HOW COLLEGE CHANGE ME | 7 Things I learnt In My First Semester

Gila ya gue udah makin tua kayanya, cuman dari Kota Kinabalu ke Kudasang buat lihat gunung aja masuk angin..  *marah marah*

WELCOME TO ALICE IN TIPLUK'S WORLD EVERYBODYYYYY! *berguling*

Gue menulis posting ini tepat di tengah tengah nulis novel gue dan ngerjain naskah The Chart buat London School Radio. Lo harus tahu gue telah melakukan kebodohan dengan meninggalkan port charger gue di hotel which means gue gak bisa ngecharge laptop gue karena port stopkontak Malaysia dan Indonesia beda:") Gue lagi mengungsi di Malaysia ke rumah kakak gue di Kota Kinabalu. Ceritanya belajar kerja sambil nulis,  sekalian kabur biar move on. (move on dari siapa lagi-_-)

Jadi hari ini gue mau bahas 7 hal yang gue pelajari selama semester satu gue di perkuliahan. If you guys are new here,  gue sekarang berkuliah di London School of Public Relations Jakarta dan insya Allah ambil Marketing Communication walau kata Henri sebelum daftar aja ditolak:") GAK DENG HAHA. Gue insya Allah mengambil major Social Media and Mass Communication di semester 3 nanti.

7 hal yang akan gue bahas di bawah ini mungkin akan berbeda dengan apa yang lo rasain. But overall,  semua yang terjadi di semester pertama perkuliahan lo akan benar benar 
mengubah kehidupan lo ke depannya. SELAMAT MEMBACA:3

***

1. Lebih dewasa dan mandiri

Kalo kalian baca blog gue dari 7 tahun yang lalu,  nyokap gue gak pernah bolehin gue pergi pergi naik transportasi umum which is ketika gue pindah ke Jakarta EVERYTHING HAS CHANGED. Gue menjadi sahabat gojek, grab, angkot,  bemo dan taxi jika sedang kaya:") Makan pun beli sendiri (kalo lagi hectic) dan masak (kalo lagi luang). Gue yang dulu balik jam 9 malem aja udah kayak "ya Allah mamaaaah udah malem!!" sekarang balik dari radio jam 12 gara gara abis nongkrong and its fine. Gue harus kontrol pengeluaran gue,  berusaha cari pemasukan dan lain lain.

Actually gue gak hidup sendirian sih di Jakarta karena gue satu apartemen sama kakak gue. Tapi serius deh, belajar ngurus diri sendiri di kota asing adalah hal yang indescribable banget. But fun!

Another thing is belajar jadi dewasa, belajar untuk think before act,  think before post,  think before speak.. Pokoknya dipikirin dulu dan juga lebih berpikir positif. Untuk hal ini give the best shoutout to my friend, Henri Putra Jaya for his never ending patience on me.

2. More organized

Untuk gue yang memilih salah satu club paling ribet dan ricuh dan gak ada liburnya di LSPR yaitu London School Radio,  gue harus bisa menyeimbangkan antara ke radio,  nugas,  main,  hobi gue,  istirahat dan pulang ke Cirebon. Walau awalnya susah banget sih HAHA tapi karena di radio gue jadi mulai terbiasa dengan deadline dan kerjaan yang "HARI INI KELAR YA" meskipun,  jujur gengs,  awalnya kaget kaget.

Tapi konsekuensi masuk dunia media adalah minim libur but really its fun. Karena di radio, gue jadi bisa mengorganisir hidup gue lebih baik dan terbukti walau gue ribet radio, nilai semester satu gue sangat bagus like literally gue gak belajar aja dapet segitu gimana kalo gue belajar?!

Walau mungkin karena di radio gue jadi agak lupa sama blog ini,  tapi gue rasa itu karena gue lagi menyesuaikan diri. Buktinya,  gue pulang lagi kan? :p

3. Memperhatikan penampilan

Sumpah ya teman teman kampusku dan teman teman pembacaku, gue baru suka pake bedak + lipgloss dan nyisir itu ketika kelas 3 SMA. Gue bahkan sering ke sekolah pas rambut gue basah habis keramas kayak anak kampung yang gak punya hairdyer:') Sampe kado ultah ke 18 gue dari temen temen Cabe Cabe Sukses (Uti,  Dhika,  Bunga,  Kevin plus Fifi) adalah hairdyer:""")

Masuk ke ranah kuliah, walau gak full makeup ATLEAST rapih. Baju juga rapih,  gak asal pakai. Pokoknya alat touch up sama sabun cuci muka jadi barang penting deh setiap harinya:")

4. Usaha sendiri

Hehehehe.

Ini sih bener banget guys. Kalo lo gak usaha ya lo gak dapet apa apa.
Ketika lo ngerasa kurang pada satu subject,  lo harus usaha cari orang bisa bantuin lo atau lo usaha belajar sendiri. Lo gak bisa lagi mengandalkan SKS atau nyontek saat ujian. Gue inget banget ada cici cici yang dia pinter banget tapi karena ada HP di sakunya,  dia dituduh nyontek SEDANGKAN yang nyontek beneran gak ketauan:")

Pokoknya yang gue terapkan adalah sibuk boleh,  main boleh,  tapi belajar tetep nomer satu:))

Karena kalo bukan elo,  siapa lagi yang bisa menolong diri lo sendiri?

5. BE SELECTIVE

Ini sih paling penting. Lo boleh temenan sama siapa aja,  lo boleh nongkrong sama siapa aja tapi pilih pilih siapa yang pantas masuk ke pagar hidup lo. Gak semua orang "baik" deserve to be those who consume your "real life" karena gue menemukan banyak yang malah "merusak".

Gue tidak berhak menghakimi orang lain, gue hanya belajar memagari diri gue kalo mulai sekarang kita bukan anak SMA lagi yang apa apa bisa cerita ke beberapa teman dekat. Kita harus bisa PILIH siapa yang bisa menerima cerita itu atau tidak. Jujur ga semua temen deket gue akan gue ceritakan hal yang sama rata, semakin dewasa perspektif kita akan berbeda dan sudah saatnya kita menentukan hidup kita sendiri.

Paling penting adalah JANGAN SAMPAI MEMILIH KARENA ORANG LAIN. You'll regret it.
Tapi lo akan menemukan satu orang yang bener bener klop sama lo. This case,  lets give shoutout to Natalya Berliani.

6. Rindu SMA,  Rindu Keluarga

You'll find that one night,  lo akan nangis karena lo merasa hidup lo sekarang sudah berubah dan lo rindu masa lalu lo.  Its fine,  justru kalo lo ngerasa kaya gitu lo berhasil melewati fase moving on.

Gue belajar lebih tegar dan mencoba keep it for me aja. Kadang gue sapa mereka atau upload foto aja sama mereka.

Yaa..  Inilah hidup.  Kadang gak selamanya di kehidupan mereka lagi butuh kita,  sama seperti kebalikannya:)

7. Jangan pernah takut dan lakukan yang terbaik.

Klise sih. Tapi gue sudah pernah MENYESAL untuk dua hal yang gak bisa gue rubah sama sekali. Ketika ada kesempatan,  langsung ambil aja. Gak usah takut,  gak usah ragu. Semua orang gak ada yang mahir dalam semua bidang. Justru bagus kalo kamu mau coba suatu bidang baru.

Just take as much as you can,
be brave
do your best:)

***

Itu adalah 7 hal yang gue pelajari saat di semester satu. HOPEFULLY membantu kamu punya bayangan apa yang akan kamu lalui di semester satu nanti atau jadi flashback lucu hehehe:)

Gue sering banget dikatain drama dan gak bisa jaga emosi ketika semester satu. Awalnya gue kesel, lah gue punya perasaan. But somehow,  life is changing gengs...
Saatnya berubah,  bukan buat disukai orang lain,  tapi buat kebaikan diri sendiri:)
Mau ngerjain The Chart lagi. See ya! :)


You may also like

2 comments:

Leave me some comment! Thank you, guys:}