercepat hapalan;)

7. Metode belajar ala Tipluk 2: Ngomong, rekam, dengerin

Biasanya gue bakal ngomong panjang lebar, terus gue rekam dan pas mau ke kampus gue dengerin lagi. FREAK SIH IYA GUE TAU, tapi cukup helping kok;)

8. Metode belajar ala Tipluk 3: HIGHLIGHT WORDS

Coba deh lo tulis kata-kata penting di kertas kertas kecil atau di sticky notes. Setelah itu tempel di tempat yang lo gampang gitu buat bacanya, niscaya lo akan ingat lebih cepat dan bahagia;)

9. Jangan galau

HAHAHAHA apasih Ti:{

***

Lately gue jadi emosi gitu lho kalo ada yang ngomong atau cerita ke gue, "sedih ih gak punya pacar" "jomblo terus nih" "cie lo jomblo sih sok sibuk belajar" like wtf... Ayo dong gengs, hidup lo kan ga mesti tentang pacar pacar mulu.

Gini deh, iya sih asik punya pacar, cuman kalo belum ada ya kenapa harus kaya pathetic banget gitu buat dapetin pacar? Apalagi deketin orang dengan cara mepet-gak tahu batasan. Apaan sih? Apa pointnya?

Padahal masih banyak yang bisa lo kerjain lebih dari sekedar mikir, "duh gue kan jomblo."

Sumpah becandaan jomblo tuh receh banget!! #makinemosi

Setelah gue sadar ya, mending kita belajar, habisin waktu sama temen dan keluarga, cari pengalaman, melakukan hal hal yang pengen kita lakukan... Ya kalo ngerasa sendirian kan bisa pergi sama temen. Kalo ngerasa sayang sama orang kan ga mesti harus pacaran..... Apalagi.... Kalo... Udah Tip cukup, malah galau kan lu. Eh iya, maaf. HAHA.

Gak usah stress atau ngerasa minder kalo belum punya pacar. Nanti juga dateng sendiri kok! Have fun aja yaaa!

Pokoknya saran gue daripada lo menyusahkan diri dan hati lo dengan bertanya "kapan sih gue punya pacar" mendingan lo urusin masa depan lo, goals lo dan segala hal yang positif. Mending belajar buat UTS aja yuk biar dapet A!! SEMANGAT UTS!!!




Perubahan drastis ini disponsori oleh ceramah 4 jam penuh motivasi oleh saudara Henri Putra Jaya yang merupakan ranking satu di kelasnya, terima kasih Koko Koko Glodok penguasa Taman Anggrek yang menyelamatkan macbook-ku dan super PHP karena semua aplikasi yang saya pesan ditahan begitu saja. Thank you, Ko. Enggak kok, aku gak nyindir kamu, Hen. HAHAHA.


You may also like

No comments:

Leave me some comment! Thank you, guys:}