Senior Year Survival Guides stage 2: Preparation ft. Faroh Nur Alfani


Picture by: tumblr.com



***

Stage 2: PREPARATION

Setelah melalui tahap mencari motivasi, saatnya kalian melakukan persiapan untuk masuk kelas XII. Persiapan sendiri ada banyak macamnya. Bisa jadi secara fisik ataupun mental. Finansial juga bisa masuk ke hal hal yang harus kita persiapkan saat masuk tahap senior year lho karena pasti banyak buku buku referensi, les atau pendaftaran tes yang harus kita bayar. So jangan pakai uang kalian untuk hura hura ya;3

Hari ini gue dan Kak Fani akan memberikan beberapa list persiapan yang harus kalian lakukan sebelum benar benar terjun di kelas XII (IX ataupun VI). Gue akan berbicara lebih ke arah "fisik" sementara Kak Fani akan lebih ke arah "mental" :>

So! Let's-get-started! *mulai berpikir keras*

***

Okhay okhay, ini adalah beberapa hal yang selalu gue persiapkan menjelang masuk senior year dari jaman gue SD, SMP dan sekarang SMA....

1. Write your goals

Sebelum mulai masuk sekolah, coba lo tulis di kaca / binder / notes / wallpaper handphone tentang apa yang lo ingin capai selama setahun ini. Insya Allah itu bakal jadi salah satu pemacu semangat supaya ketika kita mulai lelah, kita tidak akan pernah berhenti untuk berusaha.

Semenjak 2  bulan yang lalu, gue sudah menuliskan ini di kaca gue. Gue tidakk lagi melirik UI dan Malaysia.. Bukan lagi jadi tujuan utama gue. Setelah bismillah berkali kali, akhirnya gue pun menulis kedua jurusan ini di Post It dan menempelkannya di cermin kamar gue. 


Jadi setiap pagi gue bangun dan siap siap untuk kemana pun, gue akan ingat tujuan gue. Gue harus mengejarnya dan mewujudkannya. Bagaimana dengan goals lo?:}

2. Manage Your Time

Let's say goodbye to kegiatan ekskul super padat, rapat organisasi atau main main lucu yang sampai membuat elo melewatkan waktu les. Kalo udah kebiasaan main karena kebawa suasana liburan / kelas XI, coba deh elo bikin schedule apa aja yang pasti lo lakukan dalam seminggu & lo punya janji apa aja / punya acara apa di luar kegiatan rutin lo.

Dengan mengatur waktu yang baik, kita bisa punya waktu istirahat di sela sela kita belajar. Karena menurut gue, kelas XII itu waktunya belajar, berjuang & make memories! Kalo sakit atau sampe gak bisa manage waktu, kan gak lucu:p

Gue sendiri bikin schedule di wallpaper handphone gue dan masih masukin SGV sampai Sepetember nanti. Gak sibuk ko, gak bakal latihan sampe sore lagi. Kalo waktunya les juga bakal les wkwkwk:p


Pengennya sih GO setiap hari biar ranking satu... #skip

3. Take Extra Course & Find Your Book-mate

Sebagian orang gak suka sama bimbel, sebagian lain lebih suka les privat, sebagian lainnya lebih suka gak sekolah-gak belajar-gak les... Ehm, gue maksudnya. HEHEHE. Gue sendiri tipikal yang butuh bimbel & privat karena eh karena di bimbel gue terpacu untuk belajar karena ada temennya, tapi butuh privat untuk lebih mendalami. Jadi karena gue udah cinta mati sama guru privat gue, gue tetep take privat seminggu sekali dan bimbel 2x dalam seminggu + kelas tambahan yang diambil secara random.

Menurut gue kalo lo nggak bisa belajar sendirian dengan fokus, lo harus ngambil kelas tambahan di luar selain di sekolah. Kalo gak suka bimbel, coba deh les sama guru sekolah lo atau cari guru privat. Senior year apalagi kelas XII SMA itu butuh banyak banget bimbingan dan latihan soal. Kalo lo gak rajin, sebaiknya lo punya pegangan yang bisa macu elo buat lebih rajin.

Coba deh cari lesnya dari sekarang, jangan nunggu sebulan-dua bulan setelah masuk. Nanti makin males lho:p

Gue sendiri ambil kelas di GO Kartini. Walau ambil kelas reguler yang isinya sekitar 25-30 anak, I believe gak semua orang itu akan selalu datang & GO punya fasitilas TST (semacam kelas tambahan) yang bisa di ambil kapan aja asal lo bikin janji sama pengajarnya. Udah gitu GO tuh bener bener deket dari SMANDA dan gue kayak tinggal ngesot aja. Terbaik bukan?:"}
Gue ambil hari Rabu-Sabtu dengan motivasi supaya hari Sabtu gue gak usah main kemana mana dan Jum'at gue tetep bisa ngerasa free dengan jadwal pulang yang masih dibawah jam 12 siang. HAHAHA. Apalagi setelah September nanti udah gak ada SGV yang harus gue pengang. Kan happy yah:p

Oh iya gue juga les IELTS nya berubah menjadi privat di rumah. Karena itu gue bisa tetep ngegym dan gak kecapean harus muter muter Cirebon. Ini point masalah les, tapi malah jadi manage waktu yak... HAHAHAHA.

Yah. Nyambung aja yak kakak:p

Satu lagi, find your own book-mate! Gue beli buku buku lucu buat les, notes & nyatet hal hal penting di masa kelas XII seperti tambahan materi atau sistematika pendaftaran dll. Gue suka banget punya buku lucu, rasanya seperti lebih semangat dalam merangkum dan menimba ilmu. EAAAAAA:"3


Thanks to my sister!:3


Buat les! Yang warna kuning lucu banget kertasnya warna warni omg:"3


Buat sekolah! Nyatet rangkuman rangkuman gitu bqiqiqi


Well, I believe that's all from me. Kita moving on yuuuuk! Hayu hayu mari masuk, Kak Fani^^

***

Hai. Halo. Kenalin, nama saya Fani. kalo pengen yang lengkap, nama saya Faroh Nur Alfani. Pengen lebih lengkap lagi tentang saya, bisa banget dateng ke blog saya. Kalo kamu mau ngelengkapin saya, kamu tau kamu bisa dateng kemana;3

Oke, lanjutkan. Jadi ceritanya, saya diminta Titi buat nulis tentang gimana sih caranya survive di senior year alias tahun ketiga di SMA. Nah, saya sendiri gatau saya survive atau enggak sekitar 2 tahun lalu. Singkat cerita, tahun 2014 silam saya keterima di jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, prodi Teknologi Informasi, melalui jalur SNMPTN Undangan. Survive atau enggak tuh? Menurut kalian gimana?:)

Jadiiiiiiiii....untuk selamat sampai tujuan di tahun terakhir SMA itu adalah..

1. Persiapkan rencana selanjutnya

Ini penting. Banget. PENTING BRO. Banget. saya garis bawahi, saya tebalkan dan kalo bisa saya bikin kedap kedip. Kalian harus, mesti, kudu persiapin rencana selanjutnya setelah SMA ini ngapain. Mau dibawa kemana hubungan kita? Kalo bisa nih, buat temen temen yang masi kelas 1 atau 2, coba deh dipikirin dari sekarang, mau nerusin kemana nih abis ini? mau kuliah kah, kerja, atau nikah. Kalo kuliah, mau kuliah dimana? Jurusan apa? kerja mau jadi apa? nikah mau sama siapa? Hayolo.

Tips saya sih, buat anak-anak SMA secara universal, kira kira semester 2 kelas 2, kalian udah tau mau kemana. Setidaknya rencana itu udah 60%. Restu orang tua oke, peluang lumayan, minat dan bakat memadai. Gausah mikirin nilai dan tes segala macem, diangan-anganin aja dulu. “kalo aku masuk kedokteran aku gimana yah?” “kalo aku masuk IT kayanya seru tuh” atau “mama pengennya akuntansi nih, asik kali ya”. browsing yang banyak, jangan galau kelamaan. Tempel nama jurusan yang kamu inginkan di dinding kamar. Jangan sampai, udah masuk kelas 3, kalian masih ZONK total mau kuliah dimana (ini saya persempit aja ya, anggeplah semua anak SMA pengen setelah lulus mau lanjut kuliah).

Nah, di senior year ini, 60% nya kamu udah harus matengin jadi 100%. Peluangnya harus udah bisa diperhitungin. Kamu mau tembus ke jalur mana?

 Kalo lewat SNMPTN, kepo-kepoin sainganmu siapa siapa aja, dan pastiin nilai sekolah kamu juga dalam grafik yang selalu naik. 
kalo tes, kamu udah harus bisa ngitung-ngitungin kemampuan kamu, bisa jawab berapa soal benar dan apakah cukup buat mencapai jurusan yang kamu harapkan.

Dan yang nggak kalah penting, PREPARE YOUR OTHER PLAN, EVEN THE WORST CONDITION YOU’LL EVER BE. Kalian harus punya Plan A sampai Z kalo bisa. Karena nggak mungkin kan kita bisa prediksi 100% kita bakal lulus dimana.

Ini tips dikit buat nentuin plan A sampe Z.

Plan A is your dream. Mimpi kamu, letakin di plan A.
Plan B-Y is something you possibly reach. Terserah kamu punya berapa banyak plan. Makin keujung mungkin adalah sesuatu yang kamu nggak suka banget, tapi nggak sesulit mimpi kamu dan kamu mungkin saja cocok disana.
Plan Z/last choice, is the worst case. Kawin lari kek, kerja kek, atau kursus buat sbm tahun depan.


Percaya atau enggak, semakin banyak kamu punya plan, mental kamu akan semakin siap untuk menerima kenyataan. Karena adik-adikku, banyak kejadian yang tak bisa kita prediksi :’) bersiaplah untuk dikaget-kagetkan Tuhan. Bersiaplah, itu saja.

Ohiya, saya gatel nih pengen ngasi tips ini juga. jangan bikin pikiranmu sempit. Okey? Tidak pernah ada satu jaminan bahwa kalau kamu berada disuatu jurusan, kamu akan sukses. Never. Jadi, jangan keras kepala. Jangan cuma punya satu tujuan mutlak, misalnya “aku cuma mau kedokteran, nggak mau jurusan lain. dan aku cuma mau kedokteran UI, nggak mau universitas lain”. Come on, guys. Ada ratusan universitas (negeri maupun swasta) dan puluhan jurusan. Kalo kamu minat kedokteran, mungkin kamu bisa cari kemungkinan dari Universitas Indonesia sampai Universitas Cendrawasih. Kalo kamu pengen kuliah di Jogja, ada UGM, UII, ISI, dll. Jangan buat pikiranmu terkotak-kotakkan. Karena pilihan sangat banyak lho. Jangan ada kata “Cuma” dalam plan kamu yah.

Duh. Udah panjang banget ya. tapi ga papa, poin ini emang yang paling penting. Sisanya kita bikin singkat aja yah.

2. Belajar

Ini sih, udah jelas banget. kamu harus belajar dan stay focus lah sampe lulus. yang lain kesampingin dulu aja gapapa. Yang biasa jadi ketua, ayo lengser. Yang biasa pacaran ayo putus (?). eh, jangan ding. ehehe. ehehe. *ngajakin jomblo*
Gatau gimana budaya sekolah sekolah lain di tahun akhir ya, tapi kalau di sekolahku, SMAN 8 Pekanbaru, belajar di tahun terakhir itu gabuuut banget. percaya deh. Gurunya jarang masuk, banyak waktu kosong. Karena pelajarannya tuh udah kayak “finishing” dari apapun yang kita pelajari selama SMA. Gatau ya kalo sekolah lain gimana. Kalo ini juga kejadian disekolah kamu, jangan terlena. Tetep belajar. Karena sebenernya, tahun terakhir ini yang belajarnya paling berat, kamu harus belajar buat UN, dan belajar buat tes perguruan tinggi. Sabi ngga tuh? Belajar yaaa adik adikku yang manis.

3. Belajar sebagai persiapan untuk rencana selanjutnya

Kalo poin ini adalah gabungan dari dua poin diatas. Kamu harus bisa bedain, yang mana belajar buat UN, yang mana belajar buat tes perguruan tinggi. Walaupun saya lulus lewat undangan, saya dulu juga banting tulang lho belajar buat tes. Kan saya ngga tau saya bakal lulus dimana. Kalo tips saya sih, kamu ikutan kursus deh. Bukan ngiklan atau apa ya, tapi ngebantu banget tuh kursus buat membagi belajar kamu. jadi istilahnya, disekolah kamu bisa fokus buat UN, di kursus kamu bisa ngangsur buat tes. Karena, cara menjawab soal UN sama soal tes itu beda banget lho. Soal UN itu adalah “how you answer”, sementara soal tes itu lebih ke “how you think”. Soal UN lebih berat isinya tapi soal tes itu lebih tricky. Pengen sih saya jelasin lebih lanjut, tapi bakal panjang banget. jadi kalo mau tau lebih lanjut, pm saya aja yah. Saya orangnya available kok. Hehe. Hehe. *promosi* *kapan lagi* *di blog orang*

Panjang banget ya. karena (kalo kamu niat banget buat kuliah di tempat yang super oke), senior year itu struggling lho :’). Tahun terakhir di SMA adalah penentu untuk memulai hidup kamu yang ‘bukan’ anak sekolahan lagi. Strategi adalah kunci terpenting dari semuanya. Semua harus ada strateginya. Belajar ngga boleh asal belajar. Milih jurusan ngga bisa asal pilih jurusan. Ah, saya pengen banget ceritain senior year saya gimana. saya ngerasa bersyukur, saya bener bener ngerasa ‘Benar Jurusan’ di dunia perkuliahan saya yang sekarang. saya yakin ini adalah jalan yang dipilihkan Tuhan. Tentunya saya memilih jurusan saya nggak sembarangan, tapi sesuai dengan yang udah saya bilang tadi. Semua poin yang saya bilang sebenarnya adalah bagaimana saya menyikapi tahun terakhir saya. Dan alhamdulillah, kehidupan perkuliahan saya seru sekali sekarang. yang mau baca cerita saya bisa banget baca di post blog saya yang ini. post itu kurang lebih bisa jadi latar belakang kenapa saya bisa nulis saran seabrek kayak gini. karena adik-adikku..salah jurusan itu..nggak enak banget :’) you will spend the precious time of your life, being stuck in something you don’t like. Rasanya nggak enak banget. dan kasus salah jurusan nggak usah dipertanyakan lagi karena faktanya, banyak banget mahasiswa yang merasa salah jurusan. I hope you guys are not gonna be one of them. Aamiin. Itu aja deh. Semangat ya! kalian pasti bisa!

Regards,
Faroh Nur Alfani
Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM
http://farohalfani.blogspot.com || farohnuralfani@gmail.com

***

Naaaah, kebayang kan apa aja yang harus kalian siapin?

Thanks to Kak Fani yang sudah mau ditodong temenin aku buat nulis project ini bqiqiqi. Eits, masih ada satu stage lagi. Stage selanjutnya akan bahas everything about focus-on-study at Senior Year with Mommy Esme & Kak Tanya from Twihards Family!! Yeyeyeyeyeye^^

See ya on Saturday!xoxo


Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Leave me some comment! Thank you, guys:}