Alice's Tips&Trick: How To "Nolak Yang Ngegebet Kita" (FOR GIRL) ft. Ayesha Nadya Muna

*membersihkan sarang laba laba*

*udah sebulan gak kesini*


*kayang bentar*


HAHAHAHA. Assalamualaikum, guys! Iya.. Gue tahu ini Senin.. Di sela sela sebelum pergi TST ke GO, gue menyempatkan diri untuk update dulu di blog karena rasanya sangat berdosa jika meninggalkan kalian begitu saja. Seperti tidak punya tanggung jawab.. #eaa


Akhirnya gue dan Ayesha "menemukan waktu" untuk nulis bareng. Setelah terakhir kali gue ngobrol tentang how to nolak yang ngegebet kita for boy bareng Arul, adik kelas gue, sekarang gue mau bahas topik yang sama tapi buat cewek!


By the way Ayesha adalah sahabat gue yang ketemunya pas SMA. Kita sekelas pas kelas X, satu ekskul, satu band, sama sama anak PPK dan sekarang jadi sahabatan deket banget. Sahabatan sama dia gak perlu main setiap saat, chat setiap saat atau cerita segalanya. Saling ngerti kondisi satu sama lain dan mau disusahin. YEAH! I love you my cabe walau belum bisa ngebonceng gue naik motornya:* HAHAHA.


Key! Gue dan Ayesha akan bahas gimana caranya elo nolak cowok yang ngegebet elo. Untuk bagian gue, gue akan membahasnya dengan cara mengelompokkan jenis cowok yang mendekati kita. Sedangkan Ayesha akan membahas tips ampuh gimana caranya lo nolak orang yang ngegebet elo...


Eits, pembaca gue ada yang bertanya "lo gak takut karma kalo nolakin orang?" sebenarnya semua kembali kepada alasan dari kenapa kita memilih menolak orang itu. Gue percaya, kalo niat kita baik, insya Allah akan berbalik baik. Kalo niat kita nolak orang itu cuman dari sisi "gak mau ah" "gak suka sama dia" ya kayaknya... Mungkin aja lo bakal suka sama dia pas dia udah pergi wkwk. Kalo niat lo kayak "duh mending dia sama yang lain, pasti ada yang sayang sama dia gak kayak gue.." gue percaya-banget-banget-banget, Insya Allah... Elo dan dia akan sama sama bahagia;3


Udah yah, ini intro udah panjang banget. Langsung aja yah, here we go, Alicersssss!!!


This post related to :

How To Gebet Cowok Cuek
How To Know Is It Naksir or Iseng? (FOR GIRL)
When Your Crush is Your Senior (FOR GIRL)
How To "Jangan Baper" (FOR GIRL)
When Your Crush is Satu Angkatan!! (For Girl)


***


Oke sebelumnya gue ingin kalian tahu bahwa di dunia ini banyak sekali jenis cowok yang deep down in his heart, he is very very baper a.k.a bawa perasaan a.k.a YAELAH DIKIT DIKIT NAKSIR! DIKIT DIKIT NGAREP!! HAHAHA. Okay, sorry. *benerin rambut*

Ketika kita sebagai cewek tahu bahwa ada cowo yang naksir kita, tentu saja kita akan merasa "senang" dalam artian "wah gue laku juga ya" atau "waduh gue gini aja ada yang naksir" hmm gak usah bilang enggak, deh. Itu udah pasti banget, girls. Secara gak sadar, alam bawah sadarmu merasa "senang" jika ternyata ada lawan jenis yang tertarik dengan kalian.

Bagusnya adalah jika si cowok itu merupakan tipe kita, bisa membuat kita jatuh cinta atau dengan beruntungnya kita disukai oleh cowok yang kita suka. Kita pasti ngerasa "usaha" kita gak sia sia. Seorang gadis yang jatuh cinta pasti secara fisik dan mental akan berubah sedikit demi sedikit. Menyesuaikan diri dengan cowok yang ditaksir dan berusaha menjadi lebih baik..

Tapi gimana kalo cowok yang naksir sama kita............... Ternyata gak bisa kita balas perasaannya?

Ups, Alicers. Sekali lagi, gue ngasih tahu yaa, gue gak berniat "mengajari" elo semua untuk "membuang jauh" cowok cowok yang menyukai elo atau kasarnya sok jual mahal. Gue juga gak mau membuat para gadis gak bersyukur ketika ada yang menyukai dia. Gue cuman mau bilang gini..

Kenapa kamu menerima dia padahal tidak ada cinta di hatimu untuknya?

Kenapa kamu mencoba padahal kamu tidak sepenuh hati?

Kenapa kamu membuat luka baru jika kamu saja tidak bisa membereskan luka lainnya?

Ada cara cara yang baik untuk menolak cowok yang ngegebet kita. Gak bisa bohong sih, pasti ada rasa sakit  hati di cowok itu dan mungkin saja ada penyesalan di diri kita. Tapi lakukan semuanya dengan ikhlas dan niat baik, insya Allah, semuanya akan ada jalannya...

FYI gue mau ngasih saran ya: pikirin dulu sebelum nerima ataupun nolak. Jangan gegabah.

Well menurut gue, sebelum nolak cowok, kita harus liat dulu tipe mereka kayak gimana & gimana cara mereka mendekati kita..

1. Cowok super populer yang gonta ganti cewek

Lo nolak dia karena dia terkenal gonta ganti cewek? Hmm.. Cowok tipikal kayak gini harus di tolak dengan halus, gak boleh kasar apalagi membawa bawa "image" dirinya yang "jelek". What I need to tell you here is kata-kata yang baik jauh lebih indah di dengar daripada harus menjelekkan dia... Ya, ngerti lah ya:p

2. Cowok idaman satu sekolah dan belom pernah pacaran


Tipe kayak gini lo tolak karena apa?! KENAPA LO TOLAK KENAPA?! *malah gue yang panas*

Coba berikan dia alasan alasan yang logis dan jangan melemparkan statement yang membuat dia berpikir bahwa "pacaran tuh bullshit" karena bisa saja kalo lo tolak dia, dia malah jadi gak mau jatuh cinta lagi. Soalnya tipe cowok kayak gini susah jatuh cintanya, girls...

3. Cowok baper


He-he-he, siap siap ngeliat Path nya isinya galau semua atau statusnya yang super-duper-desperate. Kalo kayak gitu dan lo berniat buat sekedar "ngehibur" jangan coba coba deketin dia lagi. Bisa bisa dia malah semakin semangat deketin elo. Kalo elo emang gak mau, yaudah jangan membuka jalan lagi. 


Cowok baper akan sulit menerjemahkan uluran tangan seorang cewek kepadanya. Antara mau berteman, mengenal lebih jauh atau menjalani hubungan serius. Eits, tapi cowok baper juga malah bisa ganas lho! Bisa aja mereka ngejelek jelekin elo, ngata ngatain elo..


Suportif aja ya, girls! Mungkin itu cara dia meluapkan rasa kecewanya. Jangan malah di balas. Elo kan udah matahin hatinya..


Emang ye, matahin hati orang sama dipatahin tuh beda banget..:"3


4. Cowok jutek


Kalo awalnya cowok ini bikin lo nyaman tapi lo cuman mau temenan doang, jangan berharap banyak deh setelah nolak dia! Sedikit dari mereka yang bakal bisa "tetap sama" seperti sebelum menyatakan cintanya. Hindari kalimat "kamu lebih baik jadi sahabat aku" atau "aku lebih seneng kita sahabatan aja" dan ganti dengan kalimat kalimat penjelasan "kenapa kamu gak bisa lebih sama dia" 


Mereka akan jauh lebih bisa menerimanya. Percaya deh!;3


5. Cowok yang ramah sama semua cewek


Bingung juga sih kalo diajak jadian sama cowok kayak gini. Bisa jadi kan dia bikin kita bete kalo ternyata sikap dia ke kita itu sama seperti ke yang lain? Cowok seperti ini ditolak dengan cara super santai. jangan serius serius. Nanti dia malah gak mau main lagi sama elo. Parahnya, elo bisa di hapus dari list teman dia.


6. Cowok abstrak


Tipe cowok seperti ini susah untuk ditemukan cara menolaknya. Coba cek chat chat sebelumnya dan lihat bagaimana baiknya untuk menyampaikan penolakan elo;]]




Tadi tuh gue mau ngomong apa sih... Bentar mikir dulu.. *ambil minum*

Menurut gue sebelum nolak seseorang pikirkan baik buruknya dulu. Jangan serba dengerin omongan orang. Yang mau ngejalanin hubungannya kan elo sama si dia, jangan sampe elo nyesel.


Kalo nolak orang sih mungkin banget ke depannya kalian akan nyesel, tapi seperti yang gue bilang di intro tadi, niatkan lah yang terbaik untuk dia. Mungkin hati lo bukan yang terbaik untuk dia. Semoga saja ada yang lebih baik dari elo buat dia.


Well, sebagai cewek kita harus bisa pilih pilih walaupun kita dipilih sama seorang cowok. Kalaupun mau mencoba menjalin hubungan jangan dengan dasar "asal coba" atau "kasian" itu gak akan membawa berkah dan hal positif! 


Gue pernah nyesel nolak cowok.. Dan gue janji gak akan segegabah itu lagi kalo ada yang sayang sama gue.


Tapi gue pernah gak nyesel karena nolak seorang cowok.. Karena keyakinan gue benar, dia bukan yang gue cari dan ada gadis lain yang lebih bisa membahagiakan dia..


OKAY. SANGAT BERAT BUNG TAMPAKNYA. Kita langsung moving ke Ayesha yukkk!


Yesh ayo Yeshhh~



FYI Ayesha anak debat Bahasa Inggris sekolah gue. Itu aja sih. Cuman mau ngasih tahu. Hehe. HERE WE GO!!!



***

Ayesha’s How To of That Dreading Situation: How To Say No To A Guy Who Likes You

Hello readers of Titi’s blog! Anak debat mah beda:')

Namaku Ayesha. Full name Ayesha Nadya Muna, siswi SMA 2 Cirebon dan aku seseorang yang suka makanan, musik, novel berbahasa inggris, dan One Direction.  Mungkin kalian pernah denger namaku somewhere di blog ini (BACA YA POST YG TENTANG BECAK MASUK SELOKAN), and it’s just about time I give some little tips of my own. Maafkan post ini telat, Ti, aku memang suka lemot hehe.

To quote something realistic: “Eh itu cowok ngechat aku mulu, nanyain ini itu, harus gimana nih? Aku ga suka dia eh.” “Oii, kalo papasan sama dia, dianya malu-malu gitu, mana temen-temennya memperparah situasi. Kan jadi rese.” “Enak bilang ke dianya gimana ya? Ga mau nyakitin perasaan dia nihh.” Kesimpulannya it leads to one question: Bagaimana bilang ke seorang cowok yang suka/ngegebet kita bahwa kita tidak suka balik sama dia? Dengan cara yang polite of course… (sifat baik itu the best lah) 

So untuk solusinya, aku akan memberikan kalian beberapa tips untuk mengakatan NO to that guy chasing you like crazy.

1. Jujur.

Plain and simple. Tapi ini cara yang paling baik (trust me on this one)! Selama dia ngejer kamu, pasti dia sering ngechat kamu, entah itu nanyain kabar, nanyain udah makan atau belum, nyemangatin selama kamu belajar dan banyaaak lagi. Dia mungkin akan ngajak ngobrol langsung dengan kamu, dan bahkan dia bisa saja mengajak kamu jalan-jalan. Kalo kamu ga suka sama itu cowok, aku yakin all the above bisa jadi hal yang menganggu kan? Nah, ini saatnya kalian harus jujur.

Jujur itu bikin hati tenang lho. Selain itu, dengan jujur kepada dia, dia juga akan belajar. Loh belajar apa? Dia akan belajar tentang all that love life thing seperti cara ngehandle situasi dengan baik, bagaimana menjaga sikap sekitar cewek yang ternyata ga suka sama dia dan bagaimana tindakan jujur itu sangat berarti. Kamu juga akan belajar! Being honest is better than telling a lie ya guys. Katakanlah bahwa kamu tidak tertarik dengan dia and hopefully you will see rainbows and unicorns soon after.

2. Be clear tapi jangan membuat dia tersinggung.

Sebenernya, nulis essay di sekolah itu ada gunanya. Kalau kalian nulis essay, itu isinya harus jelas kan? Harus mencukupi untuk menjawab pertanyaan di ulangan tersebut kan? Essay pun juga ga boleh mengandung unsur-unsur yang menyinggung satu pihak, am I right? Itu juga sama seperti telling no that guy that likes you! Kalian harus jelas brad.

Imagine this:

Cowok: *udah sering sms-an sama itu cewek* *pada suatu hari* Ti…aku punya sesuatu yang harus aku bilang ke kamu. Aku udah lama punya feeling buat kamu….(EEEDEEEEEH TITI KAPAN YA TI KAPAN, LANGSUNG NIKAH AJA TI) HAHAHA NIKAH SAMA SIAPA:{
Cewek: Maaf ya, tapi perasaan aku ke kamu ga sama. Aku ga punya feeling buat kamu.
Cowok: …….
Cewek: ……..
Cowok: ……..

W ga pinter nulis convo ya jadi kurang lebih seperti itu. NAH, you see the problem? Si cewek ga memberi alasan yang clear kenapa dia bilang no, padahal the best way is to be clear. Jadi, suatu saat jika kalian dihadapkan dengan situasi seperti ini, be clear! Kindly tolak dia, setelah itu kalian jelaskan arti dibalik no itu. 

Kalian ga usah sampai terjun ke penjelasan yang mendetail tapi penjelasan yang jelas, padat, dan ngena. Itu yang diperlukan ya guys. One more thing, saat menjelaskan, jangan membuat dia tersinggung! Pilih kata-kata dengan bijak dan baik, hal terakhir yang kalian mau adalah dia jadi tersinggung/marah dan ujung-ujungnya kamu jadi bahan omongan karena saying no ke seorang cowok dengan cara yang menyakitkan (situasi kayak gini bisa aja terjadi ya). Latihan terus ya bikin essay di sekolah!

3. “Sebaiknya kita temenan aja deh.”

Friendzoning that boy. Hehe. Sebenernya friendzone itu apa sih? Itu menolak cowok dengan alasan kalian mau jadi teman aja kan? Mau tau sesuatu lagi ga tentang “konsep” friendzone? Friendzone itu ketika kamu mau menolak dia tapi kamu juga ga yakin mau kehilangan dia. Saat menolak dia dengan cara ini, dia ga akan pergi dari kehidupanmu tapi status dia akan menjadi teman kamu saja.

Seringkali, yang ngegebet kita itu temen sendiri, siapa sih yang ga pernah ngalamin? I mean kalian  sering hang out nih dengan temen cowok kamu, dan kamu bagi dia kayak minion lucu dan akhirnya dia suka sama kamu. Happens A LOT. Kalau kasusnya seperti ini, say no dengan baik-baik dan kasitau dia bahwa menjadi teman itu lebih baik daripada menjadi yang lain. Kalau niat, kasih itu cowok daftar positifnya menjadi temen aja. Yang mirip daftar belanjaan tuh. Hehe.

Memang kalo jadi temanan aja itu suka lebih asik, its like this other level of freedom! Sama juga halnya kalo dia awalnya bukan teman kamu (orang yang sebaya doang atau cowok yang kamu kenal namanya doang di sekolah). Dengan kamu menolak dia dengan cara ini, who knows, mungkin kalian malah menjadi sahabat? Ga ada salahnya juga kan punya sahabat cowok? Kadang-kadang sebuah pertemenan itu bermulai dari situasi yang paling tidak diduga, and sure enough kalian akan saling membutuhkan (tanpa status yang lebih dari teman itu). Masalah akan selesai dan kalian masing-masing bisa menjalankan segala sesuatu dengan tenang dan happy! YEY.

4. Ikuti jejak dia

Aku ga referring ke Sherlock Holmes, thank you very much ha. Sherlock Holmes tuh orangnya kepo :{ Maksud aku disini itu kalian kalo lagi komunikasi sama itu cowok saat mau say no ke dia itu sebaiknya lewat jejak yang sudah ada. Kalau selama ini dia sering nelpon kamu, coba telepon dia balik dan say no ke dia. Bisa juga dia kirim note ke kamu (uuuuuu a love note). Kalau itu terjadi, coba ngomong langsung ke dia…kalau nggak, tulis balik note ke dia yang berisi ungkapan-ungkapan yang kamu mau sampaikan ke dia.

Pokoknya kalau kamu mau say no ke dia, jangan sampai kamu pake HP teman atau HP saudara atau pake HP yang bukan punyamu sendiri. Jangan juga minta orang lain mengatasnamakan kamu untuk say no to him. Yang ada nanti kalian membuat masalah lebih besar lagi dengan lingkungan sekitar kalian. Everyone wants a happy soul and environment!

5. Be nice

Ini one of the most ultimate way untuk say no. Kalian harus bersikap baik! Mau itu dalam ucapan atau gesture, basically the best way of saying no itu dengan cara berlagak(ga tau ini spelling yang benar atau nggak, memang w payah) sopan. Sikap sopan itu tumbuh dari lingkungan kita, baik itu lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Tau sendiri kan sikap sopan itu bisa membawa dampak yang positif kan? Mungkin uang jajan bisa dinaikan kalau kita sopan dan berbicara baik ke orangtua kita….*brb jadi anak yang lebih baik dulu*

Anyway, dalam saying no ke cowok yang suka sama kita, dampak apa kalau kita menolak dengan baik-baik? Tentunya hubungan antara kalian dengan si cowok itu akan fine-fine aja, masalah lain tidak muncul, contohnya jadi diem-dieman, jadi musuhan, dan many moreee. You will be more joyful! Jujur ya sikap baik itu rasanya kayak makan pizza yang paling enak sedunia, lembut dan tidak ada beban. Lembut dalam artian tidak ada hal-hal yang menganggu dan tidak ada beban dalam artian kalian ga perlu mikirin masalah apa yang akan muncul akibat sikap kalian yang tidak baik. Sooooo, be nice people! Ketika kamu baik ke orang lain, aku yakin mereka juga bakalan baik ke kalian. IM DONE YEAH


Jadi, all the above itu tips aku bagaimana saying no ke cowok yang suka sama kamu tetapi kamu ga suka balik. Diresapi ya, semoga bermanfaat!

***

I really hope this post will be useful for youu!! Thank you Ayesh:"3

Wuups, I gotta go now. Let me know if you want us to do more collab & I'll see you soon Alicers! Have a great week xoxo 


Artikel lainnya:

4 komentar:

  1. wkwkwkwkwk kok lucu ya postingannya :))

    kalo kita udah deket dan 'mengira' kita suka sama dia, trus ditengah-tengah ngerasa ngga cocok gimana cara nolaknya? wkwk

    BalasHapus
  2. Kak ti request dong :v

    "Kenapa kalo cowok baru putus beberapa hari/minggu/bulan kemudian bisa cepet banget punya yang baru?"

    hehehehe makasihh :v:33

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha waduh curhat yaa kayaknya? Siap akan dibahas!:3

      Hapus

Leave me some comment! Thank you, guys:}