Senior Year Survival Guides last stage: Fight For Study ft. Fitrotul Aini & Nofita Chandra


Picture by: tumblr.com



***

I'm about changing the name of stage 3 WKWKWK.

Assalamualaikum, teman teman! What-is-up! Kinda sooo late, but its okay, still on Saturday, huh?:p

Hari ini adalah hari terakhir posting untuk project ini. Kali ini gue ditemenin lagi sama Mommy Esme a.k.a Kak Fitri. Tapi sekarang ada satu lagi!! Welcome, Tanya from Denali Clan!!! *disambut oleh Cullens* *bawa Volturi juga* *gak deng males ah* Btw nama aslinya Kak Nofita, tapi aku mah udah bertahun tahun kenal tetep manggilnya Kak Tanya:3

Dua ciwi-ciwi yang sudah in early 20.. HAHAHA gue muda banget yak, mereka akan menulis bersama gue memberikan beberapa advice untuk pembelajaran kalian di kelas 3. Secara nih ya, dua kakakku ini sudah pada lulus SMA dari berabad... Eh gak deng:p Udah lama aja lulusnya.. Jadi yah.......

KITA MULAI YAAA!! *pake toa*

You first, Mommy!

***

Well… Hai Alicers a.k.a pembaca setia blognya Alice.
Ketemu lagi sama aku, yang sama Alice dipanggil Mommy.
Heheee….

Alice lagi baik hati banget nih ngajakin kolaborasi nulis lagi. Kali ini temanya….. *hmmmm, menghela napas sedikit* lumayan agak sulit. Kenapa? Soalnya menyangkut strategi menghadapi final grade di sekolah.

Mau cerita sedikit dulu sebelum masuk ke topik pembicaraan, waktu ditawari Alice buat nulis tema ini sebenernya dan sejujurnya aku nge-blank. Kenapa? Karena waktu aku final grade alias kelas 3 SMP/SMA aku bener-bener let it flow aja. Gak ada yang namanya ngatur-ngatur strategi dan segala macem. Belajar juga ya seadanya. Hehehee… Tapi ya emang sih porsinya agak makin ditambah. Mulai dari les tambahan di sekolah sampai ikut bimbel. 

Tapi sesungguhnya, final grade itu jangan dibikin pusing dan stress. Jalani aja. Kalau kalian masih pengen main dan nyari hiburan, sempatin lah. Jangan sampe waktu kalian di jenjang paling akhir sekolah jadi kemakan abis cuma untuk belajar dengan alasan biar dapat nilai bagus saat ujian akhir. Percayalah, belajar banyak tanpa diselingi hiburan jatuhnya akan jadi stress, kalau stress pikiran gak jalan, ujian hasilnya jadi gak maksimal.
Wah…. Kepanjangan ceritanya. Ayo deh kita masuk ke bahasan.

Untuk kolaborasi nulis kali ini Alice ngajuin tema ‘how to focus study?’

Oke, aku setuju dengan pendapat kalau belajar itu butuh konsentrasi. Pikiran harus fokus jangan sampe terpecah belah. Kalau ada yang nge-distract pikiran kamu sedikit aja, maka bubar udah rencana belajar kamu. Dan menurutku, dua hal ini yang harus kamu lakuin untuk bisa fokus untuk belajar:

1. Kumpulin dan lengkapin bahan-bahan dan materi pelajaran kamu

Bahan-bahan dan materi pelajaran disini maksudnya bisa berupa buku-buku pelajaran atau catatan-catatan materi pelajaran sekolah. Buat yang anak eksak a.k.a IPA, mungkin buku yang isinya catatan-catatan rumus-rumus Matematika, Fisika, Kimia beserta penjelasannya. Trus buku ringkasan materi biologi. Buat yang anak IPS, bisa ringkasan materi-materi pelajaran Sejarah, Geografi, Sosiologi, dsb.

Di kelas 3 kamu memang akan masih akan nerima materi pelajaran baru, tapi di saat-saat tertentu kamu juga bakal diajak sama gurumu untuk mereview materi yang udah kalian dapat waktu kelas 1 dan 2. Gurumu sewaktu-waktu juga bisa bakal ngasih kamu soal-soal dari materi kelas 1 dan 2 dulu. Sebagai manusia, otak kita kadang ada khilaf dan lupa. 

Meski udah pernah diajarin yang namanya lupa kan bisa aja. Jadi misal nih saat kamu ngerjain soal matematika tentang limit fungsi dan turunan yang diajarin di kelas 2 dulu (ini sih pas jamanku materi limit fungsi dan turunan itu diajarin di kelas 2, gak tau deh kurikulum sekarang) tapi ternyata kamu lupa sama rumusnya dan langkah-langkah ngerjainnya, kamu bisa deh tuh langsung buka buku pelajaran kamu atau buku catatan kamu. Kalau buku pelajaran atau buku catatanmu gak ada, gak bisa ngerjain soalnya kan? Belajarnya jadi keganggu deh… Gitu juga kalau pas lagi belajar pelajaran yang lain. Tau sendiri kan kalau soal ujian akhir itu isinya campuran soal dari materi kelas 1 sampe kelas 3…?? Hehehee…

Jadi…. bahan-bahan dan materi pelajaran itu bakal jadi senjata penting buat kamu, kalau senjata kamu gak lengkap gimana kamu mau sukses naklukin soal-soal ujian akhir?
So, mulai sekarang mulai cari buku-buku pelajaran dan catatanmu waktu kelas 1 dan 2 dulu. Kalau ada yang hilang atau missed belum kecatet, segera lengkapi. Trus untuk materi baru yang bakal kalian dapet di kelas 3, catet dengan rapi dan lengkap biar nanti pas belajarnya enak.

2. Jauhkan segala macam alat elektronik dari deketmu

Kalau lagi belajar, kalau bisa jauhkan segala macam alat elektronik darimu. Jauh-jauh dari yang namanya TV, laptop, dan terutama HP. Benda-benda itu akan dengan sangat mudah mengganggu konsentrasi belajarmu.

Saat masuk waktu yang kamu buat dan kamu sepakati sebagai waktu belajarmu, jauhkan benda-benda itu dari dekatmu. Memang akan cukup berat apalagi yang biasa main HP dan suka ngecekin update-an gebetan di IG dan Path, pisah sama HP itu kayak pisah sama gebetan. Beraaattt…!!! Tapi harus dicoba. Dan mungkin sedikit dipaksakan. Karena berdasar pengalaman, belajar dengan ada HP di deket kita itu bikin kita jadi gak konsen belajar sama sekali. Pengennya ngeliat update-an di IG, Path, FB, Twitter, dan sosmed yang lain. 

Mungkin ada yang ngeles, “ah cuma bentaran aja”. Tapi percayalah… bentaran versi main HP itu semu. Lima menit belajar, (bentaran) ngecek HP-nya dua jam.
Jadi daripada waktu belajar kalian mubadzir dan gak dapat apa-apa saat belajar, jadi jauhkan aja sekalian HP dan alat elektronik kalian kalau kalian belajar.

Tapi kalau kata orang-orang sih cara belajar orang itu beda-beda. Dan aku setuju itu. Jadi, temukan saja cara belajar yang nyaman buat kalian. Good luck buat final grade-nya ya semua… ;)

***

*muncul dari sela sela chat kerjaan sama Ilham Feby Aza*
*kerja terus tanpa lelah*
*kuat!*

Ehm...

Saat kelas 3 pasti kita punya banyak kegiatan di awal tahun & kembali harus menyesuaikan diri karena belajar menjadi to do list paling awal di antara yang lainnya. Belajar juga udah gak bisa di nanti-in lagi, atau kita skip. Gak boleh ada sedetik pun yang terlewat dan gak dipakai untuk belajar. Nanti rugi, kan?:p

Karena udah lama gak sekolah, pasti masuk kelas 3 tuh kita "agak kaget" atau bahkan "sangat kaget" melihat guru yang mengajar dengan sangat cepat atau banyaknya tugas yang menuntut kita belajar jauh lebih giat. Tapi kalo belajar dipaksa, pasti gak akan ada hasilnya! Alangkah senangnya kalau kita belajar karena kita merasa suka belajar. Menurut gue ada beberapa cara yang bisa membuat kita membiasakan diri untuk suka belajar...

Pertama, tanamkan bahwa kalian suka dan tidak terpaksa. Percaya gak percaya, doktrinasi pada diri sendiri adalah cara terbaik untuk membuat apa yang kita inginkan tercapai. Salurkan aura positif dari diri kalian untuk kalian sendiri dengan begitu kalian gak ngerasa terpaksa melakukan suatu hal.

Kedua, buat diri kalian nyaman. Sekedar buat coklat panas, belajar setelah tidur 1-2jam atau mendengarkan musik mungkin bisa membuat pikiran kalian jadi lebih tenang dan fresh. Dengan begitu kalian akan merasa nyaman & proses belajar pun akan menyenangkan.

Ketiga, pasang target. Pada beberapa orang cara buat target akan berakhir dengan "hanya target belaka"  tapi ayolah, teman teman!! Sudah kelas 3! Ayo mulai buat targetmu dan kejar satu persatu supaya kalian bisa sukses;3

Tapi buat remaja zaman sekarang, pasti saja ada alasan untuk gak belajar atau memilih untuk tidur. Salah satunya jika sudah lelah karena banyaknya kegiatan ekskul menjelang serah terima jabatan atau terlalu banyak les. Gimana ya caranya supaya bisa belajar ditengah tengah kesibukan?

Pertama, fokus di kelas. Baik di kelas sekolah ataupun kelas les, coba deh kalian fokus selama belajar & beristirahat "dengan baik" saat waktunya istirahat. Jangan diisi dengan gosip gak karuan atau melakukan hal hal yang "kurang bermanfaat" ! Jadikan waltu istirahat untuk waktunya kalian refreshing... Percaya gak sih kalo ngegossipin sesuatu malah bikin pikiran kalian jauh dari positif? WKWK. Nah. Udah ya jangan gosip:3

Dengan kalian fokus saat pelajaran berlangsung, kalian bisa istirahat di rumah lebih lama jika memang benar benar lelah & mengurangi belajar di rumah selama masa sibuk itu. Tapi bukan berarti seterusnya gak belajar yaa:p

Kedua, istirahat yang cukup, go away gadget! Anak muda jaman sekarang susah tidur gara gara gadget. Kalo kurang tidur, badan jadi pegal pegal dan lelah. Kalau sudah lelah, kalian malas untuk belajar. Nah! Istirahat yang cukup. Sepulang sekolah / les bisa tidur selama 2 jam lalu bangun dan belajar, atau tidur selama 6 - 7 jam lalu bangun pagi pagi dan belajar.

Gue prefer tidur jam 9 dan bangun sekitar jam 3.15 lalu belajar sampai jam 5.30 (itu sudah termasuk shalat shubuh & nonton video youtube selama 30menit wkwk). Belajar pagi jauh lebih fresh dan bisa langsung masuk;3

Ketiga, jangan banyak alasan! Jangan buat buat alasan untuk gak belajar. Kalian HARUS belajar. Kelas 3 lho, kelas 3.. Masih mau main main?;')

Sekian dari Elis.... Sekarang moving to my dear Tanya!!!;3

***

Hallo!!!

Kali ini kebagian bantuin Elis lagi ngegarap projectnya yang didedikasikan khusus untuk siswa-siswi kelas 12 nih.

Buat kamu yang sekarang menginjak kelas 12 pasti udah mulai pusing dengan beban dan tuntutan karena memang banyak banget target kalian. Ujian sekolah, ujian praktek, ujian nasional, sampe ke tes masuk perguruan tinggi. Oke, well, setelah kalian mendapatkan motivasi dan selesai bersiap, saatnya take some actions now.

1.      LEARN INDIVIDUALLY

Belajar tambahan yang dimaksud disini adalah belajar mandiri diluar jam yang seharusnya, kayak misalnya diluar jam sekolah dan les, juga gak termasuk ngerjain tugas. Belajar tambahan gak perlu lama tapi harus rajin dilakukan.

Kalo aku dulu, belajar tambahan begini dengan cara ngerjain soal-soal. Kan sekarang banyak tuh, buku kumpulan soal, nah aku cari soal dari sana terus kerjain sendiri. Gak perlu habisin satu materi dalam sekali waktu, 2 sampe 3 soal dalam hitungan menit terus aku refresh lagi ngerjain hal lain. Tujuannya sih, biar terbiasa ngerjain soal-soal ujian karena nanti yang bakal dihadepin adalah soal bukan lagi guru, teori dan penjelasan.

Untuk soal yang sulit dan meski udah lihat kunci jawaban kalian masih gak ngerti, bisa tanya ke teman, guru disekolah atau ditempat les dan bimbel. Dan oh iya, soal-soal dari tahun yang udah lewat terkadang masuk lagi diujian tahun-tahun berikutnya. Siapa tau ada satu dua soal yang masuk ke tahunnya kamu, kan lumayan ya hehe.

2.      LEARN IN A GROUP

Nah, kalo yang ini bisa dibilang kelompok belajar gitu. Kalo udah kelas 12 bikin kelompok belajar bukan lagi pencitraan biar terkesan pinter atau disayang guru. Ini kebutuhan, guys! Mulai benahi temen-temen kalian, maksudnya ajak temen-temen untuk lebih concern keurusan belajar ketimbang ekskul dan yang lain. Karena belajar bakal lebih seru kalo ada temennya, apalagi kali temen sehidup semati disekolah, wah waktu gak kerasa pas kalian lagi belajar bareng.

Jangan takut untuk mulai deketin anak pinter dikelas yang jutek, mulai banyak tanya ke guru dan sering-sering ngulang pelajaran yang udah lewat. Inget, ujiannya gak cuma sekali, jadi persiapannya gak bisa sistem SKS (Sistem Kebut Semalam).

Sering-sering diskusi, bahasin soal gitu, karena biasanya kalo lewat diskusi kan untuk akhirnya nemuin sebuah jawaban (khususnya soal itung-itungan) jangannya panjang, nah lewat jalan yang panjang itu nantinya kalian bakal inget lebih baik ketimbang ketika belajar dengan cara baca teori.

3.      PLACE FOR LEARNING
Kalo udah kelas 12, belajar gak cuma di sekolah dan pas ada pekerjaan rumah aja. Tapi setiap saat adalah waktunya untuk belajar. Kalo pas lagi bosen gak tau mau ngapain, boleh makan soal-soal ringan kayak bahasa indonesia dan bahasa inggris.

Kalian yang kelas 12 bakal ikut kelas tambahan disekolah, ikut bimbel diluar sekolah dan bahkan ada yang juga private panggil guru ke rumah. Gak apa-apa, perjuangan emang sulit. Tapi inget ya, otak dan tubuh kita juga butuh istirahat. Jadi, meski belajar itu dimana dan kapan aja, tapi kalian juga harus enjoy menjalaninya.

Well, itu deh tips yang bisa dibagi kekalian. Beberapa udah dipraktekin langsung berhubung aku udah melewati masa-masa kelas 12. Aku tidak menjanjikan apa-apa, tapi percaya deh hasil gak akan mengkhianati usaha. Selamat bersenang-senang dengan waktu yang tersedia, selamat belajar dan semoga aku dapet kabar baik dari kalian semua nanti ya! Semangat!
Sincerely,
Nofita Chandra.

***

WOOOPS!!! ALICERSSS!!

That's all stages of Senior Year Survival Guides from Alice in Tipluk's World. Terima kasih untuk Ridho, Stefani, Kak Fani, Mommy Esme & Kak Tanya yang sudah bersedia bekerja sama untuk menulis bqiqiqi:3

Gue sangat berharap ketiga stage yang kami suguhkan bisa bermanfaat bagi persiapan kelas 3 kalian. Gak kerasa ya lusa udah masuk sekolah?:"}

Tolong sebarkan artikel artikel ini kepada teman teman kalian supaya bisa terus membantu satu sama lain!! See you on my next project!xoxo


Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Leave me some comment! Thank you, guys:}