Chit Chat with Alice: Your Hobby is Your Job with Olga Agata

"Apa sih asiknya lo suka nulis dan kesukaan lo itu dibayar?"
Gue cuman bisa senyum sambil bilang, "undescribeable precious."

Kejadiannya sama seperti cewek cantik satu ini yang merupakan kakak tingkat gue di London School of Public Relations Jakarta. Yuk kenalan dengan penyiar muda di 96.7 HitzFM Jakarta sekaligus penyiar dan President of London School Radio masa bakti 2015-2016, Olga Agata! Ayo dong Alicers sapa Kak Olga yang meriaaaah:{ HALOOO KAK OLGA!!!!!! Nah, gitu dong, makasih:p


Kak Olga ini adalah mahasiswa jurusan Public Relations batch 18. Selain menjadi mahasiswa, ia juga seorang penyiar di 96.7 HitzFM Jakarta dan juga punya bisnisnya sendiri. Selain siaran, hobinya adalah memotret, nonton film dan bermain keyboard. 

 Kabinet SO.LA.SI pimpinan Kak Olga

Kak Olga sudah cukup lama mengenal radio dan sempat berpikir untuk menjadi penyiar. Namun pemikirannya itu ia urungkan karena ia merasa belum berani mencoba. Sampai akhirnya saat kelas 10 SMA, di sekolahnya ada program pengenalan dunia kerja dan ia melamar di GenFM. Dari situlah Kak Olga mulai terjun ke dunia radio. Di kelas 11, ia masuk SanurFM yang merupakan radio sekolahnya dan berlanjut ke London School Radio saat masuk ke jenjang perkuliahan.

Kak Olga juga bisa nge-MC lho! Dari hobinya yang suka ngomong dan siaran ini, Kak Olga sekarang sudah bekerja menjadi penyiar. Menurut Kak Olga, jadi seorang penyiar bukanlah hal yang mudah, tapi bukan berarti sulit juga untuk ditaklukan. Banyak suka duka yang sudah ia alami selama proses pembelajarannya menjadi seorang penyiar. 

Menjadi seorang penyiar radio bukan hanya masalah bisa bicara atau tidak. Banyak orang yang bisa dengan mudah mengkritik dan mencela hasil siaran Kak Olga, tapi mereka  tidak tahu satu menit Kak Olga mengudara menghabiskan belasan menit untuk melakukan persiapannya. Mulai dari mempersiapkan materi, merangkum materinya, membuat kata demi kata terangkai supaya terdengar asyik saat disiarkan juga melatih diri supaya tidak  gugup dan menyampaikannya dengan tepat.

Kak Olga sendiri mengaku dirinya cukup kalangkabut di hari hari pertama training menuju siaran perdananya. Dia harus melaporkan materinya pada mentornya dan juga harus siap mental akan respon yang akan ia terima. Seringkali ia mendapat evaluasi yang cukup membuatnya down, tapi hal tersebut bisa dia lewati karena menurut Kak Olga kalo kita suka, sesulit apapun kita pasti bisa.

Ketemu artis dan siaran bareng mereka bukan lagi hal yang aneh buat Kak Olga. Jadi ia bilang, katanya "semenjak gue sering siaran, kalo ketemu artis gak degdegan lagi. Dulu bisa tuh, lagi jauh aja gue degdegan kayak "waaaaw Raisaaa" tapi sekarang udah biasa. Jeleknya, gue gak bisa lagi norak apalagi kayak pengen minta foto gitu hahaha. Tapi enaknya kerja di media, lo akan lebih dihargai lho sama orang orang yang punya nama."

 Kak Olga menjadi MC bersama Ko Henri (vice president-nya) pada acara Kongkow Bareng Spesial Kunto Aji yang merupakan acara rutin London School Radio

Ada satu part dari interview bersama dia yang membuat gue cukup tertampar. Ketika dia bercerita bahwa di hidup ini kerja keras memang akan menyelamatkan hidup lo, tapi ada beberapa step ketika lo harus jatuh yang gak bisa lo lewatin sama sekali. Misalnya, saat dia mau siaran perdana, teman teman kerjanya di HitzFM bilang kalo dia bakal gemeteran dan melakukan berbagai kesalahan yang merupakan hal yang wajar. But somehow, dia berusaha untuk tidak melakukan itu dengan melakukan kerja keras. Tapi ternyata dia tetap melewati fase tersebut karena memang hukum alamnya kita harus jatuh dulu biar bisa meroket ke atas;)

Kak Olga dan Kak Yolanda pada acara KBS Sheryl Sheinafia

Seperti yang kita tahu, hobinya sebagai penyiar dan major yang dia ambil sebagai PR agak kurang pas. Gue malah berpikir, "kenapa sih lo Kak gak mau masuk MassComm aja?" dan menurut dia, "di keluarga gue, gue diajarkan harus punya satu pekerjaan tetap yang menghasilkan dan pekerjaan yang benar benar gue suka. Gue percaya bahwa semua hal di kehidupan gue, apapun yang gue pelajari walaupun gak related satu sama lain tapi tetep akan bermanfaat buat gue. Kayak dulu pas SMA gue jurusan Bahasa, belajar tata bahasa dan pas belajar PR, gue jadi ngerti banget kenapa ya susunan kata itu sangat penting.. Jadi gue pikir kalo gue bisa jadi PR dan tetap dapat uang juga dari hobi gue yang siaran, nge-MC dan berbisnis, alangkah bahagianya hidup ini?"



Dan gue kayak.. YAYAYAYAYA BENAR! Dalam hidup ini alangkah bahagianya kalo kita bisa menghasilkan sesuatu dari apa hobi kita, apalagi itu bisa menghidupi kita. Get it, Alicers?:p

Saat ditanya tentang siapa role modelnya, Kak Olga bilang Mamanya adalah role model kehidupannya karena ia mengajarkan pada Kak Olga untuk tekun melakukan sesuatu. Sementara untuk siaran sendiri dia mengidolakan Kak Reza Alqadri, mentornya di HitzFM. Menurut Kak Olga, Kak Reza bisa membuatnya  terpacu untuk jadi penyiar yang lebih baik.



Ohiya, ada tips lho buat Alicers dari Olga Agata! Buat elo yang pada mau jadi penyiar, tapi malu atau takut atau masih gak berani..

1. Harus mau coba! Kalo gak pernah nyoba, lo gak akan pernah tahu lo bisa atau enggak.
2. Lo harus mau belajar, jangan berhenti belajar, karena kalo kita berhenti belajar yang ada kemampuan kita bakal nurun.
3. Its okay to write script! Kak Olga sendiri pernah dalam tahapan dimana "menulis" scriptnya mulai dari "hai, apakabar, hahaha" literally DITULIS. Jadi gak usah soksokan pake pointers dulu, santai, sabar, harus mau belajar.
4. Kalo lo jatuh, jangan mau jatuh lama lama. Harus mau bangkit;)


Last but not least, ada pesan dari Kak Olga..  Pokoknya dalam hidup ini lo boleh punya goals, lo boleh usaha tapi tetap let it flow. Karena rencana Tuhan itu gak pernah ketebak bagaimana indahnya;) ASIK!

"Kerja keras memang akan menyelamatkan hidup lo, tapi ada beberapa bagian yang mengharuskan kita untuk jatuh sebelum bangkit menjadi lebih baik." -Olga Agata

Kak Olga adalah.. Role model gue. Hahaha kenapa gue bisa bilang gitu? Ada satu seminar dari London School Radio yang membuat gue mengenal dia, saat dia maju ke depan dan dia bicara, cara bicaranya bikin gue ngerasa kayak "gue mau jadi cewek kayak dia!" :"} Dan ketika tau punya kesempatan buat interview dia, sangat senang sekaliii!

Nah begitu deh Alicers, kebayang kan gimana serunya kalo hobi lo adalah kerjaan lo juga? Walaupun capek, walaupun banyak banget yang harus dikerjain, tapi kalo lo ngerjainnya pake hati, insya Allah semuanya bakal mengasyikkan dan juga jadi berkah. Makasih Kak Olga udah mau mampir di ChitChatWithAlice!;)

Pokoknya dengerin yaa Kak Olga di London School Radio (lspr.edu/lsprradio LANGSUNG DOWNLOAD APLIKASINYA YAA HAHA) dan di 96.7 HitzFM Jakarta setiap weekend! YEAAAY! Semoga kita semua bisa berani dan berkesempatan buat menjadikan hobi kita sebagai pekerjaan kita yaaa! Aamiiin hihi.




BY THE WAY ALICERS! Rekomendasiin ke aku dong siapa yang bakal aku ajak buat ngobrol atau topik apa yang mau kamu baca di Chit Chat With Alice episode selanjutnya. Langsung dm ke instagram atau e-mail aku yaaaa. Selamat Hari Minggu! Selamat menuju minggu hectic! YEAY!


PS: HAHA akhirnya, sibuk juga;)


You may also like

No comments:

Leave me some comment! Thank you, guys:}