[TEASER] Overlook: Gibran dan Masa Depannya

Untuk tempat yang sama dengan rasa yang berbeda.
Merindukan kamu lebih berat daripada sekedar rasa rindu.


***

Apa rasanya ketika kamu lulus kuliah nanti?

Pertanyaan itu seringkali menghantuiku tatkala aku melihat para kakak tingkat yang sibuk mengurusi segala tetek bengek perjalanan menuju kelulusan. Bimbingan, bolak balik ke tempat thesis, tertidur di perpustakaan.. Hingga duduk berjam jam di cafe dekat kampus. Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah apakah setelah kamu mendapat gelar sarjana sudah dipastikan kamu akan hidup bahagia? Atau itu hanya salah satu lambang dari pencapaian di hidupmu sebelum kamu merangkak naik menuju fase berikutnya?

Bicara tentang kelulusan, suara khasnya mengalun di telingaku. Bulu kudukku langsung berdiri bak diterpa angin dan dilewati oleh makhluk dari alam lain. Katanya dia akan membawakan bunga untukku. Katanya dia akan datang. Dia akan datang menemuiku di hari itu. Tapi mana? Mana bisa ia datang jika ia pergi bahkan tanpa berpamitan?

Gibran bahkan terlalu sempurna untuk bisa tinggal dalam hidupku.

Untungnya kepergian Gibran tidak membuatku menutup diri dari dunia luar. Aku masih bertemu dengan banyak orang, aku masih berusaha menerima kehadiran orang lain. Namun tentu saja sekelebat ingatan yang belum selesai dan cerita manis yang tidak bisa terulang menyisakan luka yang lebih dalam dari kepergiannya.

Gibran mungkin berpikir dengan pergi dan menjaga jarak dariku membuat hubungan kami bisa selesai begitu saja. Tapi yang Gibran tidak pernah tahu adalah bagaimana aku berusaha memaafkannya untuk melupakannya. Setiap hari, seperti saat menyusun skripsiku, kukerahkan alam semesta untuk memaafkan segala sakit yang Gibran ciptakan dalam duniaku. Kata orang memaafkan berarti belajar melupakannya, belajar melupakan berarti mau memaafkan kesalahannya. Dua hal itu terus berjalan bekesinambungan. Namun apakah memaafkan dan melupakannya akan menjamin diriku tidak lagi merasakan kekecewaan yang sama?

Karena jika iya, mengapa perasaan kecewa ini muncul lagi saat aku melihatnya dengan orang lain?


***

on
SEPTEMBER 6th 2017


You may also like

No comments:

Leave me some comment! Thank you, guys:}