High School Advice for Sophomore: Survival Guides in Second Year


WHAT IS UP!

Hari ini adalah hari Senin. 3 minggu menjelang masuk sekolah. ARE YOU READY SOPHOMOREEEEEE?! *pake toa*

Well, this morning I'm gonna talk in serious way with you guys. Jadi anak kelas 2 SMA itu  gak cuman tentang senang senang dan melakukan segala hal yang lo suka. Tapi lo harus mikirin juga tentang nilai lo karena semester 3 & 4 itu adalah semester pertengahan yang sudah pasti akan tergoncang.

Saat kelas 2 juga bakal banyak banget konflik yang kalo salah menyikapi bisa jadi High School Drama. Ya.. Gue akan memberikan beberapa case dengan cara survive menyelesaikannya. So....... Let's Get Started!!

***

Case 1: Ketika kamu harus ngurusin ekskul / organisasi tapi kamu pengen main / punya tugas kelompok...

Ini adalah hal yang paling sering terjadi saat elo jadi anak kelas XI. Jadi pengurus gak bisa "kabur" semudah saat jadi anggota karena jalannya ekskul / organisasi itu dipimpin oleh para pengurusnya. So, my tips is elo harus bisa bagi waktu!

Menurut gue supaya elo bisa pada bagi waktu, elo harus punya catatan schedule apa saja yang akan lo lakukan selama seminggu atau sebulan ke depan. Misalnya punya rapat pada tanggal 14, pastikan jangan buat janji main atau re-schedule jam buat kerja kelompoknya sebelum / sesudah rapat berlangsung.

Pokoknya pintar pintar bagi waktu. Jangan sampai ada yang terbengkalai!

Case 2: Ketika kamu punya temen baru dan temen temen lama kamu baper nganggep kamu ninggalin mereka..

I've told you thousand times: keep in touch sama temen temen lama. Sekedar chat menanyakan apa kabar atau bikin surprise kecil pas ulang tahun pasti bisa membuat tali silaturahmi kalian terus terjaga.

JANGAN LUPA MENYAPA! Walau kadang orang ngerasa "ih lo sok ramah banget sih" tapi jangan sampe lupa / malu / segan menyapa. Menurut pengalaman gue sih ya, berhenti menyapa adalah salah satu pintu menuju berhenti komunikasi..

Case 3: Malas belajar

Second grade itu saatnya elo males malesan banget belajar. Menurut gue sih ya, ketika kita males belajar, paling enggak kita tetep fokus sama pelajaran yang kita suka. Kayak gue nih pas kelas 2, gue gak suka Fisika tapi gue suka banget Biologi. Jadi gue kejer Biologi gue.

Sebenernya ini bukan tips yang bener sih.. Cuman menurut perspektif gue, kalo males belajar mending belajar yang gue suka daripada berhenti belajar sama sekali. Lama lama juga pasti kebawa kok buat belajar yang lain:p

Case 4: Waktu semua temen temen kamu punya pacar dan kamu enggak..

Gak punya pacar bukan the end of the world!

Seperti yang Ilham sering katakan sama gue, belum tentu temen temen yang punya pacar itu jauh lebih bahagia daripada kita. Gue yakin jaman kelas 2 itu banyak banget yang tiba tiba jadian gara gara cinta lokasi pas ngurus ekskul atau sekelas.

Enjoy your single moment!

Case 5: Waktu kamu punya pacar dan temen temen kamu enggak..

Please, jangan gara gara punya pacar elo malah gak main sama temen lo atau lupain tugas lo di ekskul / organisasi. Iya sih lagi kasmaran. Tapi kelas 2 itu saatnya lo explore diri dengan lingkungan. Kalo elo cuman muter muter di pacar lo aja.......

Lo pasti kehilangan momen momen berharga lainnya;)

Case 6: Temen temen kamu udah jadi cantik / ganteng dan kamu gitu gitu aja?!

BERANI TARUHAN!!

Kelas 2 itu semua orang berubah jadi cantik dan ganteng dan malesin banget kalo sadar kita begini begini aja. Jadi coba deh lo mulai perhatikan penampilan diri elo dan buat segalanya menjadi lebih menarik. That way, lo gak akan ketinggalan dari temen temen lo:p

Case 7: Malu tapi mau

Jangan malu untuk mengenal teman teman baru. Jangan malu untuk ikutan organisasi. Kelas 2 itu waktunya explore dunia! Coba mikirnya: You only live once. SEMANGAAAAAT!!

Case 8: Backstabbing & high school drama

NIKMATIN AJA YAK KAK HIGH SCHOOL DRAMA NYA HAHAHAHAHAHA. Pokoknya pesen gue cuman satu; Jangan baper.

Namanya juga anak SMA. Pasti banyak banget hal hal yang memicu konflik (gak penting). Coba dinikmatin dan diselesaikan dengan saksama. High school drama itu salah satu kenangan terpenting saat SMA. Intinya jangan baper, supaya gak nyakitin diri sendiri:p

***

THAT'S MY SURVIVAL GUIDES FOR YOUE SECOND YEAR!!!

Beberapa case yang gue kasih di atas benar benar nyata terjadi di kelas 2. So, semangat. Semangat. Semangat. Nikmatin kelas 2 nya yaaaaaaa! Bqiqi. I'll see ya soon! Cheers xoxo.



Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Leave me some comment! Thank you, guys:}