Question of The Week: Bagaimana caranya lebih bersyukur? ft. Dimas Arif Firlando

Hai, selamat pagi.... *guling guling lucu* *kayang bentar*

Btw gue gak sekolah lagi lho he-he-he. Hari ini ada PORAK antar Ekskul gitu tapi karena gue gak main (dan gue juga lagi mager) jadi gue memutuskan untuk tidak sekolah. Kalian lagi ngapain? Jangan lupa makan ya.. *sangat perhatian*


Key. Skip.


Today is Thursday and it means.... *drumroll* QUESTION OF THE WEEK! Yea yea yea. Gue selalu suka hari Kamis karena sangat menyenangkan untuk menulis tips&trick ataupun bahas question of the week. AND FOR THIS WEEK! Gue akan menulis bersama "penulis freelance" kesayangan gue.. Oke, ini kudu drumroll lagi dan megah yah, Alicers! Megah!


Well, ladies and gentleman please welcome.. Dimas Arif Firlando!!! *drumroll dimana mana* *kalo perlu gue geret Marching Band biar heboh* *semua se-RT Kesambi dibawa*


If you wondering who is him well I'll tell you. Namanya Dimas, dia senior gue, penulis freelance, calon akpol, pencinta hujan dan advice giver gue which is totally good to have a collab with him. Kali ini gue sama Dimas bakal ngebahas pertanyaan yang lagi umum banget: Bagaimana caranya lebih bersyukur?


So, let's get started!!!




***

Pernah gak ngerasa hidupnya gak tenang, bawaannya bete, iri sama keadaan semua orang? Rasanya kalo ada yang gak sesuai sama apa yang lo mau, pengen banget ngebakar semuanya? Atau ngerasa useless dan unwanted saat seseorang gak ngertiin elo?

That moment, people. That moment. Lo lupa bersyukur.

Gue juga pernah ada dititik itu. Dimana gue sangat kesal ketika si dia gak ngertiin gue sama sekali, atau ketika semua temen temen gue sudah "resmi bergebetan" sementara gue uring uringan gak jelas arahnya, atau saat Aza dapet nilai jauh lebih besar daripada gue padahal dia gak belajar... (emang antara gak bersyukur sama gak tahu diri tuh beda tipis, Aza itu pinter banget wkwk)

Ada juga moment lupa bersyukur lainnya ketika elo sudah punya sesuatu dan ingin hal yang lebih. Well, gue akui keinginan tanpa batas yang dimiliki orang orang memang sudah manusiawi. Tapi saat elo mengeluh dan mengeluh, bukannya berusaha untuk "upgrade" apa yang lo punya, itu jatuhnya lo lupa bersyukur atas apa yang Tuhan berikan kepada elo.

Saat lo lupa bersyukur, pada suatu titik tertentu, apapun yang lo punya sekarang gak bakal pernah bikin lo bahagia dan hidup lo akan berakhir sengsara. Mirisnya, bisa jadi hidup lo menjadi sia-sia karena lo gak mensyukuri apa yang ada di diri lo.

Ngeluh itu jamak, tapi bersyukur harus lebih sering.

Tuhan ada untuk memberikan segala keberkahan terbaik yang Ia bisa berikan kepada umatnya. Even itu sebuah bencana, pasti ada pelajaran yang harus kita syukuri.

Well ketika gue uring uringan dan lupa jalan pulang, satu satunya cara buat mengembalikan semua itu adalah ambil air wudhu, shalat lalu duduk dengan secangkir coklat panas. Buat gue, semua itu bisa memperbaiki mood gue. Setelah itu baru gue bisa berpikir jernih dan kembali bersyukur.

One thing you guys should know is.. Kehidupan ini begitu membahagiakan jika kamu selalu bersyukur akan berkah terkecil yang Tuhan berikan kepadamu. Satu satunya cara untuk bertahan bahagia adalah bersyukur. Bersyukur dan bersyukur.

Jangan sia siakan hidupmu. You only live once, peps:}

Well I think that's all. Moving on to Dimas's yah!

Eh btw Dims, Shilla mana? *cari kucingnya Dimas* *melipir*

***

Hay! Buat kalian yang gatau siapa saya, yuk kenalan. Minta Id line dan No Hp saya langsung aja ke Tipluk. Ntar kita bisa saling personal chat deh:) HAHAHAHA. Yang mau kenalan sama Dimas langsung aja yah... HAHAHA.


Bersyukur merupakan salah satu kegiatan yang paling bahagia. Kenapa? Karena dengan kita bersyukur pasti kita akan merasa cukup, gak akan ada tuh rasanya ingin lebih. Tapi sebenarnya rasa ingin lebih itu bagus, hanya saja jika terlalu di paksakan ingin selalu lebih itu sama saja tidak menyukuri apa yang telah Tuhan berikan untuk kita.


Ada beberapa cara sederhana agar kita bersyukur dan bahagia..

1. Biasakanlah mengucapkan terima kasih


Jangan salah, ucapan sesingkat “terima kasih” itu kata paling indah dan banyak mengandung makna. Terima kasih juga identik dengan rasa syukur, jadi kalau kalian merasa bersyukur atas kehidupan ini banyak-banyaklah mengucapkan terimakasih. Kepada siapapun itu, tanpa kecuali.


2. Lihat ke bawah, jangan terlalu sering melihat keatas atau lihat mereka yang tidak seberuntung kita.


Nah ini nih, kesalahan yang masih banyak kita lakukan [termasuk saya]. Selalu melihat keatas. Selalu melihat orang yang jauh diatas kita, dan tentunya itu akan menimbulkan iri. Setelah itu kita sesegera mungkin meminta dengan seenaknya kepada Tuhan agar seperti orang-orang diatas itu. Pernahkah kamu berpikir bahwa masih banyak orang yang dibawah kamu?

Contohnya mereka kehilangan keluarga, tempat tinggal, atau bagian dari tubuhnya yang tidak bisa berfungsi sempurna. 

Lantas mengapa kita harus melihat keatas? Bersyukurlah. Masih banyak orang diluar sana yang dibawah kamu, mereka yang kurang aja bersyukur dan bahagia kok menjalani hidupnya, kenapa kamu yang lengkap tidak bersyukur dan bahagia? Ingat, Tuhan itu Maha Adil. 

“Karena semua yang ada saat ini, apa yang Tuhan berikan untuk kita, percayalah Tuhan memberikan yang terbaik dan yang tertepat untuk kita.”


3. Kembali merenungkan hal-hal [yang baik khususnya] yang pernah terjadi di kehidupan anda.


Renungkan kembali hal-hal baik yang pernah terjadi di kehidupan anda. Misalnya kalian dapat berkumpul keluarga dan teman-teman lengkap, hampir jatuh atau nyaris tertabrak motor, menemukan iphone 6+ dijalan [ini gak mungkin]. 

Nah itu contoh dari beberapa contoh yang ada. Bayangkan kembali kejadian-kejadian itu, setidaknya kita bisa menyadari betap beruntungnya hidup kita. Nah setelah itu kita dapat bersyukur.





Bersyukurlah atas segala yang kita dapatkan, bukan hal yang positif saja tetapi juga hal yang negatif, karena percayalah dibalik setiap hal yang negatif tersebut ada hal baik yang dapat kita pelajari.



Jadi yakin kamu masih gak mau bersyukur?




***

He-he-he tumben kan aku sama Dimas akur? Iya dong:p

Fyi the first people who changed me in the beginning of high school is him. Dia yang bikin gue lebih sabar dan jauh lebih bersyukur. At that time Dimas sangat terlihat keren tapi sekarang.. WKWKWK. So I asked him to write about this;3

Well let me know if you want more collab post from me and Dimas. He's such a good writer, dont you think? Have a really great Thursday everyone and you too Dims! See ya;)


Artikel lainnya:

2 komentar:

  1. tambahin atu lagi dong,
    Bersyukur dengan berterimakasih dengan orang yang ada disekitar kita.
    karena mereka akan membuat hidup kita menjadi banyak warna.
    udah gitu aja.



    *lagi bener* *kemudian kepentok tiang lagi* *dan seketika error*

    BalasHapus

Leave me some comment! Thank you, guys:}