Senior Year Survival Guides stage 1: Motivation ft. Rasyid Ridho & Stefani Putri


Picture by: tumblr.com


***

Stage 1: MOTIVATION

Senior year a.k.a tahun terakhir di sekolah adalah saat saat yang mengasyikan, menegangkan, mengharukan sekaligus menentukan masa depan kita. Setelah kita melalui berbagai halang rintang, cobaan, kesedihan, kegagalan dan kemalasan di senior year, kita akan meninggalkan sekolah kita tercinta.

Banyak orang yang memasang strategi kelas X santai-kelas XI super santai-kelas XII sangat ngebut. Yak contohnya gue HAHAHA. Gue adalah orang yang super santai di kelas XI. Tapi gue gak boleh gitu di kelas XII. Kelas XII adalah masa penentuan. Saatnya gue berlari lari mengejar impian. (Casenya akan sama dengan anak SD & SMP ya hehe)

Well sebelum masuk kelas XII, kita membutuhkan motivasi untuk diri kita sendiri untuk terpacu mengejar impian impian kita. Gak bisa bohong deh, banyak dari murid yang sebelum masuk senior year sangat terlena dengan kesantaian masa sekolah. Tapi di senior year, kita gak bisa santai santai!!!!

So kita harus menemukan beberapa point yang bisa menjadi motivasi kita untuk menjadi lebih baik di senior year. Well today me, Rasyid & Stefani will help you to think about how to find your motivation for your senior year.

LET'S GET STARTEEEEED!!!!

Eh, Edu duluan deh. W mau makan dulu. *dorong dorong Ridho*

***

Hai.. Aku Ridho. Aku siswa kelas 3 SMA yang belum masuk kelas. Sekarang masih liburan nih.. Liburanku dan liburan kalian pasti lebih dari 30 hari, kan? Ini liburan yang sangat panjang dan memuaskan. Karena terlalu lama, alhasil kita terlalu sering melakukan hal yang me-refresh otak, ya contohnya bermain game.. Apalagi game online FPS yang terkenal itu. Ya, thanks to Game Online yang membuat u & Gestu selalu membalas chat setelah seabad dari chat terakhir yang dikirimkan. Thx.

Lalu me-refresh otak terlalu lama rasanya seperti kita tidak ingin keluar dari zona ini. Seperti tidur, main game, makan, main game lagi. (Kenapa sih hidup kamu seperti itu Rasy:{) Akhirnya beberapa hari sebelum masuk sekolah, banyak orang merasa malas untuk berangkat sekolah. Hari Senin lalu upacara pagi. Efeknya, kita jadi tidak termotivasi untuk belajar, kita cuman pengen main, ngobrol, main lagi.

Ngomong-ngomong motivasi, sebenernya motivasi itu apa sih?

Motivasi itu artinya dorongan untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Berarti secara sadar atau tidak sadar asalkan kalian melakukan sesuatu dengan tujuan yang jelas, kalian telah melakukan sesuatu dengan motivasi. Efeknya apa kalau kalian sudah termotivasi? Kalian bakal nyaman menjalaninya.

Nah, karena motivasi itu bikin pekerjaan kita nyaman, maka kita sebagai siswa kelas 3 SMA baru yang belum masuk kelas tapi sudah ngebayangin seremnya atau betapa menakutkannya kelas 3 SMA, kita butuh motivasi. Tujuannya supaya kita benar-benar menikmati masa-masa SMA dan bisa mendapatkan banyak hal positif.

Ini beberapa caraku yang bisa kalian coba untuk merasa nyaman di kelas 3 SMA..

1. Pikirkan hal yang menyenangkan di sekolah, lalu temukan bagaimana cara kalian bisa melakukannya

Contohnya, beberapa waktu terakhir ini, awalnya aku terpaksa main PES karena harus menunggu waktu les. Lama kelamaan, tertarik deh sama game itu. PES itu bakal lebih seru kalau dimaininnya bareng temen-temen yang kita kenal. Kan jadi kebayang kalau main sama teman-teman sekelas di kelas 3 pasti rasanya seru banget.

Karena ku sudah kelas 3, kemungkinan datang sekolah langsung main game itu kecil. Caranya supaya bisa main pes bareng di kelas itu, kita harus bisa mengerjakan tugas-tugas di sekolah dengan cepat. Tentu dengan kerjasama yang sangat hebat. Hehehe..

Jadi, hal tersebut memotivasiku untuk bersemangat belajar sebagai siswa kelas 3 SMA.
Nah, sekarang hal apa yang menyenangkan bagi kalian? Baca novel pulang sekolah?Nyanyi bareng temen-temen? Main voli pulangsekolah? Atau tes grafologi? Itu seru lho. Terus gimana cara kalian bis angelakuin hal itu? Coba kaitin sama hal positif ya..

2. Buat target di kelas 3 SMA

Target itu sasaran yang telah ditetapkan untuk dicapai. Lalu, sasaran itu ialah hal yang menjadi tujuan. Dengan kalian membuat target, kalian akan terpicu untuk mendorong diri kalian untuk mengejarnya. Dan target itu sifatnya bebas, kalian bisa buat sesuai keinginan kalian. Kalian mau seperti apa. Tinggal bikin target.

Contoh, Titi mau membuat pengalaman baru dengan membuat tulisan dengan 100 temannya dan 10 gurunya. Otomatis, banyak hal yang harus dilakuin Titi. Seperti memiliki banyak kenalan yang bisa Titi hipnotis untuk ikut menulis dan merayu 10 guru agar mau menulis bareng Titi. Aku gak ngehipnotis kamu buat nulis sama aku:{ Aku cuman maksa. HAHA.

Kalian juga bisa bikin target untuk hal yang menurut orang-orang lain gak bisa dilakuin, tapi kalian yakin bisa melakukannya. Contohnya kalian punya target ikut kompetisi setidaknya 1 kali lagi. Menurut beberapa teman kalian, mungkin, ngapain sih udah kelas 3 masih ikut kompetisi-kompetisi? Kalian yang suka kompetisi pasti kalian merasakan bahwa banyak hal positif di dalamnya, dan coba hindari rasa takut dari omongan teman kalian. Kalian bisa tetap melakukannya yang terbaik, agar mendapatkan pengalaman yang terbaik, dan babak bonus dari kompetisi itu ialah juara. Keren kan.. *ngangguk ngangguk*

Jadi, 2 hal yang memotivasiku untuk menjadi siswa kelas 3 SMA ialah untuk menikmati masa akhir belajar di SMA dan untuk mendapatkan banyak pengalaman positif dari target yang sudah kubuat. Semangat, Alicers;)


Lampauilah batasmu dan naikkan bendera tak terkalahkan. -MRR

***

Thanks Rasyid my bestfriend yang membuat ku harus editing so pusing, thank you so much...... *salaman sama Ridho*

Setelah ngobrol sama Ridho tadi, sekarang saatnya gue yang ngobrol sama kalian... Well, here's my 2 tips how to find your motivation;3

1. Meraih cita-cita

Menurut gue, kita harus berpikir tentang cita cita saat masuk kelas XII. Tidak dipungkiri pasti ada aja orang yang minder misalnya "gue pengen jadi dokter ah!" tapi nilai mafki-bio nya B- semua misalnya... Hal hal seperti itu seharusnya menjadi acuan untuk kita giat belajar di kelas XII. Mungkin gak masuk lewat undangan tapi bisa lewat tes tulis? Hayo? Yang penting mau usaha kan?

Bisa juga misalnya dari SD mau ke SMP dan SMP mau ke SMA. Kita pengen banget nih masuk salah satu sekolah yang kita cita-citakan... Nah jadikan cita-cita itu sebagai motivasi kalian untuk belajar lebih giat dan berusaha keras untuk mencapainya.

Gue percaya ketika kita percaya pada diri kita, kita percaya pada mimpi kita, insya Allah akan ada jalan selagi kita mau berusaha:3

Kalo lo belum nemuin apa yang lo pengen setelah lulus senior year, coba pikir pikir deh. Temukan beberapa point penting yang membuat lo punya "sesuatu yang diimpikan" jangan hanya let everything flowing. Kita harus punya visi dong! *pasang iketan kepala*

FIGHTING!!!!

2. Memanfaatkan masa muda

Memanfaatkan masa muda itu.. Ikut ekskul Tip? Heyyyit, kalian bukan freshman & sophomore lagi. Saatnya melakukan PE-RU-BA-HAN!

Saat senior year, kita harus memanfaatkan waktu sedemikian rupa untuk belajar tapi tetap have fun. Caranya belajar dan tetap bisa have fun itu dengan menikmati proses belajarnya supaya belajar itu bukan cuman paksaan karena tuntutan ujian, tapi karena kalian suka belajar!

Untuk menemukan perasaan "ingin belajar" di kala kalian sudah mengenal bahwa "bermain jauh lebih manchay" salah satunya adalah berpikir sejenak tentang kehidupan kalian. Selepas kalian dari senior year, kalian gak bisa seenaknya main kayak dulu pas masih jadi siswa. Kalo kalian di senior year nya males malesan juga kayak pas freshman & sophomore, apa jadinya masa depan kalian?

Tapi kan Tip semua orang gak bisa dipaksa buat jadi pinter & sukses saat lulus SMA! Iya iya.. Tapi coba pikirannya lebih ke arah positif seperti...

- "Kalo saya gak belajar sekarang, saya akan menyesal nantinya"
- "Kalo saya menyia nyiakan waktu, tidak akan ada kesempatan untuk kembali ke waktu tersebut"
- "Kalo saya gak mau usaha, gak akan ada jalan manapun yang terbuka"

Menurut kakak kelas gue yang sudah gue interview, pikiran pikiran tersebut membuat kalian bisa punya motivasi untuk fokus saat senior year. Pikirkanlah umur kalian. Mumpung kalian masih muda, masih bisa belajar, masih bisa memilih yang terbaik, kenapa sih gak mau berusaha?:3

That's 2 big things for me & seriously it works saat gue kelas 6 SD. Lalu kelas 3 SMP gue lagi pubertas banget alias sangat labil jadi ya nilai UN gue pas pasan, hanya 33. Sekarang gue gak mau gitu lagi. Masuk kelas 12, gak ada ampun, hajar abis abisan!

Yakin Tip? Yakin! Yakin Tip? Drama korea lho banyak Tip.. Ya... Yakin kok! Orang mau ke GO terus setiap hari biar ranking 1 ngalahin Gestu. Oooh.. Yakin Tip belajar? SGVnya? Biar Feby-Ilham-Aza aja yang ngurus!! Yakin Tip? Gak mau nonton drama? Ah rese lu pada!!! Udah ah udah... Lagi nonton Secret Campus nih. Udah punya DVD nya dari SMP dan baru ditonton sekarang. HAHAHA. Tuhkan elu mah.. Yah kan masi libur bqiqi.

Well, now is your turn, Stefani;)

***
*muncul di tengah tengah Talking with Alice-Edward*

Hahaha halo teman teman! Gue Stefani. Penulis Since You've Been Gone bareng Titi. Maafin Stefani belum bisa nulis chapter terakhir, tolong didoain aja yah biar ada ilham yang dateng ke kepala Stefani hehehehe.

Hari ini Stefani akan kolaborasi dengan Alice & Edward tentang Senior Year Survival. Menurut Stefani, ada 2 hal yang membuat kita termotivasi untuk lebih giat berusaha di kelas 3...

1.Make your parents Proud of you!

Pernah gak sih ngebayangin papah-mamah-bunda-ayah-bokap-nyokap/ Orang Tua kita senyum gara gara bangga sama apa yang kita lakuin? Seneng gak sih kalau kalian bisa bikin orang tua kita bangga sama kita? Lalu pertanyaan selanjutnya, lo semua mau gak jadi lebih baik biar mereka semakin bangga sama lo? And for sure, i know the answer is YES.
Ini  emang kedengeran cheesy,tapi coba deh lo refleksiin atau renungin segala perjuangan orang tua kalian sampai sekarang lo udah gede dan mau masuk ke kelas 12, lo mau banggain mereka kan? ya itu! Itu bisa jadi suatu motivasi buat kalian ngejalanin masa-masa kelas 12. Jadiin acuan ini sebagai motivasi buat lo,biar segala perjalanan dikelas 12 jadi lancar.

Gak mesti jadi juara 1 UN atau juara paralel kok buat bisa bikin mereka bangga, ya walaupun hal itu sangat bagus juga. Tapi disini gue percaya setiap orang punya target beda-beda dikelas 12, trust me!ketika lo berhasil  meraih segala target lo dikelas 12 atau minimal jadi pribadi yang lebih baik dikelas 12 secara otomatis orang tua kalian juga bangga Sama kalian.

Motivasi ini gak Cuma berlaku dikala lo mau merintis *yaelah merintis* maksud gue, motivasi ini gak Cuma berlaku pas start doang. Tapi akan ada saatnya lo jadi males-capek-galau-putus asa saat jalanin masa-masa kelas 12, nah! Ketika segala hal/halangan itu terjadi... inget motivasinya! INGET! You will make them proud of you,right?! Jadii... kalau  nyerah gitu aja, gimana bisa berhasil? Kalau gak berhasil, gimana bisa bikin bangga, ya ga?
Belum lagi, nambah pahala guys! Membanggakan Orang Tua itu gak Cuma sekedar jadi motivasi buat kita, tapi bisa juga jadi berkah buat kita. Insya Allah kalau niat kita baik.. akan banyak jalan yang Tuhan kasih  sehingga perjalanan  kita dikelas 12 dilancarkan dan lebih lagi semoga segala target kita dikelas 12 bisa tercapai. AMINNN!! Aamiin Tep, jangan ekskul aja lu!!!

2.Do your best for your last!

Kalau motivasi dari idho tentang ‘menikmati masa-masa terakhir di SMA’, nah motivasi kedua dari gue hampir sama tapi sebenernya beda. Yaitu ‘lakuin yang terbaik’ di masa-masa terakhir SMA!

Selama 3 tahun di SMA, menurut gue itu jadi kaya 3 bagian.atau simplenya gini, ibaratkan SMA itu kaya sebuah buku. Awal dan pertengahan cerita anggaplah jadi masa-masa kelas 10 dan kelas 11, nah! kelas 12 ini lah yang jadi bagian terakhir/bagian penutup di buku itu. Kalian gak mau kan jadi nyesel/menutup cerita dibuku kalian dengan biasa-biasa aja? gak mau kan?

Akhiri buku kamu,dengan cerita akhir sebaik mungkin!! Do your best for your last! Kasih yang terbaik dan sebaik mungkin yang kamu bisa lakuin dikelas 12 ini, dimana kelas 12 ini, jadi kesempatan terakhir lo untuk bisa memperbaiki semuanya. kalau kelas 10-11 lo males, ya dikelas 12 jadi kesempatan terakhir lo biar gak males lagi. Kalau kelas 10-11 ada hal yang belum bisa lo lakuin diSMA(ikut ekskul mungkin,atau contoh lain) tapi mau lo lakuin, ya dikelas 12 ini jadi kesempatan terakhir buat lo mewujudkan impian impian yang belum terwujud di masa SMA. Gue ingetin lagi kalau kelas 12 itu ‘masa terakhir dan kesempatan terakhir di SMA’ jadi sebelum kalian nanti pada akhirnya lulus *aminn lulus* jangan sampai kamu lulus dengan perasaan nyesel. Kaya...  “duh harusnya pas kelas 12 gue belajarnya gini gini..” atau "harusnya pas masih SMA gue lakuin ini nih..” atau keluhan keluhan lain yang bisa dibilang TE-LAT.

Iya sih, penyesalan itu datangnya belakangan. Tapi kita gak boleh kan biarin diri kita gitu aja. pokoknya mulai sekarang tanamkan pada diri lo, dan jadiin ini suatu motivasi buat lo, dalam menjalani masa terakhir di SMA! Inget, DO YOUR BEST!

***

Thank you Rasyid / Ridho / Edu (namanya banyak banget dah ni bocah HAHA) & Stefani yang sudah mau menulis setelah tragedi "tiba-tiba bikin confrence" di Line. HEHEHEHE. Gimana temen temen? Sudah mulai menemukan motivasimu?

Well.. Setiap orang punya cara masing masing lah ya untuk menemukannya. Semoga gue, Rasyid & Stefani cukup membantu untuk elo menemukan motivasi lo sendiri.

Eits, stay tune! Ini baru stage 1. Sampai ketemu hari Kamis untuk stage ke 2! xoxo


Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Leave me some comment! Thank you, guys:}