[SCHOOL TASK: TIK] Tutorial Gadget: Link List (Tab Header)

Halo semuanya! *guling guling* Kembali dengan School Task dari kelas TIK! Wohoo! Hari ini saya mau ngasih tutorial gadget link list yang ada diatas / tab header. Tab Header biasanya digunakan oleh blogger sebagai pengganti gadget label atau tempat untuk menaruh kategori-kategori penting yang ada di blognya. Yang mana sih, Tip? Yang ini lho :


OH, I see Tip! Jadi selama ini pake Link List toh? Iyaaa, gampang kok caranya. Bisa langsung dipraktekan! Selamat mencoba!


Notes: Tombol yang dimaksud di tutorial ini seperti "Home" "Alice or Tipluk" etc pada Tab Header blog saya. 





STEP ONE :


Dashboard
Sign in dulu ke akun blog kamu lalu masuk ke dashboard. Setelah terbuka dashboardnya, klik design.


STEP TWO :


Design
Lalu pada halaman design, kalian klik Add a Gadget. Lalu pilih Basic Gadget. Cari Gadget Link List lalu klik. Akan keluar halaman seperti ini :


Link List
Lalu untuk mengisi Link List tersebut, kalian tinggal menaruh link halamannya pada New Site URL dan nama tombolnya di New Site Name. Seperti untuk membuat tombol Home pada tab  header saya, saya hanya membuka halaman blog saya lalu meng-copy linknya, ditaruh di New Site URL dan menulis "Home" pada New Site Name. Seperti ini :




Nah, setelah menaruh link & nama 'tombol'nya nanti, tinggal klik save. Lalu buat lagi untuk tombol tombol selanjutnya. Untuk "Alice or Tipluk" dan "Recomended" saya membuka dulu posting tersebut lalu meng-copy linknya. Tetapi untuk Tipluk's Story, Speak Now, If This Was a Movie & The Twilight Saga saya membuka dulu halaman labelnya, baru di copy. 


Kalian bisa mengatur posisi tombolnya dengan mengklik panah atas bawah disamping tombol delete. Setelah selesai, klik save!


STEP THREE :


Kalian akan kembali ke halaman design. Biasanya, linknya akan berada di samping kiri atau kanan. Karena kalian ingin membuat tab header, jadi tarik link nya kearah header, tepat dibawah gadget Configure Header. Setelah itu klik save.






Nah! Gimana? Blognya udah ada Tab Headernya belum? Wanna ask something? Leave me some comment! :b

8 komentar:

  1. ti itu kan blognya yang versi lama, yang versi barunya caranya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja kok, Titiesnya masuk ke tata letak aja:-)

      Hapus
  2. Bingung nih caranya gimana hehehe

    BalasHapus
  3. Kak yang "membuka dulu halaman labelnya" maksudnya? nggak ngerti hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi misalnya, kamu punya label: school. Nah kamu klik dulu label itu, kan kebuka tuh jadi halaman baru nah link dari label itu yang kamu masukin hehe~

      Hapus

Leave me some comment! Thank you, guys:}

Diberdayakan oleh Blogger.