Untuk kamu yang sedang berjuang..

Untuk kamu yang sedang berjuang..

Hari ini pastinya berat untukmu. Terlalu banyak hal yang kamu ingin selesaikan namun rasanya seperti alam semesta tidak bekerja sama untuk membantumu. Banyaknya keinginanmu tentu saja tidak akan pernah mempermudah perjalanan hidupmu. Tapi bukan berarti kamu harus berhenti dan pergi, justru berhenti dan lihat ke belakang. Lihat sudah sejauh apa kamu untuk berkata, "aku lelah, aku ingin menyerah."



Untuk kamu yang sedang berjuang...

Kehidupan ini layaknya lomba makan pare; pahit di awalnya, namun jika kamu sabar dan berusaha, kamu akan mendapatkan rasa kenyang dan kesehatan di akhir perjuanganmu. Tidak akan ada rasa pahit yang tersisa di mulutmu, hanya kenangan dan rasa syukur atas perjuangan diri yang menahan hati untuk tetap tinggal disini.


Untuk kamu yang sedang berjuang...

Layaknya sedang bermain angry birds, akan selalu ada babi babi kecil penghalang yang harus kamu kalahkan. Semakin tinggi tingkat kehidupanmu, semakin banyak babi babi itu bermunculan. Tapi halangan itu jangan kamu jadikan hambatan. Hadapi dengan bijak, nikmati setiap momennya. Jangan berpikir untuk cepat berakhir, karena momen momen penuh perjuangan ini hanya terjadi sekali; jangan pernah setengah setengah.



Untuk kamu yang sedang berjuang...

Gedung tinggi itu tidak terbangun dengan sendirinya, begitu juga rumah yang kamu tinggali sekarang. Butuh waktu dan usaha. Meski kecil dan sederhana, namun nikmati proses pembuatan fondasinya. Aku paham akan guncangan yang terjadi di hari hari pertama, namun semua ini akan berakhir ketika kamu gigih untuk tetap membangun fondasimu. Sedikit demi sedikit bangunlah bangunan impianmu. Mungkin detik ini kamu hanya mampu membuat rumah kecil untukmu, tapi jangan pernah cepat puas dan berhenti begitu saja. Bangun terus, terus dan terus, supaya usahamu juga bisa memberikan dampak yang baik bagi orang di sekitarmu.


Untuk kamu yang sedang berjuang...

Kamu boleh mengeluh, tapi ingatkah kamu siapa yang membuatmu di posisi ini? Kamu sendiri. Kamu yang memilih untuk berjuang, jadi kamu tidak punya hak untuk pergi dan meninggalkan. Belajar untuk meminimalisir hal yang kamu keluhkan; hadapi dengan ikhlas. Tuhan tidak akan memberikan sesuatu yang tidak bisa kamu kerjakan.


Untuk kamu yang sedang berjuang...

Penolakan bukan lagi hal yang asing kan? Jadikan penolakan itu acuan untuk tetap rendah hati dan mau menerima masukkan. Tidak semua orang pintar itu benar, tapi bukan orang pintar jika tidak mau medengarkan pendapat orang lain. Mendengar bukan berarti mau diatur sesuai keinginannya. Jalani hidupmu, hadapi apapun yang ada di depan matamu. Berbaik baiklah dengan semua orang, tapi jangan pernah mau disepelekan. Kamu punya hak atas hidupmu sendiri.


Untuk kamu yang sedang berjuang...

Akan banyak orang yang tiba tiba hilang dari hidup kamu, mulai menyepelekan kamu, membenci kamu hingga mencemooh kamu di depan publik. Hadapi dengan hati yang tenang, emosi tidak akan membuatmu menang. Bukan siapa yang bisa tetap berlaku baik atau siapa yang akhirnya menutup diri untuk memberikan perhatian; belajar untuk memilih. Semua orang harus kamu hargai, tapi tidak semua orang pantas kamu perjuangkan. Untuk mereka yang pergi, tidak selalu salahmu, tapi hubungan itu tentang komunikasi. Lakukan komunikasi untuk memperbaiki, jika dia tetap pergi, Tuhan selalu punya cerita yang lebih baik dari yang kamu harapkan.


Untuk kamu yang sedang berjuang...

Berdarah bukan lagi hal yang asing dalam medan perang. Biarkan dirimu terluka dan berdarah, namun belajarlah untuk menyembuhkannya sendiri. Belajar untuk tidak menyalahkan orang lain. Belajar dewasa, belajar menerima, belajar tidak melihat masalah hanya dari sisi kamu saja. Semua yang terjadi di dunia ini harus disikapi dengan hati yang tenang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan; Tuhan tidak pernah meninggalkanmu.


Untuk kamu yang sedang berjuang...

Demi menyelamatkan kamu, Tuhan mematahkan seluruh harapan dan juga hatimu. Tuhan membiarkannya pergi meninggalkan kamu, bukan karena Ia tidak menyayangimu, tapi karena Tuhan tahu kamu pantas mendapatkan yang lebih baik. Dan yang lebih baik dari dia tidak datang seketika setelah kamu menjentikkan jemarimu. Perbaiki dirimu, bahagiakanlah hatimu. Karena sejatinya cinta adalah berjuang bersama, sehingga ketika salah satunya menyerah, kamu tidak bisa apa-apa selain membiarkan Tuhan dan alam semesta yang mengatur isi hatinya. Namun jika mereka tidak melakukan apa apa pada dia, sebenarnya kekuatan magis yang mereka miliki malah disalurkan ke tempat lain. Jangan berhenti berdoa, Tuhan selalu mendengarmu. Ia tahu tempat terbaik untukmu.



Untuk kamu yang sedang berjuang...

Hadapi, nikmati, jangan pernah setengah setengah.



Untuk kamu yang sedang berjuang...

Ini baru tahap awal, jangan menyerah ya?










Untuk kamu yang sedang berjuang,
dan untuk aku yang diancam supaya 
tidak menghancurkan apa yang sudah kamu perjuangkan.
Mereka yang berjuang, tidak akan menyia nyiakan
hasil perjuangannya.
Kita bisa. Pasti bisa.


You may also like

No comments:

Leave me some comment! Thank you, guys:}