Page 364 of 366: Breakeven

"Jangan pernah nyerah dan mutusin untuk kabur.
Kabur gak menyelesaikan masalah.
Di kehidupan kamu mungkin bakal banyak rintangan,
kayak babi babi di Angry Birds mereka cuman rintangan, 
jangan mau kalah.
Fokus sama goals kamu."

-my piece of cake,
November 2016

***

Hai.

Bukannya... Baru kemarin ya 2015?

Ketika gue menulis postingan ini, gue seharusnya sudah packing ke Jakarta. Tapi gue mendadak flu berat dan keadaan rumah juga gak bisa ditinggal. Gue terbangun dan bilang, "gue gak mau pulang ke Jakarta."

Bukannya gue gak suka sama Jakarta.  Gue suka, gue suka dengan segala hal baru dan kesempatan untuk berkembang lebih baik. Tapi di akhir tahun ini, gue bahkan gak merasakan euforia mendekati umur 19 tahun. Gue butuh waktu sendirian, lihat ke belakang dan bersiap buat melangkah maju ke depan..

"Mari menyibukkan diri."


***

Setelah 18 tahun tinggal sama Mama dan Papa, akhirnya gue tinggal sendiri di Jakarta.

Walau satu apartemen sama kakak gue, tapi hidup kami benar benar masing-masing. Jarang ketemu, sendiri sendiri. Gue sibuk sama dunia gue, dia sibuk sama dunia dia. Tapi alhamdulillahnya gue sangat senang dengan kampus gue dan club yang gue ikuti.

Cerita lainnya adalah.. Ternyata gue berhasil melewati kelulusan dengan santai, gak ribet, gak terlalu baper. Ketika orang orang berbondong-bondong galau soal kuliah, gue sangat santai menghadapi perpindahannya dan alhamdulillah gue gak punya masalah apapun.

Walau tahun ini gue gak menulis satupun karya yang sampai selesai, tapi gue mendapat banyak pelajaran hidup. Seperti kapan persepsi, logika dan perasaan harus bekerja sama menjadi satu adalah hal terbaik yang gue pelajari tahun ini.

Gue mungkin sering mengecewakan orang,
sering buat orang kesel,
sering buat orang ngerasa bete sama gue,
tapi gue harap...

Setelah semua hal yang terjadi, semoga kebaikan kebaikan akan datang menyertai. Karena gue percaya ketika kita mau berbuat baik, Allah akan memberikan hal hal baik untuk kita;)

***

SCHOOL LIFE

Siapa sangka gue bisa lulus SMA?

Maksud gue, selama ini gue gak pernah belajar. Like literally gue gak belajar HAHA. Lo semua yang sering baca blog gue pasti tau keluhan gue. Gue sering banget tidur di kelas, cabut buat jajan atau malah ngerjain kerjaan SGV (choir gue) pas jam pelajaran. Tapi.. Gue bisa lulus SMA like.. What? Wow, Allah sangat baik:p

Masa SMA gue mungkin gak seperti yang gue harapkan. Gak ada tuh acara dijemput jemput pacar, punya geng sekumpulan cewek semua dan banyak (karena lately gue baru sadar gue gak bisa cuman temenan sama cewek, bisa stress gue) atau body goals wkwk. Pinter juga enggak:"} Pokoknya SMA-nya gak kayak di tipi tipi!!

Tapi gue seneng banget, selama SMA itu banyak pelajaran hidup yang gue dapet. At least gue gak sebaper pas SMP. Walau masih aja sih bapernya, susah ngilanginnya:{

Lalu.. Lulus SMA.. 

Setelah gue dihujat orang orang karena mau masuk LSPR.. Hahaha masih inget aja tuh, gue dikata katain "lo mau jadi artis ya masuk LSPR" "emang mau kerja apa keluar dari LSPR" "ngerasa cantik lo makanya ke LSPR" (sumpah yang ini tuh gak ada faedahnya, dan pas gue denger gue diomongin gitu ingin ketawa gue) sampe ada kata kata "yaelah ngapain lo sekolah di SMANDA kalo pengennya ke swasta." 

Gue sempet mau masuk UI, UNPAD atau Unsoed. Sastra Inggris, Psikologi dan.... Dan apa hayo? Iya, Kedokteran. HAHAHA. Gue sama Gestu sama sama mau kedokteran Unsoed, tapi dasarnya Allah punya jalannya sendiri. Akhirnya gue gak ambil SNMPTN (dan dihujat hujat juga, terus gue kayak, yaudah hidup gueeee ya Allah), gak ambil SBMPTN dan langsung ke LSPR. Sementara itu si Gestu coba semua hal tapi jodohnya emang di IPDN, makanya gue panggil Bigboss.

Milih LSPR adalah salah satu hal yang merubah hidup gue.

Ketika gue dateng ke sini, gue cuman bisa senyum senyum sambil bilang, wow, hebat ya lo bisa milih beda dari orang lain. Ada minggu minggu struggle, ada minggu minggu bahagia. Tapi ketika gue belajar semua pelajarannya dan gue suka banget sampai nilai UTS gue ada yang 100... Gue kayak.. Ini. Ini yang selama ini gue cari.

Gue udah pengen LSPR dari SMP kelas 7. Gue menunggu 6 tahun sampe akhirnya di LSPR. Dan sekarang, gue disini. Gue gak mau menyia-nyiakan hidup gue, gue mau berjuang dan berusaha mencapai semua target gue.

Alangkah bahagianya ketika lo masuk ke dunia di mana orang gak mandang lo aneh ketika lo mau ngevlog, lo mau ngecover, lo ngeblog sampe lo nulis novel aja gak dipandang aneh. Saat dimana orang bilang mau jadi penyiar, sutradara, ancor, scriptwriter, creative director sampe artis aja tuh bukan hal yang aneh. Dimana emang dunia gue, tempat yang gue tunggu  tunggu untuk gue datangi.

So setelah 6 tahun akhirnya gue setiap malamnya belajar, review dan baca materi baru. Gue aja kaget HAHA apalagi orang tua gue. Tapi gue benar benar suka di LSPR dan gak nyesel buat lewatin PTN. Menurut gue, dimana pun kita kuliah, kalo kita mau serius dan berusaha, insya Allah ada jalannya buat jadi sukses.

Jadi kalo elo punya pilihan dan beda sama orang lain, jangan takut! Beda bukan berarti aneh. Beda bukan berarti lo gak akan sukses. Tapi beda berarti lo berani milih sesuai keinginan lo sendiri;)


***

THE BESTIES

Ada yang datang, dan ada yang pergi.

Gue gak usah bahas lagi kenapa mereka datang dan pergi ya, karena gue percaya begitulah hidup. Gak akan ada yang benar benar selamanya stay. Tapi Alhamdulillah, orang orang yang sempet jauh sama gue malah jadi deket lagi. Sebaliknya, ada beberapa yang deket malah hilang gitu aja;)

Setelah kelulusan gue masih main dan ngobrol sama temen temen SMP dan SMA gue. Calon Ranking Satu, Para Pencari Kesetiaan, Sitibaal, Kesayangan.. JAFFLES! Jaffles always, gak pernah hilang, selalu ada dan selalu nyempetin. Adel-Taci-Amin.. Lalu beberapa temen gue yang lainnya yang gak masuk ke dalam inner cirlce manapun...

Dan di kampus gue bertemu banyaaaaak orang baik;)

Gue sahabatan sama cewek ras cina islam jualan cat dan empek empek HAHA namanya Natalya Berliani tapi biasanya gue panggil Cece. Lalu gue juga punya sahabat super kampung dari Pontianak dia namanya Meisianita Fildyanti. Lalu ada Adelia Karlina yang merupakan sahabat gue.. Yang ultahnya Desember juga.. Dan nama mantan dan ceritanya sama kayak Adel, sahabat gue dari SD;) Lalu ada IHAK yang beranggotakan Cece, Petricia, Nadira, Ira dan Chelsea. Ada Jojo, Nicky, Cella, Trisna.. Sterry dan seluruh anak 20-9A.

Lalu di London School Radio!! Ketemu banyak orang baik dan sabar buat temenan sama gue hahaha. Gue punya koko super baik, yang udah kaya diary gue, namanya Henri Putra Jaya. Terima kasih banyak untuk Henri yang menemaniku selama ini, I wish you a really great life ya Hen! Terus ada anak anak dari divisi Kreatif (Bunda Lina, Fena, Jojo, Natasha, Kak Bani, Kak Hasto, Kak Zani), ada Kak Sharon.. Ada Kak Nada.. Ada anak anak Kabinet Biru!! Semoga kita selamat yaa dalam kehidupan ini;)

Dan yang paling jelas banget nih friendship forevernya adalah shoutout to Gestu Rosmayadi Asad for the entire of 2016! Dari gue lagi bahagia - patah hati - galauin kuliah - dihujat orang orang.. He always there for me. EVEN pas itu dia lagi siap siap buat tes IPDN aja dia nelpon gue cuman buat dengerin gue nangis. So sweet banget tahun ini, thankyou Gestu!:}

Tahun ini ada yang datang...
Ada yang pergi..
Ada yang mengecewakan gue..
Ada yang dikecewakan gue..

Tapi for those who stay or walk away, terima kasih untuk 2016nya. Nemenin gue, sabar sabar sama sikap gue, mau dengerin cerita gue.. Hopefully 2017nya kalian menyenangkan dan kalo kita berjodoh untuk terus berteman, lets be friend!:}

Dan yang udah stay, please stay.


Jangan tinggalin aku juga;) asek mellow abiez.

***

ACHIEVEMENT

Yang patut gue banggakan dari blog gue cuman.. GUE BERHASIL INTERVIEW ABEL CANTIKA DAN UP-NYA NEXT YEAR YAAA!! HAHAHA. Selebihnya, gue cuman mau bilang makasih banyak sama Alicers dan readers yang kesini.. 100k bertambah dari tahun lalu, padahal gue gak menghasilkan apa apa. Maafin gue, you guys really so sweet untuk tetap stay sama gue. Gue akan berusaha lebih baik yaa buat 2017:>

By the way.. Achievement tahun ini adalah... Magang di Shelter. It was THE BEST EXPERIENCE EVER ketika elo dikasih kepercayaan jadi produser dan boleh ngevlog dan boleh siaran. SUCH A REALLY NICE JOURNEEEEEY!  Terima kasih banyak buat kakak kakak Shelter 95,3FM the power hits station-kuuuu! Terutama untuk Mas Dickey Eikel, Mas Izal Hamid dan Mba Yanesa Manta! Semoga gue bisa jadi penyiar beneran kaya kalian ya:>

Another one is, milih LSPR which is salah satu pencapaian terbesar di hidup gue. Ketika masih banyak orang yang keseret arus "swasta cuman jadi cadangan", gue berani milih dan woooow, lucky me, gue gak salah pilih;)

Lalu gue masuk ke kabinet London School Radio dan bertugas di Creative Division bareng orang orang super baik dari Kabinet Biru. Gue punya head super baik bernama Lina Sufami dan geng PAMILY MART KUY? yang siap menerjang insertion dan materi kata (Jojo, Fena, Natasha, Kak Hasto, Kak Bani, Kak Zani). Baru 2 bulan sih, tapi seru bangeeeet.

Gara gara LSR sekarang gue kenal adobe audition, adobe premiere, adobe photoshop.. Hal hal yang dulu gue mikir kayak "waaah keren banget lo" dan taunya sekarang gue bisa hehe. Semoga.. Creative Division-ku akan kuat menjalani hidup ini yaa;'}

Hmmmm..

Achievement selanjutnya adalah.....

Setelah 6 tahun.....

Akhirnya saya move on hehehe.

Percaya gak?

***

LOVE LIFE

Setelah diselingkuhin atas nama gak bisa LDR Purwokerto - Jakarta.. Lol, ya ampun gue pengen ketawa aja kalo inget ini.. Akhirnya gue pindah ke Jakarta dengan hati yang gak patah patah. Karena sebelum gue pergi, gue memastikan bahwa gak ada satupun yang ketinggalan di hati gue supaya gue bisa lega dan bahagia.

Tapi, taunya, hohoho, ke Jakarta, dan dipatahin lagi. Kali ini dipatahinnya bukan karena cewek lain atau friendzone, tapi karena kami beda agama. Thats the hardest part of my life, ketika apa yang lo tulis di cerpen lo malah jadi kenyataan di kehidupan lo. Menurut gue Allah mempertemukan gue sama dia untuk belajar hal lain..

Gue menemukan banyak kebaikan cowok cowok sebelum dia di dirinya, tapi beda agama. Booms. Yaudah.

Cuman yang paling seru adalah ketika gue akhirnya bisa move on setelah 6 tahun. Jadi tanggal 24 Desember kemarin, gue kirimin si cowok itu e-mail. Intinya  gue cerita kalo gue nangis terus setelah ke Jakarta karena kangen sama dia. Sampe akhirnya gue sadar, ketika kita sayang sama orang dan kita terus menerus mengusahakan dia, kita malah lupa sama kehidupan kita sendiri yang sumpah itu sangat sia-sia.

Sampai akhirnya gue ketemu sama si cowok yang beda agama itu dan.. Dan lama lama dia bikin gue sadar kalo seharusnya gue bisa relain cowok yang 6 tahun itu. You know who baby, 6 tahun lalu siapa sih yang sering gue ceritain HAHA. 

Awalnya sulit, sampai gue berusaha untuk nenangin diri. Setiap pulang dari LSPR gue suka ngomong ke langit, "hai kamu, apa kabar? Aku baik-baik aja. Semoga kamu juga yaa." dan lama kelamaan.. Hilang. Perasaan rindu dan sakit itu hilang.

Sekarang gue percaya pada satu teori. Fokus dulu sama hidup gue, kejar mimpi mimpi yang belum tercapai.. Pada akhirnya, jika dia berjodoh sama kita, dia akan datang kok. Semesta akan punya cara sendiri untuk mempertemukan kita jika Tuhan mengizinkan.

Tapi kalo dia bukan jodoh kita...

Belajar buat gak bandingin dia ke orang orang baru di hidup kita. Karena gakpapa kalo orang itu bukan dia, gakpapa kalo dia gak sama kita. Kebahagiaan itu gak ada standarnya, cuman kita sendiri yang bisa nentuin. Belajar untuk bahagia walau gak milikin..


Karena apa poin dari memiliki raga jika hatinya bukan buat kita? :p


Another shout out to a guy yang sudah 3 minggu ini gak tahu hilang kemana, if you read this, terima kasih sudah jadi superhero untuk saya. Kalau kamu gak menemukan jalan untuk balik lagi ke kita yang dulu, semoga kamu akan bahagia. Semoga Tuhan kamu menjaga kamu di mana pun kamu berada;)



Yow, move on. 

***


Ketika dulu gue percaya bahwa saat orang nyakitin kita, gakpapa buat balas dendam supaya orang itu sadar dan nyesel.. Sekarang gue lebih percaya sama yang namanya impas. Gue percaya di dunia ini semuanya itu adil, tapi tergantung dari sisi mana kita mau ngeliatnya.

Kalo kita cuman mau liat dari sisi buruk, kita gak akan mendapatkan keuntungan. Tapi kalo kita mau mencoba bersyukur, segala hal yang nyakitin bisa jadi berkah kok buat kita.

Apapun yang terjadi di 2016, baik itu nyakitin, nyenengin, bikin sedih, bikin marah, bikin kesel.. Gue yakin semuanya akan berbalik pada orang yang melakukannya. Kalo orang mau menyakiti gue, gue yakin suatu hari dia yang akan ada di posisi gue, bahkan tanpa gue doain pun. Jadi sekarang gue gak mau lagi nyakitin orang ketika mereka nyakitin gue. Biarin aja mereka ninggalin gue, dateng pas butuh doang, cemooh kerjaan gue.. Tapi pada akhirnya, it will be breakeven kok.

Mungkin kedengerannya jahat dan egois. Tapi semakin kalian dewasa kalian akan mengerti bahwa gak semua 10 akan dibayar dengan 10 yang sama. Kalo kita mikirin orang lain mulu, siapa yang mau mikirin kita?

Tahun ini juga gue baru ngerti bahwa ketika kita perjuangin sesuatu dan hal tersebut gak pernah melihat perjuangan kita itu cukup, saatnya kita berhenti untuk nyakitin diri sendiri. Dulu gue akan terus berusaha dan berusaha, tapi akhirnya gue sadar.. The more I try, the more it hurts. Kenapa kita nyakitin diri sendiri untuk sesuatu yang gak mengharapkan adanya kita?


Dan satu lagi.....



Alangkah baiknya jika kamu melibatkan logikamu dalam membuat persepsi, tapi sangat salah jika kamu gak mau melibatkan perasaanmu dalam menentukan sikap. Gue percaya, gue percaya semuanya akan baik baik aja;)



So.... Ini udah tanggal 29 Desember dan paper Commscience gue belum kelar. Sementara gue mendadak demam....



See you 2016! Terima kasih banyak untuk semua journeynya. Untuk vlog Senior Year Story yang jadi nyata, untuk bisa jadi penyiar, untuk berani milih LSPR.... Terima kasih untuk 100k visitorsnya Alicers, sampai ketemu di 2017 yang akan sangat - sangat berbeda. Gue janji, kita akan punya petualangan bareng bareng;)




Dan untuk my piece of cake, selamat tahun baru! I really wish you'll happy and satisfied;)




WOOOOPS! Who's ready meet up with 2017?!


You may also like

2 comments:

  1. Nggak tau mau komen apa, rasanya asing buat sekedar ngomenin blog orang karena udah hiatus lama banget dari perbloggeran.

    Well, selamat menutup akhir tahun dengan bahagia Tip, semoga seperti yang kamu bilang, 2017 jadi tahun untuk lebih banyak berpetualang ya.

    Btw, gue jadi anak radio juga haha *yaterus*

    ReplyDelete

Leave me some comment! Thank you, guys:}