Ramadhan with Alice episode 6: Missable Things from Ramadhan ft. Nofita Chandra


*kembang api dimana mana* *makanan dimana mana*

WHAT IS UP GUYS! Gila yah, besok udah lebaran aja.. Rasanya Ramadhan kali ini gue bener bener useless banget. Cuman turun 1.5kg omg gue ngapain aja sebulan:{ Gue juga cuman nulis nulis lucu dan gak serius. Gak menghasilkan apa apa deh.

Rasanya Ramadhan kali ini hambar banget.. Padahal gue 10x bukber di luar rumah which is cukup banyak dibanding 16 tahun kemarin wkwkwk. Gue juga makan segala hal yang gue mau tanpa mikir. Gimana Ramadhan kalian? Gue harap membahagiakan ya...

Oh well, di malam takbiran ini gue sama kakak tercinta dari Twihards Family akan menulis bareng dan menemani kalian bqiqiqi. YAAAAP WELCOME TANYA!!! Tanya a.k.a Nofita Chandra sudah gue culik kemarin malam secara gercep untuk nemenin gue nulis dan Kak Tanya mau hehehe. Makasih Kak Tanya udah mau nemenin Elis:"}

Kita berdua akan membahas hal hal yang akan dirindukan dari bulan Ramadhan. "Agak" mirip sih sama postin episode pertama bareng Gita, cuman ini kan versi setelah kita melewati Ramadhan...

So, kita minta Kak Tanya duluan aja yaaah! Bqiqiqi:p


***

Well, udah lama banget pingin nulis di blognya Elis yang super adoreable ini. Dan akhirnya kesampean juga ya hehe. My pleasure Tanyaaa:3

Sebelumnya alangkah baik kalo gue memperkenalkan diri, kan katanya kalo gak kenal maka gak sayang hehe. Panggil aja diriku Nofi, Elis sih manggil aku Tanya. Well, panggilan sayang Tanya-Elis itu ada sejarahnya dan cukup panjang kalo mau diceritain jadi di skip aja ya.

Gue adalah salah satu dari kepoers blognya Elis. Ajaib banget ini anak ada aja idenya buat nulis sesuatu di blog. Jadi begitu kemarin diajakin Elis untuk bikin project bareng untuk blognya, tanpa pikir panjang gue langsung bilang iya. 

Bahasan kita adalah “Apa Yang Bakal Dikangenin dari Bulan Ramadhan”. Wah, susah-susah-gampang sih sebenernya. Susah karena gue biasanya nulis penggalauan di blog pribadi gue www.ceritanofita.blogspot.com (maaf ya lis, promosi dikit). HAHAHA jangan galau aja dong Tan...:p

Ya udah lah, tanpa berlama-lama lagi ini ada beberapa point dari sudut pandang seorang nofita tentang apa yang bakal dikangenin dari bulan ramadhan:}

1. Pasar Bedug + Takjil

Kurang tau sih pasar ini nama sebenernya apa, tapi kalo disini disebut Pasar Bedug karena bakal super rame menjelang adzan maghrib. Di pasar ini semua jenis makanan ada, terutama takjil ya untuk berbuka puasa.

Pasar Bedug asli ramenya, sampe tumpah-tumpah ke jalan orang yang jualan plus juga pembelinya. Alhasil bikin jalanan macet. Tapi justru disini sih pointnya, nguji iman dan kesabaran kita yang lagi puasa yang kebetulan lewat disana. Kalo disini, di bandar lampung keadaan pasar bedugnya super rame begitu, kadang gak tahan kalo diminta ibu nemenin kesana.

Menu yang dijual beraneka ragam, dari mulai menu berbuka puasa sampe menu untuk sahur. Mulai dari masakan padang, masakan jawa, sampe masakan palembang ada semua. Tinggal pilih aja mau apa. Dari es satu warna, dua warna, sampe beraneka warna komplit. Kadang sampe pusing sendiri kalo beli apa-apa di pasar bedug ini. Tapi yang paling juara pas bulan ramadhan tak lain dan tak bukan takjil. Takjilnya macem-macem dari berbagai jenis kolak, es buah gitu, sampe kue-kue untuk cemilan. Kalo gak bulan ramadhan yang banyak dipinggir jalan apalagi kalo bukan gorengan :”(

Biasanya disatu kota pasar bedug gak cuma ada disatu lokasi tapi dibeberapa lokasi juga.
Kadang bingung, pada kemana penjual ini kalo pas gak ramadhan. Kadang mau nyari beberapa jenis makanan cuma bisa dipasar bedug, kalo gak agak susah gitu ketemunya. Kan kalo pas ngidam agak repot :”)

Eh btw, akunya kangen pasar bedugnya apa kangen makanannya? :”)

2. Ngabuburit + Taraweh

Wuih, waktu buat ngabuburit sama tarawehan emang gak ada di bulan lain selain dibulan ramadhan. Ngabuburit nih biasanya jadi ajang buat kumpul sama temen-temen, nongki-nongki syantik, update di socmed biar eksis, sekalian beberapa ada yang nyari jodoh juga haha.

Disetiap kota pasti ada deh tempat yang dijadiin lokasi ngabuburit. Biasanya dipusat kota atau alun-alun kota gitu, tapi seiring perkembangan zaman sekarang ngabuburit udah ke cafe dan resto juga. Desakan eksistensi tuh yang terakhir hehe.

Kalo mau buka puasa diluar gitu, biasanya keluarnya dari sore. Jadi sebelum ke lokasi untuk buka puasa, ramean gitu sama temen atau keluarga ngabuburit. Kegiatan pas ngabuburit apalagi kalo gak selfie sama ngobrol-ngobrol gitu, ngegosip sih kadang sedikit hehe.

Dan kalo pas malem, selesai sholat maghrib dan sebelum sholat isya, waktunya mendekatkan diri pada Allah SWT nih. Berbodnong-bondong ke masjid buat tarawehan. Sebagian besar anak-anak untuk main petak umpet sama main mercon, sebagain besar abege untuk bergosip sama ngincer kakak-kakak alim remaja masjid, sebagian ibu-ibu untuk marahin anak-anak sama abege tadi. HAHA!

Pokoknya kalo dua kebiasaan ini bener-bener gak ada di bulan lain, bener-bener kangen banget sama ajakan ngabuburit dan omelan ibu untuk tarawehan. Disebelas bulan yang lain gak ada soalnya :”)

3. Buka Bersama

Esensinya tuh bukan di buka bersamanya tapi di-‘ngumpulnya’. Why? Karena kalo pas diajakin ngumpul dengan title ‘buka bersama’ entah temen dari zaman kapan pasti mengusahakan untuk hadir. Gak heran acara buka bersama ini bakal kebagi jadi banyak banget sesinya. Buka bersama SD, buka bersama SMP, buka bersama SMA, buka bersama kuliah, buka bersama arisan A,B,C,D, dst, buka bersama club A,B,C,D, dst. Alhasil, yang niatnya bisa menghemat dibulan ramadhan biar pas akhir ramadhan bisa belanja sale yang gila-gilaan pupus!

Kalo dihitung-hitung pengeluaran dibulan ramadhan sama dibulan lainnya banyakan di bulan ramadhan :”) gimana gak? Mau beli takjil dipasar bedug, ngabuburit keluar duit meski dikit, terus undangan buka bersama dimana-mana mesti didatengin. Yah, begitulah kehidupan.

Buka bersama jadi momen yang tepat banget buat reuni sama temen-temen lama, atau sekedar kumpul keluarga. Quality time-nya dapet banget. Dari mulai bergosip, nostalgia, sampe selfie sana-sini semua jadi kegiatan yang mengisi acara buka bersama.

Well, itu tiga point yang bakal gue kangenin dari bulan ramadhan. Harapannya gak muluk-muluk kok, semoga tahun ini jadi pribadi yang lebih baik, dan semoga masih sempet ketemu di ramadhan tahun depan.


Ketjup sayang untuk semua pembaca blognya Elis! Stay awesome! :*

***

Halo... *baru kelar makan*

Buat gue pribadi, selalu quality time sama Allah & keluarga yang paling gue suka. Ramadhan punya atmosfer sahur yang beda dari sahur Puasa Senin-Kamis. Well berikut adalah 3 hal yang akan-kalian-rindukan saat Ramadhan usai versi Tipluk! Let's start!

1. Atmosfer subuh

Entah cuman gue doang apa kalian juga ngerasain, atmosfer subuh saat bulan Ramadhan sangat berbeda dengan selain bulan puasa. Rasanya sejuk walaupun gak hujan, tenang walaupun banyak angin, damai walau pun mungkin banyak yang lalu lalang karena pergi ke Masjid.

Gue selalu ngerasa nyaman setiap habis sahur & shalat subuh. Rasanya Allah lagi nemenin gue dan mengucapkan "selamat pagi, apapun masalahnya semuanya akan baik baik saja." dan itu membuat gue merasa sangat nyaman saat subuh.

Yaaa walaupun gue gak ke Masjid (karena gue lebih suka shalat di rumah, lebih ngerasa deket sama Allah hehehe), setiap habis shalat gue biasanya baca beberapa surat pendek lalu melanjutkan nulis blog, sekedar nonton video youtube yang bikin termotivasi atau baca baca buku. Aura subuhnya Ramadhan itu bikin semangat gimanaaa gitu:3

Gue biasanya akan tidur setelah mandi jam 9 / jam 10 untuk menghindari makanan tertahan di lambung dan gak dicerna dengan sempurna wkwkwk. Ku akan rindu subuhnya Ramadhan:"}

2. TV Shows!!

Ramadhan kali ini emang gak banyak gue lalui dengan nonton TV. Gue lebih suka nonton Drama Korea which is bikin ketagihan. Tapi TV Shows pas Ramadhan cukup membuat gue kangen setiap bangun pagi dan gak mau langsung belajar.

Tahun ini gue suka nonton Ini Sahur di NET TV. Acaranya lucu dan makes me awake. Yah walaupun Sule lagi, Andre lagi, dan orang orang itu lagi yang nongol, but ya, selalu membuat gue bisa terhibur kalo gue bete pas bangun sahur.

Tapi 2 minggu belakangan, gue tidur sangat malam jadi gue selalu melewatkan makan sahur. Biasanya gue cuman minum air putih atau minum jus lalu tidur. JADI SEDIH DEH HUHUHUHU:{

Kalo kalian apa TV Show favoritnya?:3

3. HOMEMADE BREAKFASTING MENU!!

Walaupun chesse roll-nya Tea House sangat terbaik tapi gak bisa bohong kalo makanan buka puasa di rumah akan selalu jadi nomer satu. Padahal mungkin cuman makan bola bola mie, bakwan atau bubur kacang. Tapi selalu bikin ketagihan dan bikin ngerasa hangat sama anggota keluarga yang lain.

Gue paling suka buka puasa sama bakwan bikinan kakak gue. Rasanya terbaik!! Ku sangat suka sekali. Tapi kalo gue pengen masak sendiri, gue biasanya bikin pasta pasta lucu atau bikin minuman. Kayak Milkshake atau jus buah yang gue suka.

Gak jarang sih bosen juga makan masakan rumah, tapi lebih enak makan masakan mama ketimbang beli. Entah kenapa... Mungkin karena.. GRATIS?! HAHAHAHAHA.

Keeeey that's 3 things from meee!:3

***

Entah kenapa seminggu ini kepala gue pusing banget. Gue emang gak olahraga udah 2 minggu ini dan rasanya badan gue sakit sakit semua. Rasanya capek gitu lama lama nulis atau baca buku. Jadi maaf yah temen temen..

Well makasih kak Tanya udah mau nulis bareng Elis! Let us know if you want us to do more collab ya bqiqiqi. Met malam takbiran!!!!


Super ps: Dimas muncul di timeline Path gue. Dia tampaknya baik baik aja. Gue pengen ngehubungin Dimas tapi iPhone nya masih di simpen di AKPOL. Gue pengen bilang...

"Dim, besok lebaran. Mama gak masak menu padang lagi tahun ini. Aku bahkan gak buka sama meatlovers sekali pun tahun ini. Dim.. Di luar banyak kembang api. Dimas gak suka kan ya? Iya, mendadak aku juga gak suka."


Kadang, sesuatu better left unsaid. Jadi, semangat Dimas!!!!!


Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Leave me some comment! Thank you, guys:}