Ramadhan with Alice episode 5: Teenager vs. Adult Idul Fitri Routine ft. Fitrotul Aini


What is up?! Apa sih Tip!! Kemana aja gak nulis nulis?!

Eh... Hehehe.. *guling guling*

Yaa ampun udah mau 2 minggu gue gak nulis HAHAHA. Maaf yah. Ku sibuk nulis cebung di wattpad. Mind to check my I Need To Tell You. Cerbung gitu deh, mini series kok cuman 12 chapter. Silahkan dibacaa:p

Well, sebentar lagi Ramadhan akan usai. Menghitung hari!! Gue dan Mommy Esme a.k.a Kak Fitri dari Twihards Family akan ngebahas tentang Teenager vs. Adult Idul Fitri Routine!! Pasti aku sebagai anak anak yang masih muda dan Mom Esme yang sudah lebih.. Berumur (Eh) pasti beda deh ceritanya wkwk.

Anyway aku baru 17 dan Mommy baru ke era 20an kok. Tenaaang!! Mommy gak tua beneran:p

Yaudah yuk Mommy, langsung aja cuuuuus!! *Elis berlari bagai vampir* *sudah lama gak jadi vampir oh my God...*

***

Sebentar lagi lebaran dan buat remaja, lebaran adalah saat yang ditunggu tunggu karena bisa modus ngucapin "mohon maaf lahir dan batin kakak" ke gebetan... Eh enggak deng HAHAHA. 

Esensi buat remaja tentang lebaran masih seputar THR namun semakin lama akan semakin meruncing ke masalah kehidupan. Seperti pertanyaan pertanyaan lucu "mau lanjut kuliah kemana?" "emangnya mau kerja apa?" "sekarang punya pacar dong ya?" harus siap para remaja jawab saat musim lebaran tiba.

Saat lebaran tiba, koneksi internet akan sangat lelet yang menyebabkan update-an pun akan sangat lama, atau ketika update Path gak nongol nongol di timeline, atau Line yang pending.... Yah, begitulah kehidupan remaja sekarang:">

Gue rasa saat masa remaja, anak anak jauh lebih perduli sama dunia luar dibanding keluarga dan saudara saudaranya. Gue yang notabene gak terlalu deket sama saudara gue juga boleh jujur nih ya, lebih milih tidur daripada canggung gak ada obrolan. Entahlah, bagaimana dengan keluarga kalian?:>

Tapi lebaran masih jadi salah satu momen favorit para remaja kok... Ada beberapa hal penting dalam lebaran yang selalu dirindukan oleh para remaja. Here we goes!


1. THR

Tunjangan Hari Raya a.k.a Penyelamat Kehidupan Duniawi adalah HAL TERPENTING dalam lebaran. Karena jika tidak ada THR, lebaran akan terasa hambar. Tidak bisa pergi kesana kesini, beli ini itu, nonton, mempertebal dompet wkwkwk. Tapi jadi remaja juga gak enak karena dalam beberapa tahun status "diberi THR" akan berubah ke "ngasih THR" apalagi kalo udah kerja!!!! 

Semakin bertambahnya umur, semakin berkurang juga THR. Agree? *pada ngangguk* I can feel you...

HUHUHUHU PENGEN THR YANG BERTUMPUK TUMPUK KAYAK DULU!!!

2. Mudik

Buat remaja yang mudiknya ke desa orang tua, pasti seneng deh kalo perjalanannya ngeliat banyak pemandangan. Gak bisa bohong, duniawinya remaja itu kentel banget. Pasti aja ada saat dimana kalian sekedar selfie atau malah melakukan photoshoot untuk di upload ke instagram HAHAHA.

Mudik adalah salah satu cara buat menyambung tali silaturahmi yang selama 11 bulan kemarin tidak diperhangat. Jadi menurut gue sih, sesibuk dan semalas apapun kalian para remaja, tetaplah ikhlas untuk pergi mudik dan ketemu saudara saudara kalian.. 

You only live once!!

3. Reuni

HAHAHAHAHAHA.

Reuni temen lama. Reuni musuh. Reuni guru. Reuni mantan gebetan. Reuni mantan pacar Reuni mantan calon pacar... #eh

Reuni adalah salah satu kegiatan paling mengasyikkan saat lebaran tiba. Kenapa eh kenapa.. Pasti deh kita ketemu banyak temen temen yang sudah berubah dari terakhir kali kita ketemu. Gak jarang juga sih pertemuan tersebut menimbulkan iri mendalam karena semua sudah berubah dan kita tetap gini gini aja.

Well, reuni saat lebaran is a must for teenager, apalagi yang udah senior year kayak gue. Bentar lagi kuliah, bakal lebih susah kan ketemunya?:p

4. Jodoh

Pertanyaan: "sekarang pacarnya siapa?"

Selalu bingung untuk di jawab.

Saya gak mau bahas ini. Tapi pasti, pasti ada pertanyaan ini.

HAAAAAAAAAAAAAA. *teriak pakai toa*

Ketika remaja pasti ada aja dah tuh sodara atau om tante yang usil nanyain ginian. Sebagian remaja akan senang dan mengenalkan pacarnya, sebagian lagi malu malu kucing dan sebagian lagi pengen "udah-gue-mau-tidur-aja" kalo ditanyain ginian.

Tiap gue ditanyain gituan gue pengen bilang "HEH NANYA MULU DAH LU, CARIIN NAPA SIH BERISIK AMAT" cuman ntar gue gak diaku anak lagi sama emak-bapak gara gara malu maluin. Jadi yaudahlah yah..:">

Bukan cuman yang tua aja kok yang sensi kalo ditanyain jodoh. Yang masih remaja juga:"}

Huwhuw. This is Idul Fitri Teenager Version!! Moving on to Mommy's yaaa;p

***

Well… oke, hai buat semua pembaca blognya Titi a.k.a Alicers.

Bingung nih mau introduce model gimana. Hihihiii…

Oke, gini aja deh, panggil aja aku Fitri. Tapi Titi sih suka panggil aku ‘Mom’ kenapa bisa gitu? Tanya aja ke Titi-nya yah… Heheee…

Sebelum masuk ke inti bahasan, mau cerita dulu deh awal mula gimana bisa diajak Titi nulis bareng di blognya yang super kece ini. Jadi seperti yang udah Titi ceritain kalau selama Ramadhan ini dia bikin project nulis bareng sama beberapa temennya. Nah secara ajaib hampir jam 1 malem tanggal 9 Juni 2015 dia nge-LINE aku untuk ngajakin kolaborasi nulis. 

Awalnya temanya mau ngasih resep-resep masakan sederhana yang bisa dimasak buat buka puasa atau cemilan setelah teraweh gitu, tapi berhubung aku gak begitu pinter masak dan gak kreatif kayak Titi yang suka eksperimen masak-masak unyu, akhirnya bergantilah topik menjadi apa yang bakal mau aku bahas di bawah ini.

Jadi, sebenernya apasih yang kalian tunggu-tunggu atau kalian favoritin saat Lebaran/Idul Fitri? Yap tema inilah yang bakal aku bahas sama Titi. Ya meskipun lebaran masih sekitar 2 mingguan lagi sih, gak apa-apa dong kalau kita sharing apa aja hal-hal yang kalian tunggu-tunggu atau kalian favoritin kalau Lebaran tiba.

Buat aku pribadi yang secara umur udah gak bisa disebut teenager lagi Lebaran/Idul Fitri itu maknanya bukan lagi tentang baju atau sepatu baru (kalau pacar baru sih kayaknya oke-oke aja… #plak) tapi udah ke bagaimana memaknai Lebaran sebagai suatu hari dimana kita harus jadi sosok yang jauh lebih baik lagi dari yang sebelumnya *cieilah berat euy*

Karena udah gak terlalu mentingin yang namanya baju atau sepatu baru (kecuali kalau ada rejeki dan tiba-tiba ada baju dan sepatu baru yang sayang kalau ditolak) maka hal-hal yang ditunggu dan (mungkin) difavoritin para up 20 (sebutan aku untuk kaum-kaum berumur lebih dari 20 tahu) kalau Lebaran adalah:

1.THR

Udah pasti paham dong apa maksud dari THR ini? Yap… THR adalah Tunjangan Hari Raya. Eits, tapi jangan dibayangin kalau THR untuk kami para manusia yang berusia sudah lebih dari 20 tahun apalagi buat yang sudah lulus kuliah dan bekerja makna dari THR adalah uang dari kakek/nenek, opa/oma, atau sodara-sodara kami yang berusia jauh udah lebih tua kami. 

Tapi THR disini adalah THR dari tempat kami bekerja. Meskipun masih pegawai baru, gaji belum seberapa, mengharap THR tak ada salahnya kan..?? Lumayan buat nambah-nambah uang jajan. Atau kalau yang mau berbagi kebahagiaan karena akhirnya udah lulus kuliah dan berhasil dapat kerja (apalagi kerjanya di tempat yang diimpikan) berbagi rezeki dengan balik memberi THR buat adik-adik atau keponakan-keponakan gak ada salahnya…  yang biasanya nerima, jadi ngasih… 

Itu buat yang udah kerja, buat yang belum kerja? Yang masih kuliah? Yang masih kepentok skripsi kayak aku? Ya sabar aja…. Mungkin tahun depan…  *padahal ini senyumnya pahit*

2. Mudik

Kalau mau jujur sih sebenernya bukan kita-kita aja yang up 20 yang nungguin momen yang yang satu ini. Semua orang juga pada nungguin momen ini di tiap lebaran. Tapi mungkin (ini menurutku ya) yang bikin beda mudiknya up 20 sama kalian yang masih teenangers itu mungkin ‘arti’ mudiknya.

Buat kami para up 20-ers, mudik itu bisa bener-bener berarti mudik. Memulangkan diri kita kampung halaman, ke tanah kelahiran, bertemu orang tua dan saudara setelah merantau entah untuk kuliah atau kerja (buat yang kuliah atau kerja di luar kota). Setelah berjuang di kota orang, momen mudik ini akan lebih berasa artinya buat kami pribadi.

Mungkin kalau dulu, saat masih teenagers mudik itu lebih berarti ikut orang tua kita pulang mengunjungi nenek atau kakek di kampung. Sekarang, mudik lebih berarti ‘memulangkan diri kita’ kepada orang-orang tercinta kita.

3. Reuni

Ini juga sebenernya bukan hanya up 20 yang nunggu momen ini pas lebaran. Tapi semua orang...

Siapa sih yang gak suka sama suasana reuni? Mau itu reuni keluarga atau reuni temen-temen sekolah (asal gak reuni sama mantan aja yaaa… #eh). Reuni itu selalu bisa memunculkan banyak hal. Dari memunculkan informasi baru karena udah lama gak pernah ketemu hingga memunculkan kenangan-kenangan lama yang seru buat dibahas lagi.
Tapi beda umur, beda ‘rasa’ juga sih kalau reuni.

Kalau teenagers, reuni itu cuma buat seru-seruan kumpul, main-main, dan becanda-becandaan. 

Tapi buat buat up 20, reuni itu juga masih untuk seru-seruan kumpul, main-main, dan becanda-becandaan juga kok… TAPI plus sama jalin-jalin relasi. Entah relasi kerja, atau relasi romansa.. :p

Menariknya reunian anak up 20 itu kalau lagi reuni, khususnya reuni sama teman-teman sekolah dulu itu: di usia kami yang sekarang… meskipun kami punya bilangan umur yang sama, tapi kondisi masing-masing dari kami sekarang bisa sangat-sangat berbeda. Ada yang masih kuliah dan kepentok skripsi, ada yang udah kerja, ada yang akan atau baru saja menikah, atau bahkan ada yang udah gendong anak *anaknya 3 lagi*.

Kalau teenangers, reuniannya ya masih bisa dibilang sama lah yaa kondisinya. Yang masih SMA ngadain reuni SMP/SD ya kalian masih sama-sama murid SMA. Yang masih SMP pun begitu. Intinya status kalian masih sama-sama pelajar. Belum mulai berbeda seperti kami up 20.

Ngomongin perbedaan kondisi/status, bagi kami up 20 gak jarang reuni itu bisa jadi momok juga meskipun kadang ditunggu-tunggu. Ya gimana gak jadi momok (yang nyeremin)? Di acara reuni, pertanyaan-pertanyaan kepo nan unyu pasti muncul. 

Pertanyaan macem udah wisuda? Udah kerja? Udah nikah? Kapan nikah? Kapan punya anak? Dan segala macemnya pasti bakalan muncul, jadi gak heran kadang beberapa dari kami, justru membenci reuni.

Bingung?
Ntar juga pasti ngalamin. Hahahaa….

Kalau buat aku pribadi, sekarang, di titik yang sekarang ini, aku sedang sebisa mungkin untuk menghindari yang namanya reuni. *lah terus ngapain masukin poin ini jadi poin yang paling ditunggu pas lebaran?* *ditabok readersnya Titi* :p

4. Jodoh :p

Ini nyambung sama poin di atas. Jengah dan bosen ditanyain mana pacar? Kapan punya pacar? Kapan nikah? Kapan nikah? Dan kapan nikah? Kami para up 20 tiap lebaran selalu berdoa untuk diketemukan dengan jodoh. Ditemuin pas abis selesai shalat Ied pas lagi nyari sendal yang hilang atau gak sengaja papasan waktu beli bunga buat nyekar ke makam nenek/kakek yang udah meninggal atau ketemu di reunian keluarga/sekolah, whatever lah pokoknya ketemu jodoh aja gitu.

Jangan bilang sih kalau di poin ini kami para up 20 itu udah ngebet pengen nikah dan desperate jadi jomblo. Tapi percayalah, karena di usia kami ini memang sudah seharusnya masuk usia-usia ngomongin jodoh dan pernikahan. Coba tanya ke mama/papa kalian deh? Pasti mereka bakal setuju kalau di umur-umur up 20 apalagi middle 20 (sekitar mulai 23an ke atas) itu umur yang pas buat nikah. Buat kami, pacaran itu udah bukan untuk main-main aja. Kita pacaran maunya bisa dibawa sampai ke pernikahan.

Maka ya jangan heran kalau tiap lebaran, kami up 20 berdoa dan berharapnya bisa ketemu sama jodoh (ya meskipun sebenernya di hari-hari selain lebaran juga berdoa dan berharap ketemu jodoh. Tapi kalau pas lebaran lebih di gass poll aja gitu. :p) hahahaa…

Yoott… itu deh yang menurutku hal-hal yang ditunggu sama orang-orang berusia lebih dari 20 tahun or up 20. Gak setuju? Ya terserah kalian aja siihh… kan itu pendapat aku… mau ngasih pendapat kalian? Kontak ke Titi yaa… atau bisa deh dengan ninggalin di kotak komen di bawah. Hihiii….

Sekian dari aku..
Makasih banyak ya buat Titi yang udah mau ngajak kolaborasi nulis.
Semoga dengan diajakin kolaborasi nulis, traffick blog aku-nya jadi naik kecipratan punya Titi ini.. *ngarep beut dahhh*

Tapi beneran deh, kali aja ada yang mau kepo-kepo cantik sama blog aku, bisa kok melipir ke fitrotulaini.blogspot.com. *Ti, numpang promo yaa. Dan tolong sih itu alamat blog aku-nya ntar di link gitu* #eh #banyakmaunya. Wkwkwk my pleasure mommy...

Sekali lagi, makasih banyak ya Titiii….. *peluk dan kecup*
Gomen (maaf) kalau seandainya bahasan dari akunya gaje dan absurd.
Makasih juga nih buat readersnya Titi yang mau ngeluangin waktu baca tulisan absurd kayak gini. Hahaaa….
See yaaaa…. :*

***

Bqiqiqi maaf gue nulisnya cuman sedikit, karena eh karena di rumah lagi pada badmood semua jadi gue kebawa badmood:{ Yaudah deh, let us know if you want us to do more collab!!!

Thank you mommy mau nemenin Alice nulis!! Selamat malam semuanyaaa;)


Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Leave me some comment! Thank you, guys:}