Question of The Week: 7 Things I Wish I Knew Before High School

Well, karena masih dalam aura "back to school" so today I'm gonna do another question of the weeks to answer my junior's question for me; "Mba, gimana sih rasanya sekarang udah mau lulus SMA?"

And I'm gonna say like.. Banyak hal yang gue sesali. Banyak hal yang gue lewatkan karena gue terlalu "takut" untuk melakukannya. Banyak hal yang menjadi "berantakan" ketika overthink came up to my mind. And there are 7 things I wish I knew before I go to High School..


***

1. Teman SMP tidak pasti menjadi Teman SMA

Saat kamu punya teman dekat di SMP, gue berani jamin pasti kalian akan sangat senang saat masuk sekolah yang sama. Kalian akan saling berpelukan sambil berkata "nanti kita temenan terus yaa" lalu high five, mengambil beberapa foto lalu berharap janji masing masing menjadi nyata.

Gue cuman mau bilang, ini kenyataannya: gak semua temen SMP menjadi temen SMA lo. Okay, mungkin masih temenan, masih ngobrol, masih nyapa. Tapi gue sendiri merasakan bagaimana orang yang biasanya "selalu bersama gue" dan tau cerita gue dari A-Z berubah menjadi orang asing yang kalo ngobrol pun bingung untuk membuka topiknya.

Ekspektasi gue bahwa selamanya teman SMP jadi teman di SMA itu tidak benar benar terjadi. Ekspektasi bahwa sesibuk apapun pada akhirnya akan selalu punya waktu buat kembali dan cerita juga gak serta merta menjadi kenyataan. People do change. Mungkin yang biasanya "bisa" menerima dan mendengar kamu malah menjadi kebalikannya, bingung apalagi "gak mau" dengerin kamu.

Dulu gue sedih banget dan sampe berantem sama temen gue. Tapi lama kelamaan... Ya sudahlah. Yang penting masih sama sama bahagia. Kalo masih bisa main ya main, kalo enggak...

Yaudah.

Ya, people will change, guys. Jangan baper baper banget. That's life.

2. Jangan ambil pusing masalah ini: SENIORITAS

Saat jadi freshman, rasanya takut banget liat kakak kelas 11 apalagi kakak kelas 12. Pikiran kita bakal kacau dan banyak dialog drama bodoh di kepala kita. Seperti "ih pasti gue bakal dikatain cabe kalo rambut gue diginiin" "tuhkan kalo udah kelas 11 aja boleh duduk disitu" "ih gak berani lewat jalan itu" "aduh kelas 12 males ah pasti mereka ngomongin".

Padahal ketika gue udah kelas 12 rasanya mau ngurusin temen sendiri aja males, apalagi ngurusin adek kelas. Kelas 12 gak bakal terlalu perduli sama urusan lo. Paling kelas 11 aja tuh, maklum aja namanya baru jadi senior "tengah" bqiqi.

Masalah satu ini sih tipsnya cuman satu: jangan kebanyakan tingkah & bikin parno sendiri. 

Enggak kok, gak seseram yang lo bayangkan. Sumpah! *nyesel dulu sempet serem kalo ada kelas 12 wkwk*

Eits, asal lo baik dan gak aneh aneh, mereka juga bakal baik kok;)

3. Semua nilai rapot itu PENTING

Jangan anggep sepele nilai kelas X atau karena lo kelas XI jadi lo bisa males malesan. Please nanti lo bakal nyesel banget kayak gue -detik ini -sekarang juga -setelah selesai rekap nilai rapor. Rasanya pengen mencabik cabik kertas rapor dan menuliskannya ulang sesuka gue.

SEMUA NILAI DI SEMUA SEMESTER ITU PENTING!! Please, jangan disepelekan:"}

Ini bukan SMP lagi.
4. DON'T TALK BEHIND PEOPLE

Gue cuman mau ngasih tahu; ketika lo ngomongin orang dari belakang, sekecil dan serapi apapun, percaya sama gue, omongan itu bakal nyampe ke orang tersebut. Parahnya bakal jadi masalah kalo orang yang diomongin itu ngedatengin elo atau......

Elo akan ngerasain hal yang sama kayak apa yang dia rasain setelah tahu elo ngomongin dia dari belakang;)

Note: konteks "ngomongin" disini masuknya ke arah negatif ya.

5. Do what you LOVE TO DO!

Alhamdulillah gue menemukan SGV dan bisa menulis dengan sangat bebas saat Freshman & Sophomore. Temukan hal yang lo suka dan isi waktu lo dengan mengembangkan hal hal tersebut. Gak ada yang tahu kan kalo apa yang lo lakukan saat SMA bisa jadi jalan hidup lo untuk ke depannya?;]

Keep do everything positive!

6. HIGH SCHOOL WON'T LASTS FOREVER!!!!!

Please, people! Stop it!

Masa SMA hanya berusia 3 tahun. Lakukan segala hal yang lo suka dalam 3 tahun itu. Belajar yang bener, lakukan sesuatu yang lo suka dan bermanfaat, make some memories...

Semua hal kecil kayak upacara bendera, seragam, dipulangin karena telat atau harus ngikutin pelajaran sampe sore akan selesai setelah lulus SMA. Gak bakal ada lagi ke Bimbel, gak bakal ada lagi kumpul ekskul di tengah tengah sibuk mau UTS atau rapat kerja untuk "melatih kedisiplinan bekerja" yang akan dipakai saat bekerja.

Pokoknya kita harus memanfaatkan waktu dan menikmati semuanya!! Apalagi kelas X dan kelas XI. Gak bakal pernah bisa di ulang. Ini cuman sekali dalam seumur hidup.

Tidak. Tidak akan selamanya.

7. Jangan takut untuk "jatuh"

Somehow gue sangat takut menerima remedial atau dapat nilai B- tapi semua itu ternyata cerminan dari pribadi kita guys. Gak semua orang bisa mengerjakan semua hal dengan sempurna dan untuk menjadi lebih baik, kita harus mau jatuh supaya bisa bangkit.

Jadi jangan pernah takut untuk gagal dan terjatuh, kalian harus bisa bangkit lagi!!!

***

Itu adalah 7 hal yang gue harap gue tahu sebelum masuk SMA. Sekarang tahun terakhir gue di SMA. Gue pengen memperbaiki semuanya dan menjadikan tahun terakhir ini lebih bahagia. Bersyukur dan selalu berusaha melakukan yang terbaik! Insya Allah semuanya akan menjadi lebih mudah. Aamiin...

Semoga masa SMA kalian menyenangkan ya. By the way gue habis ketemu Dimas malam ini, ceritanya dalam rangka menghibur. Abangku itu tahun ini gak dapet Akpol lagi, tapi dia mau bangkit dan mau berjuang lagi tahun depan.

Mohon doakan Dimas yah. Abangku yang gigih itu cuma satu. Dia ngajarin aku banyak banget buat bisa bertahan di masa SMA. Semoga dia bisa mencapai apa yang dia inginkan bqiqiqi.

Tons of luck my one and only Bintang Jatuh!xoxo


Artikel lainnya:

2 komentar:

  1. wihh samaan dong. saya juga udah masuk kelas 3 dan sebentar lagi lulus. huaaaa
    selamat berjuang, lakukan yg terbaik !!!! :) :D

    BalasHapus

Leave me some comment! Thank you, guys:}