Sudahkah kamu memaafkan dirimu sendiri?

Dari segala bentuk maaf yang ada di dunia ini, memaafkan diri sendiri adalah hal tersulit menurutku.

Ada banyak kesempatan yang aku lewati, ada banyak mimpi yang aku urungkan untuk kuraih, bahkan ada banyak orang yang aku sakiti atas nama kebaikanku sendiri. Aku percaya semua orang berhak marah, kecewa dan bahkan berbuat salah. Namun perasaan paling bersalah adalah ketika kamu menyakiti orang yang penting dalam hidup kamu.

Ketika itu terjadi, aku akan menyalahkan diriku sendiri. Uring uringan, menyesal, bahkan membuat orang tersebut malah semakin marah. Aku malah menyakiti diriku sendiri. Aku tidak memperdulikan perasaanku sendiri yang malah semakin kacau dan kacau saat tidak bisa berpikir jernih.

Lalu apakah kamu bisa memaafkan dirimu atas kesalahanmu itu?

Jawabannya ya dan tidak.

Memaafkan diri sendiri bukan berarti mencari alasan untuk membela diri. Memaafkan diri sendiri bukan berarti berbohong dan tidak menganggap penting suatu perkara. Memaafkan diri sendiri juga bukan berarti kabur dari masalah.

Ketika hal ini terjadi, rasanya aku ingin pergi, kabur dan tidak mengungkitnya lagi. Ada sedikit rasa egois dimana, "yang penting gue udah minta maaf, dia maafin atau enggak ya masalahnya dia." tapi tidak bisa ketika kamu menyayangi orang tersebut.

Memaafkan diri sendiri adalah ketika kamu berani mencari tahu kesalahanmu dan mau memperbaikinya. Memaafkan diri sendiri adalah ketika kamu tahu kapan harus memberi penjelasan dan kapan harus membela diri.


Berani membuat kesalahan berarti berani bertanggung jawab. Jangan sibuk bilang maaf kalau kamu tidak bisa memaafkan dirimu sendiri.

Bagaimana orang lain mau menerima maafmu jika kamu tidak mau memaafkan dirimu sendiri?


Perubahan butuh proses, tapi percayalah, proses dengan usaha akan menghasilkan akhir yang baik.

Jadi jangan lari dan pergi. Jangan hanya sekedar meminta maaf tanpa memaknainya. Jangan kabur dan hanya menyalahkan diri sendiri. Introspeksi diri dan maafkan kesalahanmu; supaya di kemudian hari kamu tahu tidak seharusnya kamu melakukan itu lagi.


Sudahkah kamu memaafkan dirimu sendiri?



You may also like

No comments:

Leave me some comment! Thank you, guys:}